Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Menjalankan SEO Marketing

Teknik Menjalankan SEO Marketing - Setiap orang yang akan mencari informasi di internet perlu mengetikkan sebuah kata kunci pada mesin penelusuran. Hasil penelusurannya akan berupa artikel-artikel di website yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Umumnya, orang akan mengunjungi artikel-artikel yang berada di halaman pertama hasil pencarian. Itulah sebabnya pemilik website berlomba-lomba untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian.

Salah satu strategi agar dapat tampil di halaman pertama adalah dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Ini adalah sebuah teknik yang berkaitan dengan pengolahan konten, modifikasi URL, dan penyertaan backlink pada konten. Tujuan akhir yang dicapai dari SEO adalah mendatangkan trafik pada website secara organik dan dalam jangka waktu panjang.

SEO marketing

Manfaat Menjalankan SEO Marketing

SEO marketing adalah sebuah upaya untuk optimasi website agar tidak hanya mampu meraih trafik yang tinggi, tetapi juga terjadi konversi penjualan. Maksudnya adalah, pengunjung pada akhirnya akan melakuka pembelian. Baik itu berupa pembelian produk, download software, maupun pendaftaran keanggotaan melalui website.

Selain itu, dengan melakukan optimasi, dapat semakin meningkatkan brand awareness terhadap website. Dengan muncul di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page), ditambah dengan konten yang bagus, maka website akan semakin dikenal. Keuntungan lainnya adalah kemudahan dalam mendapatkan data pelanggan dari banyaknya konsumen yang mengunjungi website.

Teknik dalam Menjalankan SEO Marketing

Dalam melakukan teknik SEO marketing, tentunya memerlukan sebuah proses. Beberapa aspek yang perlu dioptimasi adalah konten, URL, dan landing page. Pada dasarnya teknik SEO dibagi menjadi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page. Jika dimaksimalkan, keduanya akan dapat membuat website berada pada halaman pertama SERP. Berikut beberapa teknik SEO yang bisa dilakukan.

1. Optimasi Konten

Optimasi terhadap konten adalah mengolah konten sehingga dapat memasukkan unsur-unsur yang merupakan aturan dalam SEO secara natural. Pengolahan konten meliputi keyword populer yang disertakan dalam konten, dan adanya meta description. Selain itu pastikan dalam konten ada heading dan sub heading. Moodifikasi URL juga diperlukan agar konten mudah ditemukan.

2. Riset Terhadap Pengunjung

Agar konten yang disediakan dapat sesuai dengan kebutuhan pengunjung, ada baiknya melakukan riset terhadap pengunjung. Cara paling mudah dalam SEO marketing untuk menentukan konten yang menarik adalah dengan mengetahui pertanyaan yang umum diajukan orang-orang. Buat konten yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Gunakan situs web seperti UberSuggest dan Quora untuk membantu riset ini.

Selain itu, Membaca komentar pada blog post juga dapat membantu menentukan ide konten yang dibutuhkan pengunjung. Tak jarang, pengunjung meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan dapat enjadi ide dasar konten berikutnya. Selain itu lakukan pengecekan pada konten yang memiliki post share tinggi untuk mengetahui tema yang paling diminati.

3. Optimasi Landing Page

Teknik SEO marketing selanjutnya adalah menyediakan landing page yang sudah dioptimasi. Landing page adalah sebuah halaman tempat pengunjung diarahkan saat mengklik hasil pencarian. Dalam landing page ini, penting untuk menyertakan call to action. Ini bertujuan agar pengguna yang berkunjung tertarik melakukan tindakan yang diharapkan. Tindakan itu dapat berupa pembelian, pendaftaran anggota, ataupun pegunduhan ebook.

Dalam membuat landing page, pastikan agar mengisinya dengan konten yang informatif. Jangan lupa tetap menyertakan heading. Memasukkan testimoni dan review pelanggan juga dapat membuat landing page menjadi semakin menarik. Dengan demikian, pengunjung yang masuk ke landing page akan tertarik mengikuti call to action.

Demikian teknik SEO Marketing yang bisa diterapkan untuk mengoptimasi website. Dengan menerapkannya, diharapkan selain banyak trafik yang terjaring, juga dapat meningkatkan penjualan. Perlu diingat bahwa penerapan SEO ini tidaklah menunjukkan hasil secara instan. Prosesnya cukup lama, akan tetapi hasilnya juga bertahan dalam jangka waktu yang lama pula.