Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Trik Belajar Copywriting dengan Mudah, Simak Yuk!

tipsseo.net - Pada dasarnya setiap orang yang bisa menulis artikel, berpeluang mampu membuat copywriting. Jenis penulisan yang satu ini bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Sebab, di sini Anda tidak boleh asal menulis karena harus memberi kesan yang dapat menarik calon pembeli. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda belajar copywriting sejak dini. 

Copywriting ternyata terbukti ampuh untuk meningkatkan jumlah pembeli dalam suatu bisnis. Jika Anda menguasainya sendiri, maka tidak perlu repot-repot untuk menyewa atau membeli jasa copywriter. Lumayan alokasi anggaran untuk membeli jasa copywriter bisa untuk kebutuhan pengembangan bisnis Anda. Yuk, simak trik mempelajarinya dengan mudah berikut ini. 

belajar copywriting
belajar copywriting

Inilah Cara Belajar Copywriting yang Mudah

Beberapa cara belajar copywriting bagi pemula adalah:

Meneliti Buyer Persona 

Buyer persona bisa diartikan sebagai jenis karakter seseorang yang akan membeli produk Anda. Sebelum membuat copywriting jangan lupa untuk melakukan penelitian mengenai siapa nantinya yang akan membeli produk Anda, bagaimana karakter orangnya. Buatlah kesan bahwa pembaca copy Anda merasa berada pada posisi yang Anda gambarkan. 

Meneliti buyer persona ini tidak boleh Anda abaikan dalam proses belajar copywriting baik masih pemula maupun sudah ahli. Sebab tahap yang satu ini sangat menentukan jumlah calon pembeli.
Buat Headline yang Menarik 

Headline merupakan pernyataan atau bisa dikatakan sebagai judul sebuah copywriting. Karena posisinya berada di paling atas, maka sebaiknya membuat headline yang menarik. Tujuannya agar pembaca meng-klik kemudian membaca lebih lanjut artikel yang Anda tulis. 

Pembaca seringkali mencari dan tertarik dengan artikel yang memberikan manfaat baginya sampai dapat memberi solusi masalahnya. Headline yang menarik umumnya mengandung rasa keingintahuan, membeberkan urgensi, berbentuk daftar atau list, cara, advertorial, hingga self-help. 

Buat Gaya Bahasa yang Mudah Dipahami 

Dalam belajar copywriting, sebaiknya Anda mengenali jenis-jenis pembaca serta tingkat pengetahuannya, mengingat tidak semua orang suka membaca. Begitu pula ada pembaca yang pengetahuannya belum banyak dan ada yang sudah sangat banyak. Sebab itu, buatlah gaya bahasa dan tulisan yang mudah dipahami oleh semua kalangan. 

Sebagai catatan, dalam penulisan copywriting tidak harus menggunakan bahasa sangat formal. Anda bisa menggabungkan antara bahasa percakapan dengan teman dengan sedikit formal. Dengan begitu pembaca seolah benar-benar berinteraksi dengan Anda secara langsung melalui tulisan serta mudah memahaminya. 

Perbanyak Membaca 

Untuk menghasilkan copywriting yang berkualitas dan berdampak bagi pembaca atau calon konsumen, jangan lupa untuk memperbanyak membaca. Bahan bacaan yang utama yaitu buku-buku seputar copywriting. 

Selain itu, Anda juga bisa menambah wawasan dengan membaca koran, majalah, maupun novel untuk memperkaya kosa kata. Semakin banyak Anda kosa kata yang Anda ketahui, khususnya tentang copywriting, semakin bagus hasil tulisan Anda terlebih dalam segi gaya bahasa. 

Terus Berlatih Menulis Secara Teratur

Apabila Anda ingin semakin maju dan mahir di dunia copywriting, teruslah untuk berlatih menulis secara teratur. Jika Anda pemula pelajari terlebih dahulu model artikel persuasif. Anda bisa membaca dan mengamati iklan di internet untuk mempelajarinya. Kemudian mulailah menulis sesuai dengan kaidah copywriting dan terus menulis.

Bagi Anda yang sudah cukup ahli, tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihan khusus copywriting. Ada banyak sekali diskusi, workshop, maupun pelatihan copywriting baik secara online maupun offline. Manfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin untuk mengasah kemampuan menulis copy.

Itulah beberapa trik belajar copywriting dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Hanya saja Anda harus rajin mengasah kemampuan menulis, mengingat perkembangan minat pembaca semakin tinggi.