Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membuat Blog Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

tipsseo.net - Cara membuat blog artikel saat ini banyak dicari oleh para pemula yang ingin memulai blogging. Sejatinya membuat konten artikel untuk isi blog itu tidak sulit, jika sekedar artikel biasa. Namun, apabila kamu ingin artikel yang kamu tulis dalam blog memiliki  banyak pengunjung tentu saja harus melewati beberapa tahap. 

Mulai dari penggunaan SEO, penggunaan blog yang sudah TLD dan masih banyak lagi. Karena banyak blogger pemula yang sering gagal di awal. Kisaran 1-3 bulan sudah mandek tidak aktif lagi mengupload konten. Hal ini disebabkan kurangnya optimasi pada blog sehingga sepi pengunjung dan tidak menghasilkan apa-apa. 

cara membuat blog artikel

 Cara Membuat Blog Artikel Bagi Pemula

Dalam membuat artikel, sering tidak sesuai dengan aturan dan kebutuhan blog. Hal ini terjadi karena belum tahu harus menulis konten seperti apa yang disukai mesin pencari. Selain itu, isi blog juga masih campur aduk. Nah sebaiknya kamu ikuti  cara membuat blog artikel yang baik berikut ini:

Pilih Platform Yang Tepat

Untuk memulai blogging kamu sebaiknya menentukan pilihan platform yang akan kamu gunakan. Saat ini ada tiga pilihan platform populer yang bisa kamu gunakan untuk blogging yakni blogspot, wordpress.com, dan wordpress.org.

Jenisnya juga ada dua, hosted dan self-hosted. Untuk hosted berarti platform blogging gratisan, yang mana fitur yang disediakan sangat terbatas. Sedangkan yang self-hosted adalah miliki sendiri. Akan tetapi kamu harus mengeluarkan biaya untuk membayar domain dan hosting.

Pilih Topik Yang Menghasilkan Uang

Cara membuat blog artikel yang kedua adalah menentukan topik yang akan kamu jadikan konten. Nah, kebanyakan dari pengguna blog memilih konten yang memiliki daya penghasilan tinggi. Memang sih, ada yang mengatakan bahwa hanya blog dengan topik tertentu saja yang menghasilkan uang. Itu tidak benar sepenuhnya karena blog yang berisi beragam konten masih bisa menghasilkan uang, bahkan lebih banyak.

Penting dalam memilih artikel untuk konten blog adalah artikel yang dapat menarik minat baca pengguna internet. Nah, jika memilih satu topik saja tidak masalah, namun tetap harus yang menarik ya. Supaya visitor blog milikmu banyak.

Menentukan Tempat Sewa Hosting dan Domain

Bagi pemula mungkin istilah domain dan hosting masih asing. Domain adalah nama atau alamat website kamu. Sedangkan, hosting merupakan tempat menyimpan file-file blog. Jadi, cara membuat blog artikel di google juga memerlukan  hosting dan domain. nah, sebaiknya pilih penyedia hosting yang terpercaya.

Menentukan Nama Domain

Cara membuat blog artikel yang keempat adalah menentukan nama domain. Nama merupakan salah satu ciri yang harus kamu miliki untuk membangun sebuah blog. Dalam menentukan nama domain sebaiknya sesuaikan dengan topik yang akan kamu buat untuk mengisi blog. Gunakan nama yang mudah diingat dan tidak mirip dengan website populer.

Tulis Artikel dengan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Sedikit bocoran cara membuat blog artikel yang disukai mesin pencari itu adalah artikel yang dapat memahami kebutuhan pembaca. Selain, dapat memahami kebutuhan pembaca artikel yang kamu tulis juga bahasanya mudah dipahami. Tidak berbelit-belit sehingga membingungkan. Nah, untuk mendapatkan tulisan yang bagus untuk blog, kamu perlu berlatih dan belajar terus-menerus. 

Dengan demikian, tulisan kamu akan semakin meningkat dan human friendly. Tidak hanya human friendly untuk mendukung sebuah artikel bisa tampil di halaman utama harus disertai dengan SEO friendly. Yakni sebuah cara tertentu supaya artikel mendapatkan kunjungan dari banyak pembaca. 

Demikianlah 5  cara membuat blog artikel bagi pemula. Sebagai blogger pemula memang tidak mudah, kamu harus lebih giat belajar dan memahami apa saja yang dapat kamu lakukan dalam blog tersebut. Supaya semangat juga tetap terjaga kamu bisa gabung dengan komunitas blogger. Selain mendapat teman, pasti ilmu juga bertambah. Selamat mencoba!