Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Teknik SEO Ampuh Yang Sering Dilupakan oleh Para Pemilik Website

Teknik SEO Ampuh Yang Sering Dilupakan oleh Para Pemilik Website - SEO merupakan suatu teknik penulisan yang bisa kita pelajari, tidak peduli seberapa cepat dan seringnya perubahan aturan pada alogaritma Google. Dalam hal ini, aturan atau kaidah SEO tetap berlaku.

Sehingga setiap kali Google mengubah aturan algoritmanya, teknik berbasis SEO juga akan turut berkembang dan menyesuaikan seperti apa kebutuhan algoritma. Sebenarnya ada begitu banyak teknik yang berbasis SEO. Tapi sayangnya, banyak pengguna website yang sering melupakan hal ini.

Teknik ini lebih sering dilupakan karena dianggap kurang penting atau mempengaruhi kualitas dari suatu website. Padahal keberadaannya sangatlah penting. Untuk itu, ketahui beberapa teknik SEO yang sering dilupakan berikut ini.

teknik SEO
teknik SEO

5 Teknik SEO yang Sering Dilupakan

Title dan deskripsi tanpa keyword

Jika membicarakan mengenai suatu konten penulisan, tentu hal ini tidak akan bisa lepas dari yang namanya penggunaan title maupun dekripsi. Khususnya bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress self hosted, tentu pernah mendengar tentang plugin Yoast atau All in One SEO Pack. Sebenarnya banyak pengguna yang sudah tahu dan memanfaatkan plugin ini.

Tetapi kebanyakan dari mereka justru kurang dalam mengoptimalkan teknik SEO Title dan Description tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa dua form ini bisa mengoptimasi kata kunci yang jadi fokus konten karena merupakan label yang akan dibaca Google. Apabila tidak diisi, berarti Google akan membaca paragraf awal konten yang kemungkinan tidak teroptimasi secara tepat.

ALT title gambar kosong

Alt title pada gambar juga sering kali dilupakan oleh para pengguna website, sehingga pemakaiannya hanya dikosongkan. Padahal komponen ini dapat menjadi rujukan bagi Google untuk menampilkan gambar pada mesin pencarian gambar di Google.

Permalink

Permalik juga menjadi aspek penting teknik SEO yang kerap dilupakan, lantaran beberapa orang menganggap bahwa permalink bisa diisi sembarang. Bahkan keberadaannya bisa diisi oleh teks yang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan konten.

Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, namun bila membicarakan SEO akan lebih baik untuk mengoptimasi permalink tersebut. Permalink ini seharusnya berupa teks, serta akan lebih baik jika berisi kata kunci atau kombinasi yang sesuai. Hindari menggunakan permalink yang berupa angka, kode atau pun hanya tanggal.

Eksternal link

Selanjutnya, ada pula teknik SEO eksternal link atau tautan link yang menuju alamat situs lain dan keberadaannya kerap dilupakan. Eksternal link sering kali ditujukan ke situs situs rujukan yang sudah memiliki reputasi terpercaya, contohnya saja seperti Wikipedia. Menambahkan rujukan eksternal link dengan alternatif tepat, mampu membuat blog Anda secara tidak langsung turut berkontribusi atas penyebaran informasi yang valid.

Internal link

Selain eksternal link, internal link juga tak kalah pentingnya untuk dijadikan salah satu teknik untuk SEO. Tapi kehadirannya sering kali dianggap remeh dan dilupakan, dimana Anda hanya perlu menambahkan tautan konten ke situs sendiri.

Sejak update Google Panda, internal link menjadi vital dan penggunaannya haruslah benar-benar mewakili anchor text yang dipilih. Jangan memberikan rujukan internal link selain dari anchor text yang tidak berkaitan atau memiliki hubungan. Kesalahan penggunaan teknik SEO internal link ini justru membuat konten Anda kurang profesional.

Teknik SEO di atas sekilas memang terkesan sederhana, tetapi sebenarnya memiliki fungsi dan peranan penting terhadap kualitas website. Menggunakannya secara tepat dapat berdampak pada rangking SEO dan posisinya di halaman teratas mesin pencarian.

Post a Comment for "Teknik SEO Ampuh Yang Sering Dilupakan oleh Para Pemilik Website"

Berlangganan via Email