Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mudah Dilakukan! Ini 4 Cara Membuat Website dari Nol dengan WordPress

Mudah Dilakukan! Ini 4 Cara Membuat Website dari Nol dengan WordPress- Bagi seorang pemula, membuat website mungkin adalah hal yang sulit, terlebih jika ia merasa gaptek (gagap teknologi). Jangankan membuat website, mengoperasikan komputer saja terkadang masih bingung. Namun, di jaman serba digital seperti saat ini, mau tidak mau seseorang harus mau belajar.

Pada dasarnya ada cara yang mudah bagi seorang pemula untuk bisa langsung membuat website. Syaratnya ia harus memilih platform website yang mudah untuk dipelajari, dan rekomendasi untuk itu adalah WordPress. Mengapa? Karena WordPress memiliki beberapa keunggulan lain, diantaranya adalah aplikasinya mudah diinstal, sangat baik untuk seseorang yang tidak begitu paham IT dan memiliki komunitas besar.

cara membuat website dari nol

4 Cara Membuat Website dari Nol dengan WordPress

Sebenarnya pembuatan website dengan WordPress bisa dikatakan mudah karena WordPress termasuk CMS (Content Management System). Di mana CMS dapat memudahkan Anda dalam membuat website tanpa coding. Lantas seperti apa cara membuat website dari nol dengan WordPress? Mari simak ulasan berikut ini.

Tentukan Topik dan Tujuan Membuat Website

Langkah pertama sebelum membuat website adalah merencanakan topik website yang hendak Anda buat. Ini penting untuk langkah Anda selanjutnya dalam mengisi konten-konten di website. Misalnya Anda merencanakan untuk membuat website dengan topik traveling, maka segala sesuatu, baik ide atau isi artikel semua berkaitan dengan traveling.

Selanjutnya pikirkan tujuan Anda membuat website, apakah untuk portofolio pribadi atau untuk membangun bisnis Anda atau hanya sekedar membuat toko online. Karena masing-masing tujuan punya kriteria dan tampilan website yang berbeda-beda.  Jadi, dalam mengetahui cara membuat website dari nol dengan WordPress, tahap pertama ini harus dipikirkan baik-baik dan direncanakan dengan matang.

Pilih Domain dan Hosting

Cara kedua dalam membuat website adalah memilih domain dan hosting. Domain adalah alamat website, sedangkan hosting merupakan tempat penyimpanan seluruh data website. Kedua hal ini wajib Anda tentukan, seperti apa alamat website dan berapa besaran paket penyimpanan data yang hendak dipilih.

Instal WordPress untuk Website

Langkah ketiga dari cara membuat website dari nol dengan WordPress adalah menginstal aplikasi WordPress itu sendiri. Namun, sebelum menginstal WordPress, Anda harus menginstal sertifikat SSL, fungsi dari sertifikat ini adalah untuk mengamankan website dan pengelolaan website Anda selanjutnya.

Setelah menginstal sertifikat SSL, barulah Anda bisa menginstal WordPress. Setelah aplikasi WordPress terpasang, isi data dan beberapa poin penting seperti nama, profil admin, deskripsi situs, plugin dan tema. Nah, website pun sudah berhasil terinstal, sekarang Anda bisa masuk dengan membuka Url yang baru saja dibuat.

Atur Tampilan Website

Pengalaman baru akan cara membuat website dari nol dengan WordPress pun dimulai ketika Anda bisa berada di dashboard atau beranda admin. Mulailah untuk mengatur tampilan, dengan memilih menu Appearance. Menu ini berisi beberapa fitur seperti tema, widgets, editor tema, pengaturan tata letak menu dan desain website. Di sini Anda bebas berkreasi untuk mempercantik tampilan website Anda.

Setelah itu selesai, maka beralihlah ke menu Pages dengan menambah halaman baru atau add new. Anda akan menemukan tampilan layar kosong untuk Anda membuat artikel atau konten yang ingin Anda tulis, maka mulailah menulis dan publish setelah selesai. Apabila Anda belum ingin mempublishnya Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu untuk kembali mengeditnya di kemudian hari.

Sampai di sini sebenarnya website Anda sudah selesai, dan cara membuat website dari nol dengan WordPress tuntas sudah, selanjutnya Anda tinggal mengutak atik beberapa bagian lain untuk menyempurnakannya, seperti Post, Media, Comments, Plugins, Users, Tools dan Settings. Oke, selamat mencoba.

Post a Comment for "Mudah Dilakukan! Ini 4 Cara Membuat Website dari Nol dengan WordPress"

Berlangganan via Email