Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Kerja SEO untuk Optimasi Website

Cara Kerja SEO untuk Optimasi Website - Bagi Anda yang sudah sering berkecimpung dengan website atau blog, mungkin saja istilah SEO sudah tidak asing lagi. SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website online. Optimasi ini dilakukan oleh search engine atau mesin penelusuran.

Search engine melakukan penilaian apakah suatu website layak untuk tampil pada posisi halaman paling atas ataukah tidak. Satu hal yang harus Anda pahami, yakni SEO bukan merupakan pekerjaan yang akan langsung selesai bila dilakukan dalam 1 kali waktu saja alias prosesnya tidak akan berakhir. SEO adalah proses yang terjadi terus-menerus dalam hal optimasi sebuah website.

Namun untuk mendapat proses ini, Anda haruslah memahami bagaimana cara kerja mesin pencari tersebut. Tentu saja hal ini berkaitan dalam memberi peringkat pada website yang berdasar atas kualifikasi atau syarat tertentu. Lantas bagaimana cara kerja SEO dalam optimasi sebuah website? Berikut caranya.

cara kerja SEO

Cara Kerja SEO

·         SEO melakukan optimasi pada website agar orang-orang dapat menemukannya dengan mudah melalui kata kunci tertentu yang digunakan. Melakukan optimasi, ternyata juga memiliki sejumlah manfaat, di antaranya sebagai berikut.

·         Memberi informasi yang relevan

·         Menjadikan mesin penelusuran sebagai sumber informasi yang tepat

·         Mendatangkan lebih banyak jumlah trafik organik

Meski kita tahu bahwa hasil pencarian bisa muncul saat kita memasukkan kata kunci, bukan berarti proses yang terjadi pada mesin penelusuran sama sederhananya. Perlu Anda ketahui, bahwa mesin pencari sudah bekerja sebelum Anda mengetikkan sebuah kata kunci pada kolom pencarian. Jika membicarakan mengenai cara kerja SEO, ada tiga tugas utama yang dilakukan mesin penelusuran untuk setiap pencarian yang dikirim.

Crawling

Proses ini terjadi di tahap awal untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website dengan kata kunci yang sama. Pencarian dilakukan dari satu halaman ke halaman lain maupun dari link satu ke link lain.

Indexing

Setelah proses pengumpulan informasi selesai, web crawler akan menyimpan informasi tersebut di entry list atau index.

Ranking

Hasil peringkat dari permintaan para pengguna terhadap mesin pencarian akan ditampilkan secara berurutan. Peringkat akan didasarkan atas pencarian yang paling sesuai atau relevan.

Dalam menjamin kualitas pencarian, mesin penelusuran memakai cara kerja SEO atau aturan yang dikenal dengan sebutan algoritma. Tugas dari algoritma mesin penelusuran ini adalah untuk memastikan pengguna bisa memperoleh informasi relevan seperti yang diharapkannya. Sama halnya seperti Google yang menjadi mesin penelusuran terpopuler di internet.

Google sepenuhnya fokus pada penggunaan algoritma dan bertanggung jawab atas peningkatan kualitas user experience. Tim akan memastikan pengalaman dan kepuasan pengguna internet saat mereka memanfaatkan mesin penelusuran Google. Ada beberapa nama dalam algoritma Google, di antaranya seperti Panda.

Algoritma Google ini berkaitan dengan aktivitas penyaringan, pemberian pinalti, hingga penghargaan konten. Ada pula Penguin, sebuah algoritma Google untuk mencegah terjadinya spamdexing. Dan algoritma yang terakhir adalah Hummingbird, di mana tugasnya adalah untuk meningkatkan kualitas algoritma Panda dan Penguin. Jika melihat hal ini, cara kerja SEO erat kaitannya dengan kualitas sebuah konten.

Konten inilah yang nantinya mampu mengoptimalkan optimasi website. oleh karenanya, penting bagi sebuah website untuk menampilkan konten berbasis SEO. Cara kerja SEO di atas, pastinya akan menambah informasi Anda mengenai alur optimasi sebuah website melalui konten. Kini Anda bisa memulai untuk mengoptimasi website melalui penjelasan di atas!


Post a Comment for "Cara Kerja SEO untuk Optimasi Website"

Berlangganan via Email