Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah SEO Search Engine Optimization Dan Perkembanganya

SEO, siapa yang tidak kenal dengan SEO? Jika belum, mari kita berkenalan lebih jauh tentang apa itu SEO dan apa dampak positifnya bagi usaha yang bergerak secara online.
Pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit Sejarah SEO Search Engine Optimization Dan Perkembanganya, mari kita bahas langsunga!
Artikel ini merupakan salah satu bagian dari modul pembalajaran SEO untuk Pemula agar memudahkan kamu dalam belajar SEO, kamu bisa membaca artikel lainya pada modul tersebut yah!

Sejarah SEO Search Engine Optimization Dan Perkembanganya

Sejarah SEO Search Engine Optimization Dan Perkembanganya
Sebenarnya sejarah dari terbentuknya SEO sulit sekali di cari, karena asal-usul SEO tidak diketahui secara jelas bagaimana awal mulanya kelahirannya, tapi jika kita mencari lebih dalam kita akan menemukan pengertian umum yang menyatakan sejarah yang cukup relevan dari kelahiran sampai pengembanganya.
Mari kita melihat kembali buku sejarah dan membuka lembar tahun 1958, saat itu AT & T memperkenalkan sebuah modem komersial pertamanya. Dimana modem ini berungsi untuk membuat komputer berkomunikasi melalui saluran telebon biasa.
Boleh dibilang, tahun 1958 merupakan awal internet ditemukan, walaupun sebenarnya istilah internet baru digunakan pada tahun 1974.  Perkembangan internet sendiri pernah saya bahas dalam artikel saya yang lain yang berjudul MempelajariSejarah Singkat Internet dan Website

Sejarah Mesin Pencari

Perkembangan SEO tidak bisa terlepas dari sejarah mesin pencari, karena kita tahu sendiri bahwa SEO adalah sebuah teknik untuk mengoptimasi website kita agat tampil sempurna di mesin pencari, maka dari itu mari kita cari tahu sejarah mesin pencari.
Internte makin berkembang, semua orang memiliki akses untuk menikmati layananya. Tapi ada kekurangan dari internet, yaitu tidak adanya sistem yang membuat orang  bisa mengatur dan menemukan data yang di inginkan dengan mudah.
Dan kemudian, menjawab kekurangan internet itu, pada tahun 1990 Archie ditemukan, melalui archie orang-orang dapat mengakses berbagai file yang bebasis text. Tapi archie hanya diperuntukan unutk proyek sekolah yang berisi indexs atau artsip.
Perkembangan berikutnya dari mesin pencari ini terjadi pada tahun 1992 dimana Gopher menjadi mesin pencari pertama yang menggunakan  paradigma hypertext. Satu tahun berikutnya kemudian muncul web browser Mosaic grafis yang digunakan untuk meningkatkan antramuka gopher yang bebasis text.
Perkembangan selanjutnya, masih pada tahun yang sama Wandex menjadi mesin pencari pertama yang mampu menembus dan menjelajah pengindeksan web yang ada di internet. Baru kemudian pada tahun 1998 mesin pencari yang sekarang kita nikmati, mulai dikembangkan.

Sejarah Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Sekarang mari kita bahas sejarah SEO nya! SEO merupakan daging yang tumbuh bersama mesin pencari dan World Wide Web (internet). Jadi bisa dibilang SEO, Internet dan Mesin Pencari merupakan saudara kandung yang tumbuh secara bersamaan.
Perjalanan dan perkembangan internet membawa manusia masuk kedalam dunia baru, dimana semua manusia akhirnya membutuhkan akses internet.
Perkembangan internet ini juga di selingi dengan perkembangan mesin pencari, dimana pada akhirnya internet  dan mesin pencari membuka jalan baru untuk para pebisnis, intenet memberikan tempat khusus untuk mereka agar bisa berjualan. Dengan membuka konsep E-commer dan internet marketing.
Kita ambil contoh, pada tahun 1994 Greg Boser memanfaatkan internet untuk dapat menjual peraltan busa pelindung kebakaran, saat itu dia membangun situs web dan mulai mengatur rencana untuk dapat mendorong pelanggan potensial agar dapat berkunjung dan membuat transaksi penjualan.
Berlanjut ke tahun 1996 dimana Christine Churchill membuat sebuah perangkat lunak khusus untuk digunakan mengefektifkan internet amrketing, setelah sebelumnya ia menemukan potensi yang besar melalu intenet. Sejarah ini tercatat sebagai awal kelahiran SEO secara umum.
Kemudian kita akan menuju tahun 1995 dimana John Audette memberntuk sebuah usaha yaitu Multi-Media Marketing Group (MMG) di Lake Oswego. Awal pembentukanya ia berencana untuk membantu perusahaan dengan menawarakan proyek multimedia, dan menggunakan web untuk pemasaran online.
Demi memuluskan usahanya, kemudian ia merekrut Danny Sullivan seorang Pionier SEO terkenal untuk memberikan pengajaran kepada stafnya tentang cara dan trik  untuk mendapatkan peringkat pencarian demi mengangkat usaha nya itu. Dari sini kemudian terciptalah istilah  “Search Engine Optimization” atau SEO.
Nah sekarang sudah tahu kan, sejarah tentang SEO dan pengembanganya! Semoga artikel ini bermanfaat yah!