Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam Macam Keyword untuk Konten SEO

Macam Macam Keyword untuk Konten SEO - Kata kunci adalah kata-kata spesifik yang dipikirkan pengguna saat ingin mencari informasi. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa kriteria dan sudut pandang yang berbeda dari penggunaan kata kunci? Terdapat beberapa klasifikasi atau macam macam kata kunci yang penting dipahami pemilik website SEO. Berikut kalsifikasinya.

macam macam keyword

Macam Macam Keyword Berdasarkan Kata, Waktu, dan Pengunjung

Keyword Berdasarkan Kata

Jenis kata kunci berdasarkan jumlah katanya dibagi atas 2 kategori, di antaranya seperti berikut.

  • Short Tail Keyword

Sesuai namanya, macam macam keyword ini relatif pendek dan maksimal jumlahnya hanya 2 kata. Misalnya saja seperti kata "Rumah Murah, Tips Kesehatan, Cara Menabung, Spesifikasi Ponsel dan sebagainya". Kelebihan nya adalah mampu menjangkau jumlah pencarian yang sangat besar.

Ada pula kekurangan keyword ini, yakni persaingannya sangat ketat dan kemungkinan untuk dapat muncul di halaman pertama sangat kecil. Selain itu, hasil pencarian yang diberikan dinilai kurang relevan dengan kebutuhan pengguna atau pencari informasi.

  • Long Tail Keyword

Macam macam keyword selanjutnya ada Long tail yang merupakan penyempurnaan Short tail keyword. Penggunaannya hanya dengan menambahkan beberapa kata kunci terkait, tapi diusahakan harus tetap nyaman dibaca. Khusus bagi blogger SEO pemula jenis kata kunci ini tepat digunakan.

Contoh long tail ini misalnya saja "Jenis-jenis produk jualan yang pasti laris, Cara mudah mendapatkan pekerjaan secara online, dan sebagainya". Kelebihan macam macam keyword ini adalah membidik beberapa kata kunci sekaligus. Dengan begini, peluang konten muncul dengan berbagai kata kunci akan lebih besar dan berpotensi memenangkan persaingan dengan para blogger lain.

Selain itu, kata kunci lebih bermanfaat bagi para pembaca dan mudah ditemukan mesin pencari. Namun macam macam keyword ini juga memiliki kelemahan, yakni terlihat aneh bila praktekkan blogger pemula yang belum memahami kualitas penulisan SEO.

Keyword Berdasarkan Waktu

Kata kunci berdasarkan waktu, yakni kata kunci yang memberikan dampak pada traffic blog dalam batas waktu tertentu.

  • Keyword Abadi

Kata kunci ini tidak habis dan usang dimakan oleh waktu atau perubahan jaman, serta penggunaannya tetap bisa eksis sampai kapan pun. Bahkan dalam waktu lama kata kunci ini tetap bisa mendatangkan pengunjung, misalnya "Diet sehat alami, Tips cantik alami, Cara melebatkan rambut rontok, dan sebagainya.

  • Keyword Musiman

Sesuai namanya, macam macam keyword ini dapat memberikan ledakan pengunjung dalam banyak. Meski begitu efek yang diberikan sangatlah singkat. Kata kunci ini ditujukan untuk kejadian yang lagi viral, populer, terbaru, serta trending topik. Contoh kata kunci musiman ini misalnya saja seperti "Hasil balap motoGp 2020, Juara puteri Indonesia 2020, Pemain sepak bola terbaik 2020, dan sebagainya".

Keyword Berdasarkan Pengunjung

Jenis kata kunci ini didasarkan atas manfaat dan tingkat kebutuhan penggunanya.

  • Keyword Umum

Kata kunci umum dapat menjangkau semua orang, sehingga konten yang ditulis bisa mendatangkan pengunjung diberbagai golongan. Macam macam keyword umum misalnya saja "Cara cepat mengobati sakit kepala dan lain sebagainya".

  • Keyword Khusus

Kata kunci khusus adalah jenis yang memiliki target pengunjung secara khusus, di mana foormasi yang diberikan hanya diperlukan oleh pengguna tertentu saja. Contoh kata kunci khusus seperti halnya "Cara meningkatkan pengunjung website, dan lain sebagainya".

Macam macam keyword di atas sangat penting untuk konten SEO Anda. Meski sebenarnya ada banyak jenis kata kunci lain yabg tersebar di internet, tapi jenis di atas umum digunakan dan dianggap paling penting Anda terapkan.


Post a Comment for "Macam Macam Keyword untuk Konten SEO"