Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kulik yuk, Tentang Blogspot Website Development Dari Tahun Ke Tahun

Kulik yuk, Tentang Blogspot Website Development Dari Tahun Ke Tahun- Blog atau weblog dan website adalah media yang biasanya paling banyak digunakan untuk berbagi tentang konten, gambar dan audio pada banyak orang. Dengan berkembangnya teknologi informasi, kini kedua media tersebut semakin berkembang. Begitu juga dengan penggunannya.

Jika diamati, sekilas keduanya nampak berbeda. Namun, website dan blog adalah dua media yang berbeda. Sama-sama bertujuan menyampaikan informasi, dari tampilan, grafis hingga muatan konten keduanya jelas berbeda. Website kini lebih banyak digunakan sebagai media bisnis. Sedangkan blog lebih banyak digunakan untuk media menulis. Meskipun ada juga yang menggunakannya untuk berbisnis juga.

Blogspot website development
Blogspot website development

Menelusuri Jejak  Blogspot Website Development Sejak Pertama Muncul Hingga Sekarang

Blogspot website development tidak bisa dipisahkan dari awal kemunculannya. Blog atau web blog adalah aplikasi web yang berbentuk tulisan yang diposting pada halaman website. Awal kemunculan blogspot sendiri memang sebagai media menulis, tapi seiring berjalannya waktu perkembangannya bergeser menjadi media menulis dan bisnis. Berikut adalah alur perkembangan blogspot dari waktu ke waktu;

1. Awal Kemunculan Blog

Pada awalnya blog hanya difungsikan sebagai media catatan harian online yang berisi keluhan pengguna blog atau berkaitan dengan berbagai macam pendapat yang kemudian diunggah secara online. Pada saat itu, blog juga hanya berisi kumpulan link untuk menuju ke banyak halaman website yang lain. Pada saat itu belum banyak yang menamakannya sebagai blog.

Hingga pada tahun 1997, seorang programmer menciptakan istilah web blog yang berasal dari kata “logging the web” yang berarti masuk pada sebuah web. Sebab pada awalnya blog memang hanya digunakan untuk mengunjungi link dari website yang lain. Hingga kemudian blogspot website development semakin meroket seiring teknologi informasi yang berkembang sangat pesat. Blog semakin canggih dan tampil menarik. Serta inspiratif menyampaikan berbagai macam informasi.

2. Perkembangan Blogspot di Indonesia

Blog di Indonesia pertama kali di kenal ketika internet mulai masuk dan dikenal banyak orang pada tahun 1994. Saat itu sudah banyak web yang dibuat oleh orang Indonesia meskipun hanya menumpang hosting dari universitas luar negeri. Namun, hosting tersebut tidak bertahan lama. Bahkan perlahan mulai hilang dan dihapus.

Blogspot website development pada awalnya tidak terlalu signifikan karena banyak blogger Indonesia yang tidak terampil mengelola blog sendiri karena kurangnya fasilitas. Namun, memasuki tahun 2000-an saat akses informasi semakin mudah didapatkan lewat internet, perkembangan blog maju dengan begitu pesat. Banyak bermunculan blogger Indonesia yang handal dan inspiratif.

Beberapa tahun selanjutnya bahkan perkembangan blog semakin luas dengan merambah para pengguna seluler. Pada tahun tersebut pengguna seluler memang sedang naik drastic. Jadi ada keinginan bagaimanakah agar blog bisa ramah terhadap pengguna seluler. Hasilnya memang memuaskan karena hingga kini banyak yang mengakses platform blog melalui seluler. Lebih cepat dan fleksibel.

Hingga memasuki tahun 2010-an, blogspot website development mengalami kemunduran seiring dengan berkembangnya media social untuk berbagi informasi dan mengungkapkan pendapat. Hanya segelintir blogger saja yang tetap focus mengelola dan membesarkan blognya. Hingga kini pun catatan jumlah blogger tidak terlalu banyak, karena sebagian besar pengguna internet aktif lebih suka bermain media social.

Walau demikian, blog tetap dijadikan media menulis yang menarik dan interaktif. Bahkan kini bisa dijadikan sebagai tempat menghasilkan uang. Tentu saja proses ini harus melalui tahapan yang panjang. Blogspot website development seakan tidak ingin mati dalam perjalananannya memberikan inspirasi dan informasi pada banyak orang. Ditengah marak dan semakin berkembangnya media social yang beragam jenisnya.