Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Praktis dan Gratis , 5 Seo Tools Terbaik Untuk Riset Keyword

Praktis dan Gratis , 5 Seo Tools Terbaik Untuk Riset Keyword - Membuat artikel yang SEO itu bagi sebagian besar orang terlihat mudah. Caranya cukup dengan menembak kata kunci pencarian yang tepat untuk bisa menempati posisi teratas di Google. Hanya saja, dalam praktiknya tidak semuanya bisa dikatakan mudah. Ada banyak riset dan analisa yang harus dilakukan. Apalagi jika dikaitkan dengan kata kunci untuk sebuah artikel.

Ibaratnya kata kunci tersebut adalah pondasi. Jika salah sedikit saja dalam memilih kata kunci, kemungkinan artikel yang dibuat bisa tidak layak baca. Kini, untuk memudahkan hal tersebut terdapat beberapa tools yang digunakan dalam melakukan riset kata kunci. Ada yang berbayar ada pula yang gratis. Tentunya sebagian besar akan memilih tools yang gratis karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Nah, di artikel ini akan dibahas secara rinci tentang tools tersebut.

SEO tools

5 SEO Tools Terbaik dan Gratis Untuk Riset Keyword

Untuk mendapatkan kata kunci yang pas agar artikel yang dibuat memenuhi SEO friendly, tak jarang banyak yang berinvestasi mahal terhadap SEO tools. Namun, ternyata ada juga tools yang tidak berbayar alias gratis. Tools seperti ini pada dasarnya banyak tersedia sehingga akan lebih memudahkan untuk bersaing dan merajai hasil pencarian di Google. Berikut ini adalah rangkuman beberapa tools yang dapat dicoba;

Google Keyword Planner

Sebenarnya layanan  yang satu ini digunakan untuk mencari dan menganalisis kata kunci yang tepat untuk iklan. Akan tetapi, dalam praktiknya keyword planner ini juga bisa digunakan sebagai tools untuk SEO yang friendly. Ada banyak alasan mengapa banyak yang menggunakan tools ini selain karena gratis. Yang pertama, karena tools ini adalah milik Google, hingga tentu saja memiliki akses data keyword pencarian yang lengkap. Yang kedua, bisa mengakses ide kata kunci dari gabungan kata, URL  hingga jumlah volume kata kunci dan kata kunci yang sedang tren di mesin pencarian.

Google Search Console

SEO tools gratis ini juga masih berkaitan dengan Google. Dengan menggunakan tools ini, dapat memantau website, mengatasi masalah yang berhubungan dengan hasil pencarian hingga menjaga performanya. Menggunakan tools ini terdapat beberapa layanan yang dapat diakses yaitu menerima peringatan ketika terdapat aktivitas yang tidak wajar terhadap website, melihat trafik kata kunci di Google dan menunjukkan website mana saja yang memuat backlink.

Ubersuggest

Tools yang satu ini masuk dalam jajaran tools gratis terbaik yang wajib untuk dicoba. Tools ini menawarkan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari overview performa domain, laporan efektivitas SEO per halaman, ide konten hingga rekomendasi keyword yang ideal. Disamping itu, tools ini juga memiliki user interface yang sangat ramah. Tidak butuh waktu lama untuk memahami cara kerja dengan menggunakan tools ini. Terdapat tiga fitur yang dapat dimanfaatkan antara lain, keyword ideas, content ideas dan keywords.

Wordtracker

Wordtracker adalah salah satu SEO tools yang merangkap sebagai market search tools. Menggunakan tools ini bisa mendapatkan kata kunci untuk SEO sekaligus kata kunci untuk iklan yang berbasis pay per click. Tools ini memiliki tampilan yang bersih dan mudah dipahami. Opsi tampilannya beragam bahkan dalam segi kerjanya bisa setara dengan keyword planner yang telah dibahas sebelumnya. Di tempat ini terdapat kolom khusus untuk menyimpan kata kunci yang telah diriset, hal ini pastinya menjadi sesuatu yang menarik dan luar biasa.

Kini, untuk mendapatkan kata kunci yang memenuhi SEO friendly bukan lagi yang sulit, bukan? Karena telah tersedia banyak tools yang dapat dimanfaatkan baik yang berbayar atau gratis. Bahkan dengan adanya SEO tools gratis ini, lebih banyak lagi orang  yang terbantu sehingga optimasi SEO dapat tercapai. Demikian pembahasan tentang tools yang dapat membantu menemukan kata kunci terbaik untuk artikel atau seo marketing. Semoga bermanfaat.