Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bagaimana Cara Atur Widget Iklan Blogspot ?

Bagaimana Cara Atur Widget Iklan Blogspot ? - Blog selain berfungsi sebagai wadah untuk menulis, juga dapat digunakan sebagai alat untuk menambah penghasilan. Caranya selain dengan memasang iklan, pengguna juga dapat menjual produk yang sesuai dengan tema blog. Dengan memasang iklan di blog pengguna dapat dengan mudah menjaring lebih banyak pelanggan.

Cara Atur Widget Iklan Blogspot

Sebelum memasang iklan di blog, ada baiknya pengguna mengetahui apa yang disebut dengan widget. Widget ini merupakan salah satu elemen Blogspot untuk menambahkan berbagai fitur dengan fungsi tertentu yang ada  pada halaman blog pengguna. Misalnya iklan, kolom pencarian, alamat email dan masih banyak lagi yang lainnya.

cara atur widget iklan Blogspot
cara atur widget iklan Blogspot

Ada beberapa widget yang sebaiknya wajib dipasang pada sebuah blog agar memudahkan pengunjung untuk melihat blog pengguna. Contohnya seperti Blogspot adsense, blog search. Profil pengguna blog,  iklan, musik dan masih banyak lagi yang lainnya.. Berikut ada 2 cara atur widget iklan Blogspot yang dapat digunakan yaitu:

1. Cara Satu

Cara pertama yang harus dilakukan  yaitu seperti biasa pengguna blog terlebih dulu harus masuk ke blog dengan menggunakan email. Kemudian masukkan paswordnya. Kemudian buka dasboard blognya. Lanjutkan masuk  ke menu setelan kemudian carilah menu setting kemudian klik tombolnya.

Kemudian cara atur widget iklan Blogspot  dilanjutkan dengan masuk ke fitur menu setting yang ada dasboard blog pengguna. Kemudian langsung  klik tombol ‘formating’ atau format. Lanjutkan dengan melakukan scroll ke bawah sampai pada ‘post template’. Kemudian masukan scrip dan link yang aktif kemudian langsung klik tombol  save.

Edit template html blog kemudian ‘tag b if cond’ fungsinya sebagai perintah untuk menampilkan sesuatu hanya pada bagian tertentu saja agar dapat menyembunyikan Google adsense yang ada pada blog lain. Selain itu dapat juga dipakai untuk script yang lain. Seperti widget-widget tambahan yang lain baik dari html maupun Java. Kemudian masuk ke edit html dan pilih expand widget template masukkan kodenya.

Cara atur widget iklan Blogspot seperti ini sangat aman dan tidak beresiko. Hampir sama dengan menyisipkan scrip ke dalam edit html di dalam posting sebelah compose sehingga script pengguna sebagai posting. Dengan begitu widget iklan pengguna Blogspot akan muncul  setelah pengguna posting baru.

Setelah itu pengguna Blogspot harus mengedit postingan yang sudah lama kemudian sisipkan scripnya. Pada penggunaan cara cara manual seperti ini waktunya agak lama karena akan membutuhkan waktu loading yang cukup lama juga. karena cara manual seperti ini sifatnya yang external. 

2. Cara Dua

Cara atur widget iklan Blogspot yang ke dua ini dengan dengan cara memasukkan script secara manual dalam template html blog pengguna. Para pengguna Blogspot biasanya menghindari cara seperti ini. Apalagi bagi blogger yang sudah memiliki fitur figur instan. Namun dengan  cara seperti ini hasilnya akan lebih baik. Karena mengintegrasikan scrip dengan template pada blog  pengguna.

Kemudian secara otomatis akan muncul pada semua bagian blog pengguna yang telah diberi perintah untuk dimunculkan. Dengan begitu maka semua posting lama blog pengguna akan terinfiltrasi dengan cara otomatis. Cara seperti ini lebih cepat karena membutuhkan waktu loading relatif singkat. Namun semuanya tergantung pada file widget dan juga servernya.

Demikian informasi singkat tentang kedua cara atur widget iklan Blogspot ini semoga  dapat bermanfaat terutama bagi para blogger pemula yang sedang membutuhkan banyak referensi untuk melengkapi halaman blognya dengan berbagai fitur yang diperlukan agar dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan.