Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Cara Menampilkan Postingan Blog di Google, Blogger Harus Tahu!

tipsseo.net - Para blogger harus paham, bahwa tidak semua tulisan yang diposting di blog otomatis terindeks google. Untuk itu menjadi penulis blog harus menguasai cara menampilkan postingan blog di Google. Sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia, Google memiliki aturan sendiri untuk menampilkan konten di halaman pertamanya.

Ada banyak cara agar blog muncul di Google paling atas mesin pencarian. Poin pertama yang harus diperhatikan penulis blog adalah harus mencantumkan kata kunci. Karena setiap kata kunci yang diketik di halaman pencarian, akan menampilkan semua artikel dengan kata yang sama atau mirip. Tanpa kata kunci, mustahil sebuah artikel muncul di Google.

cara menampilkan postingan blog di google

Inilah Cara Menampilkan Postingan Blog di Google

Kata kunci dalam artikel berupa kata kunci utama dan kat akunci turunan. Kata kunci utama merupakan target awal pencarian. Sedangkan kata kunci turunan biasanya dicari sebagai alternatif kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama. Mencari kata kunci turunan atau LSI (Latent Semantic Indexing) bisa dengan memasukkan kata kunci utama di halaman pencarian google.

Kata kunci dalam setiap artikel yang diposting harus disebar di awal hingga akhir artikel. Selain meletakkan kata kunci, ada beberapa cara lain yang harus diketahui para blogger agar tulisannya tampil di halaman pencarian Google. Diantaranya adalah 4 cara berikut ini:

Konten unik

Cara menampilkan postingan blog di Google yang pertama adalah tulisan harus unik. Menurut beberapa praktisi blog, konten unik ini berarti konten atau tulisan yang menarik pembaca untuk bertahan hingga akhir tulisan. Bisa juga berarti tulisan yang bebas plagiasi, dan memudahkan orang lain untuk menemukan sesuatu yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkannya.

Konten adalah raja. Demikian menurut beberapa blogger. Tanpa konten yang baik, mustahil pembaca menikmati tulisan. Ketertarikan orang untuk membaca konten ini memperbesar peluang artikel terindeks mesin pencari google. Semakin unik dan menarik, semakin banyak pembaca yang berkunjung.

Kalimat yang runtut, tersusun rapi, saling berhubungan antar paragraf, dan sesuai dengan judul adalah syarat konten disebut baik. Tidak semua penulis langsung bisa menulis artikel dengan baik. Namun dengan terus melatih kebiasaan menulis, kualitas tulisanbisa terus meningkat.

Optimasi off page dan tanam backlink

Cara menampilkan postingan blog di Google yang kedua adalah optimasi konten. Yaitu dengan menambahkan gambar, mengatur metadesk, mendaftarkan link pada google console, dan hal teknis lain. Ini disebut sebagai optimasi off page, yang dapat mendongkrak peringkat artikel di mata Google.

Adanya backlink dari web yang lebih baik kemudian ditanam pada artikel juga membantu meningkatkan peringkat dan memudahkan melakukan pencarian. Sebaiknya gunakan blog milik Google agar lebih mudah terindex. Karena masih dalam satu platform, peluang muncul di mesin pencarian lebih tinggi.

Guest blog

Ketiga, Cara menampilkan postingan blog di Google adalah dengan mengundang blog lain untuk menulis di blog kita. Atau dengan menulis untuk blog yang baik, dan pastikan untuk membagi link di media sosial. Saling menjadi “tamu” antar blog dapat meningkatkan peringkat indeks google.

Testimoni Vendor

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang menawarkan produk melalui blog, atau murni penulis blog dengan konten menarik, carilah testimoni. Baik berupa kesan baik para pembaca maupun pengalaman menyenangkan para pembeli. Dengan postingan mereka yang mengarah ke blog Anda, akan memudahkan Google mencarinya. 

Jadi intinya, cara menampilkan postingan blog di Google membutuhkan traffic yang tinggi mengarah ke blog Anda. Semakin tinggi traffic kunjungan dan pembaca mampu bertahan lebih dari 2 menit di blog Anda, semakin baik. Indeks google dapat membawa artikel yang Anda posting ke peringkat 1 dalam daftar pencarian.