Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Riset Keyword Akurat Di Google Anti Ribet

Cara Riset Keyword Akurat Di Google Anti Ribet – Di dunia blogging istilah keyword sudah tidak asing lagi. Dengan teknik SEO, keyword berfungsi untuk menaikkan traffic terhadap sebuah blog atau website. Biasanya keyword ini akan digunakan sebagai kata kunci dalam sebuah artikel supaya tampil di halaman utama mesin pencari google.

Supaya website anda tampil di page one tentu saja harus melakukan riset keyword sebelum menulis sebuah konten artikel.  Riset ini bertujuan untuk mengetahui hal apa yag sedang banyak dicari oleh pengguna google. Dengan demikian, anda tahu artikel dengan kata kunci apa yang dapat berada diurutan pertama mesin pencari google.

Cara riset keyword
Cara riset keyword

Beberapa Hal Yang Berkaitan Dengan Cara Riset Keyword

Cara riset keyword dapat dilakukan dengan bantuan beberapa keyword tool. Namun, sebelumnya Anda harus tau terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan riset keyword di google. Seperti search volume, keyword suggestion, keyword difficulty  dan SERP. Berikut ini penjelasannya:

Volume Pencarian (Search Volume)

Volume pencarian yaitu sebarapa lama sebuah kata dicari oleh pengguna mesin pencari google. Dengan bantuan keyword tool anda dapat melihat jangka waktu kata kunci tersebut berada di mesin pencari. Misalnya, volume pencarian sebuah kata mencapai angka 100.000, hasil ini menunjukkan banyaknya kata tersebut dicari dalam kurun waktu satu bulan.

Saran Kata Kunci (Keyword Suggestion)

Saran kata kunci biasanya akan ditampilkan oleh keyword tool yang berkaitan dengan keyword yang anda cari. Sebagai contoh cara riset keyword “ Cara Cantik alami” maka keyword tool akan menyarankan “Cara Cantik Alami Dengan Kunyit”. Biasanya keyword tool akan memberikan saran berupa long tail.

Tingkat Kesulitan Kata Kunci (Keyword Difficulty)

Tingkat kesulitan kata kunci untuk tampil di halaman utama juga perlu kamu pertimbangkan. Umumnya keyword tool menggunakan skala 1-100 untuk menentukan tingkat kesulitan sebuah kata kunci. Semakin besar angkanya, semakin sulit kata tersebut berada pada peringkat teratas. Selain itu, keyword tool juga akan menampilkan beberapa backlink yang dibutuhkan untuk merain halaman pertama google. Semakin banyak backlink, semakin tinggi kemungkinannya.

SERP

Hal yang berkaitan dengan cara riset keyword selanjutnya adalah SERP. SERP adalah singkatan dan search engine result page. SERP ini akan menunjukkan laman-laman yang berada pada halaman utama mesin pencari google. Sedangkan fungsinya yaitu untuk melihat kualitas halaman-halaman yang dapat menduduki page one google.

Cara Riset Keyword Dengan Keyword Tool

Terdapat banyak perusahan yang menyediakan cara riset keyword melalui tool berbayar maupun gratis. Dengan demikian, Anda tinggal memilih salah satu keyword tool yang sudah tersedia tersebut. Jika ingin menggunakan layanan keyword tool yang tidak berbayar anda dapat memilih salah satu di bawah ini!

·         Ubbersuggest. Cara riset keyword yang pertama menggunakan Ubbersuggest yakni sebuah layanan keyword tool gratis yang disediakan digital marketer dari Neil Patel

·         Google Trends. Selain menyediakan mesin pencarian, google trends juga menyediakan keyword tool. Dan kabar baiknya, Anda dapat menggunakan tanpa membayar sepeser pun.

·         KWFinder. KWFinder fungsinya sama dengan Ubbersuggest dan Google Trends. Namun kekurangannya tool ini tidak gratis sepenuhnya. Hanya dua kata kunci saja yang gratis.

·         MOZ. Untuk menggunakan keyword tool ini Anda harus mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu. 

·         SEMrush. Tidak berbeda dengan MOZ, saat Anda akan menggunakannya maka harus daftar sebagai anggota yang tersedia secara gratis.

·         Answer The Public. Keyword tool ini memiliki daya cari kata kunci yang cukup lengkap. Sayangngnya tidak tersedia dalam bahasa Indonesia, namun Anda tetap bisamenggunakannya dengan bahasa Inggris.

Riset keyword ini sangat penting untuk Anda lakukan supaya artikel bisa meraih halaman utama google. Nah, di atas sudah disebutkan cara riset keyword dengan beberapa keyword tool serta hal yang berkaitan dengannya. Namun, untuk hasil yang lebih akurat lagi, disarankan untuk menggunakan tool yang berbayar.

Post a Comment for "Cara Riset Keyword Akurat Di Google Anti Ribet"

Berlangganan via Email