Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Copywriting? Simak Yuk Penjelasan dan Contohnya!

tipsseo.net - Mungkin sebagian dari Anda sudah familiar dengan istilah copywriting, namun mungkin bingung maknanya hingga perbedaannya dengan artikel pada umumnya. Tentu, pertanyaan yang ada di benak Anda yaitu apa itu copywriting? Copywriting merupakan teknik penulisan khusus yang bertujuan menarik respon pembaca.

Copywriting bisa Anda temui di internet khususnya pada laman website bisnis, instagram, facebook maupun media cetak seperti koran, pamflet dan majalah. Copywriting ini tidak terbatas hanya berupa tulisan saja, namun juga berupa audio dan visual yang sifatnya dapat mempengaruhi pendengar lalu tertarik dan meresponnya. 

apa itu copywriting
copywriting

Inilah Penjelasan Tentang Apa Itu Copywriting Berdasarkan Bentuknya

Berikut penjelasannya macam-macam copywriting dan contohnya:

Copywriting Bentuk Attention 

Secara umum ada beberapa teknik untuk membuat copywriting, namun ada 4 teknik yang biasa digunakan yaitu Attention, Interest, Desire, dan Action. Teknik pertama yaitu Attention, dimana model tulisan atau gaya bahasa yang Anda gunakan harus menarik perhatian pembaca yang nantinya menjadi calon konsumen. 

Ada banyak sekali contohnya  seperti “Ingin punya kulit cerah sepanjang hari meski sering beraktifitas di luar ruangan?”, Tidak punya waktu untuk melakukan perawatan kulit secara rutin?”, dan lain sebagainya. Contoh tersebut sangat menarik perhatian banyak pembaca lalu mereka terdorong untuk meng-klik artikel Anda. 

Copywriting Bentuk Interest 

Jika Anda mencari tahu tentang apa itu copywriting, akan muncul yang namanya interest.  Copywriting bentuk interest yaitu buat calon konsumen tertarik untuk mencoba dan membeli produk Anda. Caranya cukup mudah yaitu cukup sajikan data, fakta, dan informasi penting mengenai produk Anda yang sudah terbukti baik dan dipercaya. 

Sebagai contoh kalimatnya seperti “Terbukti ampuh mencerahkan kulit dalam jangka waktu satu minggu.” Menjadikan Anda tampak lebih putih alami. “Kulit tetap cerah meskipun terkena sinar matahari secara langsung. Kulit cerah tentu membuat Anda tampak lebih muda, dan masih banyak lagi kalimat yang bisa Anda gunakan. 

Contoh Copywriting Bentuk Desire

Mengenai apa itu copywriting sebenarnya tidak lepas dari teknik desire dalam pembuatannya. Desire yang dimaksud di sini adalah menyajikan manfaat yang akan diperoleh pembaca jika menggunakan atau memakai produk Anda. Tentu saja dengan cara menjelaskannya secara gamblang serta apa adanya agar konsumen tetap percaya. 

Umumnya desire ini diletakkan di awal konten maupun tengah. Supaya lebih jelas sebaiknya  perhatikan contoh berikut. “Mempunyai kulit glowing merupakan dambaan mayoritas wanita, problem kulit kusam akibat terkena paparan sinar matahari menjadi momok bagi banyak orang, khususnya masalah kecerahan,” dan masih banyak lagi contohnya. 

Contoh Copywriting Bentuk Action 

Sebagaimana namanya, action adalah tindakan yang akan dilakukan oleh pembaca setelah mengetahui konten copywriting Anda. Sebab itu, persiapkan pilihan tindakan yang Anda butuhkan sesuai dengan jenis produk. Umumnya action berada bagian belakang setelah menyajikan attention, interest, dan desire. 

Contoh action ini seperti mendaftar, membuat akun, mengunduh, submit email, hingga pembelian. Tujuan dari bagian action ini adalah orang yang Anda targetkan mengambil tindakan sebagaimana yang Anda inginkan. 

Tindakan dalam dunia penjualan ini biasa disebut dengan konversi ataupun closing. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut jangan lupa tetap membuat copywriting yang menarik dan sesuai fakta dan data yang sudah ada. 

Demikian definisi apa itu copywriting dan macam-macamnya. Intinya copywriting itu menjadi salah satu strategi pemasaran di era digital seperti saat ini. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri berdasarkan aturan yang berlaku dan membuktikan hasilnya sendiri.