Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui 4 Penyebab Artikel Tidak Terindex Google!

tipsseo.net - Ada banyak penyebab artikel tidak terindex Google. Hal ini pasti pernah terlintas di pikiran ketika konten anda tidak berhasil muncul di halaman mesin pencari raksasa ini. Padahal, masuknya sebuah artikel dalam laman Google, terutama di halaman pertama, merupakan tujuan utama anda menulis atau membuat sebuah konten.

Bila ditelusuri dan dipelajari, ternyata ada beberapa faktor di balik hal tersebut. Tetapi, faktor-faktor tersebut kerap kali dilalaikan oleh setiap penulis artikel atau content creator. Demi mendapatkan jawabannya, berikut ini ulasan singkat yang sebaiknya anda ketahui. 

penyebab artikel tidak terindex google
penyebab tidak terindex google

Penyebab Artikel Tidak Terindex Google

Ada beberapa penyebab artikel tidak terindex google diantaranya adalah:

Melakukan full copy-paste

Hal pertama yang paling sering terjadi terutama oleh penulis pemula adalah melakukan copy paste terhadap sebuah artikel. Perlu diingat, semakin unik artikel anda, maka akan lebih mudah terindex oleh mesin pencari. Maka, ketika hendak menulis sebuah artikel pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengolahnya menjadi artikel baru menggunakan kata-kata anda sendiri. 

Anda boleh saja melakukan rewrite atau menulis ulang dari sumber lain, tetapi pastikan jangan melakukan full copy-paste, karena Google SEO tidak akan membaca artikel anda secara utuh dan tidak memasukkannya ke dalam laman karena artikel anda terdeteksi plagiat dengan kemiripan seratus persen. 

Lemahnya konten

Penyebab artikel tidak terindex google adalah lemahnya konten. Anda sebagai penulis pasti paham bagaimana kualitas konten begitu berarti. Bagaimana traffic yang akan anda hasilkan dan apakah artikel anda muncul di laman pertama Google, tentu tidak dapat lepas dari peranan konten yang berkualitas.

Jadi, setelah menentukan ide utama yang ingin anda tulis, pastikan menerapkan teknik Google SEO, yakni melakukan riset atau mendalami ide tulisan tersebut agar konten yang dibahas menjadi berbobot, bermanfaat, to the point, dan membuat pembaca nyaman membaca tulisan anda.

Algoritma yang berubah

Google selalu menerapkan algoritma yang berubah-ubah setiap hari bahkan bisa saja setiap saat. Bagi anda yang hendak menuliskan sebuah artikel pastikan juga bahwa anda telah menganalisis algoritma Google sebelumnya. Sehingga artikel anda sesuai dengan keinginan pembaca sekaligus keinginan Google sendiri. 

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam penerapan algoritma ini adalah URL Google. Pastikan menggunakan URL yang baik dan ringkas, karena ketika anda membuat sebuah URL yang ringkas dan mengandung keyword utama, Google dengan sendirinya akan membuat artikel anda muncul di laman pertama. Untuk lebih lanjutnya, anda bisa mendalami URL Google terlebih dahulu sebelum menulis artikel.

Cloaking

Terakhir, penyebab artikel tidak terindex Google adalah aktivitas cloaking yang dilakukan oleh segelintir orang-orang tak bertanggung jawab. Cloaking adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh hacker untuk mendapatkan adsense dari klik website anda.

Contoh kasusnya adalah: misalkan anda memiliki sebuah website dengan tema perjalanan atau traveling. Lalu ketika sedikit demi sedikit para pembaca tertarik pada website anda, sementara website anda masih terbilang baru, maka akan muncul beberapa orang yang akan melakukan cloaking.

Dampaknya, saat pembaca hendak mengakses website milik anda, hacker telah mengalihkan akses langsung ke website pribadi mereka. Oleh karena itu, penting pula bagi anda untuk menyematkan sistem keamanan mumpuni pada website.

Beberapa penyebab artikel tidak terindex Google di atas mengingatkan bahwa dalam merintis sebuah karya atau tulisan, khususnya artikel, dibutuhkan usaha keras sekaligus cerdas agar artikel anda muncul di laman pertama Google. Ingat, jangan lalai untuk selalu mempelajari hal-hal baru demi meningkatkan kualitas konten anda.