Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kenali Jenis-jenis Backlink Tidak Berkualitas yang Bisa Meracuni Website

Kenali jenis-jenis backlink tidak berkualitas yang bisa meracuni website – Bagi yang belum paham, backlink adalah link yang mengarah pada situs web milikmu yang berasal dari situs web milik orang lain. Adanya backlink ini dapat meningkatkan posisi website di halaman pencarian Google.

Backlink sangat penting fungsinya. Mesin pencari Google menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, melakukan crawling, lalu menyimpannya di indeks. Ini berarti Google akan lebih mudah menemukan halaman website sejalan dengan makin banyaknya backlink yang didapatkan.

Akan tetapi seseorang tidak bisa asal-asalan memilih backlink. Pilihlah backlink dengan kualitas yang baik, sebab backlink yang buruk malah akan merugikan website itu sendiri. Tidak peduli seberapa banyak backlink yang dimiliki, bila Google menilai buruk, maka website akan langsung hilang dari halaman pencarian. Berikut jenis-jenis backlink tidak berkualitas yang dapat menurunkan performa website untuk diwaspadai:

jenis-jenis backlink
jenis-jenis backlink 

Jenis-jenis Backlink Tidak Berkualitas yang Merugikan Website

Dulu Google mengidentifikasi banyak jenis backlink yang mampu mendongkrak popularitas sebuah website. Website yang memiliki backlink dalam jumlah banyak dianggap sebagai website yang populer. Atas dasar inilah maka para blogger membangun link building (link masuk dan keluar) secara masal untuk meningkatkan SEO.

Seiring perkembangan teknologi, Google menyusun algoritma baru yaitu Google Penguin yang bekerja secara live. Algoritma Google ini berfungsi untuk memonitor link building dari setiap web. Website dengan link building yang sehat akan langsung dinaikkan peringkatnya di mesin pencarian.

Adapun website yang melakukan manipulasi link akan mendapat penalti dan langsung hilang dari mesin pencarian Google. Berdasarkan Google Webmaster Guideline berikut adalah jenis-jenis backlink berbahaya yang dapat menurunkan performa sebuah website. Kamu harus perhatikan panduan ini agar tidak mendapatkan backlink yang dapat meracuni website.

Link Exchange

Kamu tidak dilarang untuk saling bertukar link antar sesama blogger, namun cara ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Akan menjadi masalah bila hal ini dilakukan secara berulang-ulang dan dengan banyak blog dengan maksud untuk mendapatkan backlink balasan. Google cukup pintar untuk mendeteksinya sebagai tindakan spam.

Backlink dari Situs Berbahasa Asing

Ada yang berpendapat menggunakan backlink berbahasa asing pada website dapat mendongkrak popularitas. Padahal ini adalah sebuah kesalahan besar, sebagai contoh jika blogmu menggunakan Bahasa Indonesia tapi mendapatkan jenis-jenis backlink yang berbahasa asing. Google akan langsung mengambil tindakan dengan menurunkan ranking websitemu.

Backlink dari Situs Tak Berbayar

Backlink dari situs gratisan termasuk salah satu backlink yang tidak berkualitas. Jangan senang dahulu bila mendapatkan sesuatu secara gratis karena biasanya hasilnya tidak akan baik. Di situs gratisan, Anda hanya menggunakan jasa backlink yang telah tersedia di internet. Kalaupun membayar, tarif yang dikenakan juga sangat murah. Namun Google menilai situs ini tidak berkualitas dan akan langsung menurunkan ranking websitemu.

Auto Generated Backlink

Auto generated backlink adalah backlink yang dibuat secara otomatis, misalnya backlink yang dibuat oleh smallseotools. Kebanyakan merupakan backlink dari website yang tidak jelas keberadaannya, bahkan banyak di antaranya yang berasal dari website yang sudah mati. Google akan langsung menurunkan ranking website yang kedapatan menggunakan auto generated backlink.

Backlink dengan Jenis Konten Berbeda

Backlink yang berasal dari website dengan konten yang berbeda termasuk backlink berbahaya yang dapat menurunkan performa websitemu. Google bisa membaca keanehan saat Kamu membuat artikel tentang resep masakan, tapi malah memasukkan backlink tentang otomotif. Google akan langsung mengambil tindakan dengan menghilangkan websitemu dari halaman pencarian.

Demikianlah jenis-jenis backlink yang sangat berbahaya bagi tampilan websitemu. Agar ranking websitemu tinggi, sebaiknya isi dulu dengan konten-konten yang bagus dan bersifat viral. Baru setelah itu carilah jasa pembuatan backlink yang terpercaya untuk meningkatkan performanya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Kenali Jenis-jenis Backlink Tidak Berkualitas yang Bisa Meracuni Website"