Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mencari Keyword SEO bagi Pemula, Simak Penjelasannya!

tipsseo.net - Cara mencari keyword SEO adalah hal yang cukup mudah bila anda sudah terbiasa dalam menulis artikel, khususnya jenis artikel SEO. Meski kerap disepelekan, teknik penulisan artikel SEO nyatanya tidak bisa dianggap sebelah mata karena manfaatnya yang efektif menaikkan trafik kunjungan ke setiap konten dalam blog ataupun website anda. 

Bagi anda yang tertarik dengan teknik penulisan artikel SEO dan baru saja mulai mempelajari, sangat dianjurkan untuk mengetahui tips dan trik agar artikel atau konten anda tepat sasaran, salah satunya dengan cara mencari keyword SEO. Nah, di bawah ini terdapat beberapa tips mencari keyword SEO yang dapat anda lakukan di manapun.

cara mencari keyword seo
mencari keyword seo

Inilah Cara Mencari Keyword SEO

Berikut beberapa cara mencari keyword SEO yang tepat, meliputi:

Tentukan Ide Utama

Hal pertama yang harus anda tentukan ide utama bakal menulis artikel anda. Dalam menulis artikel, ide adalah bahan baku atau dasar yang harus dimiliki oleh setiap penulis. Ide memang memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan penulis. Nah, salah satu cara untuk mencari ide adalah memanfaatkan Google Trends.

Membaca kabar terkini adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap penulis. Khususnya bagi anda yang memiliki blog maupun website. Google Trends sendiri sebuah layanan dari Google yang akan menampilkan kabar terbaru di seluruh dunia pada hari tersebut. Berita update ini dapat menjadi jalan emas anda untuk mengembangkan ide utama.

Tuliskan Ide Anda sebagai Pembaca

Cara mencari keyword SEO selanjutnya adalah menulis dengan cara menempatkan diri sebagaimana seorang pembaca. Sederhananya, bila seseorang hendak mencari sesuatu melalui Google maka mereka langsung menuliskan apa yang ada di pikirannya saat itu.  Contohnya, ketika seseorang ingin menghilangkan jerawat maka ia langsung mengetik ‘obat penghilang jerawat’ di pencarian Google. 

Hal inilah yang nantinya menjadi keyword SEO. Orang tidak mungkin mencari sebuah keyword yang susah dipahami, hiperbola, atau terlalu baku. Jadi ada baiknya bagi anda yang hendak menulis artikel SEO untuk memposisikan sebagai seorang pembaca.

Gunakan Keyword Tambahan

Selain keyword utama, agar artikel anda semakin mudah dibaca oleh mesin pencarian Google, maka ada baiknya untuk menambahkan keyword tambahan pada setiap artikel. Untuk artikel dengan jumlah kata 500 atau lebih, sebaiknya menggunakan 3-5 pengulangan keyword utama dan 2 keyword tambahan. 

Di manakah anda mencari keyword tambahan? Cukup ketik keyword utama di laman pencarian, lalu scroll ke bawah, kemudian hasil teratas pada laman rekomendasi adalah keyword yang bisa anda ambil sebagai keyword tambahan.

Menggunakan Keyword Tool

Cara mencari keyword SEO yang terakhir adalah memanfaatkan alat pencari keyword utama. Mesin ini dapat anda install atau bahkan langsung anda pasang di laman browser anda. Contohnya saja seperti ubersuggest, di dalamnya anda akan diberikan beberapa rekomendasi kata sesuai dengan ide atau topik yang hendak anda bahas. 

Hal ini tentunya memudahkan anda untuk melihat sejauh mana sebuah keyword atau kata kunci ramai digunakan oleh masyarakat. Semakin tinggi tingkat pencarian suatu keyword, maka semakin besar pula trafik yang akan dihasilkan sebuah artikel. Keyword tool sendiri dapat dengan mudah anda install melalui PlayStore.

Nah, di atas adalah beberapa cara mencari keyword SEO yang dapat anda lakukan dengan mudah di mana saja. Kunci utama dalam menulis sebuah artikel SEO yang baik adalah melakukan riset terhadap suatu topik atau ide. Selain itu, jangan malas untuk terus meng-update wawasan anda melalui berbagai bahan bacaan dan tema.