Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tools Riset Keyword Gratis Dengan Kualitas Bagus

tipsseo.net - Tools riset keyword gratis bisa digunakan oleh anda para blogger dan pengelola website agar artikel-artikel yang diunggah bisa bertengger di halaman pertama (page one) pada mesin pencarian.  Kunci keberhasilan artikel supaya banyak dibaca atau diakses orang adalah Search Engine Optimization (SEO). Salah satu cara yang harus dilakukan supaya sukses SEO adalah memakai long tail keyword atau kata kunci turunan dari kata kunci utama. 

Long tail keyword dibutuhkan oleh para pembaca blog atau website karena berarti Anda mampu menyajikan informasi yang sangat spesifik. Banyak perusahaan atau brand besar yang harus membayar mahal demi artikel atau ulasannya bisa dibaca oleh banyak orang. Tidak perlu mencari jauh-jauh, Anda bisa dengan mudah memanfaatkan alat riset keyword gratis. Berikut ulasannya.

tools riset keyword gratis
tools keyword

Rekomendasi Tools Riset Keyword Gratis untuk Anda

Berikut adalah beberapa rekomendasi tools riset keyword terbaik untuk anda:

1. Google Search Console

Dahulu, tools riset keyword gratis ini dikenal dengan nama Google Webmaster Tools. Alat ini memudahkan untuk menilai blog atau web, meninjau prestasinya, dan menyelesaikan masalah tentang hasil pencarian Google. Performa kata kunci yang digunakan akan menjadi bekal penting untuk optimasi SEO on-page. 

Cara riset keywords melalui keyword tool pro ini sangat mudah, yakni cukup buka platform yang diinginkan, lalu klik menu Performance di kiri halaman. Setelah itu anda akan melihat grafik performa blog/website menurut Google yang terdiri dari jumlah klik ke website, impresi, CTR, dan rata-rata ranking pada hasil pencarian. 

Kemudian scroll ke bawah dan klik tab Queries, lihatlah kata kunci yang dimunculkan. Nah, kata kunci tersebut dapat Anda gunakan untuk melakukan optimasi konten dengan cara  meletakkannya ke elemen-elemen strategis seperti headings, nama file gambar, alt text, dan konten itu sendiri.

2. Google Keyword Planner

Tools riset keyword gratis lainnya dari Google yang juga bisa Anda manfaatkan secara cuma-cuma adalah Google Keyword Planner. Alat  ini sangat berguna bagi orang-orang yang terlibat pada campaign Adwords.

Keyword planner terkenal lebih canggih dari alat lainnya karena alat ini bisa merekomendasikan beberapa keyword yang tepat dan lengkap dengan simple metric berisi data statistik dan performa dari keyword yang ditampilkan. Cara pakainya pun cukup mudah, yakni masukkan satu atau beberapa keyword atau sebuah halaman website sekaligus. 

3. Google Trends 

Keyword tool ini dikenal mampu memberikan informasi berdasarkan lokasi, search history, dan kategori. Google Trends juga mampu memberikan informasi tentang seberapa menarik kualitas suatu blog/website terhadap suatu keyword yang sedang diperiksa, hal-hal yang menyebabkan interest, lokasi asal pengunjung website, dan keywords yang sesuai dengan keyword yang dicari. 

Google Trends menyajikan informasi yang unik dan menarik berupa grafik warna warni sebagai representasi dari volume dari suatu keyword. Alat ini juga melakukan riset keyword  dengan membandingkan beberapa keyword terhadap artikel terbaru dari suatu blog/website.

4. Google Analytics

Tools riset keyword gratis yang satu ini membantu para penggunanya untuk memahami pengunjung blog/website dan cara interaksi setiap pengunjung terhadap blog/website yang dikunjunginya. Hampir semua orang membenarkan bahwa Google Analytics adalah  SEO tools gratis terbaik karena menyediakan data yang sangat lengkap.

5. Moz

Moz adalah salah satu keyword tool pro yang cocok untuk inbound marketing. Tampilan Moz sangat user-friendly sehingga tak heran jika Moz cukup digemari. Beberapa fitur gratis dari Moz yang bisa dipakai antara lain Moz Local, Mozbar, The SERP Overlay, Open Site Explorer, dan Followerwonk.

Itulah 5 tools riset keyword gratis yang bisa membantu para penggunanya untuk melakukan riset keyword yang berkualitas tinggi. Namun, alat gratis ini tentu saja tidak dapat digunakan untuk mengetahui jumlah pencarian terhadap suatu keyword atau cost-per-click (CPC). Selamat mencoba!