Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Poin Dasar Teknik SEO Yang mesti Kamu tau!

Pada artikel sebelumnya saya sempat membahas tentang Macam Macam SEO pada artikel yang berjudul Macam-MacamSEO : Penerapan, Tujuan Dan Manfaatnya!,dan sekarang kita akan membahasya dari segi point dasar dari teknik SEO, Yuk langsung kita bahas!
Artikel ini merupakan salah satu dari Modul pembelajaran SEO untuk pemula, kamu bisa membaca semua artikelnya disana, agar lebih mudah dalam proses belajar dan  memahami apa itu SEO

Poin Dasar Teknik SEO Yang mesti Kamu tau

Poin Dasar Teknik SEO Yang mesti Kamu tau!
Sebenarnya point dasar ini tidak bisa menjadi patokan, karena statusnya akan terus berubah seiring berubahnya algoritma Google, jadi jika google mengupdate algoritmanya maka point dasar yang akan saya bahas dibawah ini juga pasti akan berubah.
Tapi perubahan itu tidak secara siginifikan merubah semuanya, hanya beberapa hal kecil yang mesti diatur ulang, berikut dibawah ini adalah poin dasar dari Teknik SEO yang mesti kamu tahu.

Struktur URL

Point yang pertama adalah stuktur URL, jika kita menggunakan URL yang sedehana. Kemungkinan besar website kita masuk page one sangat besar, karena URL yang sederhana dapat memudahkan mesin pencari untuk mengenali website kita dan topik utama yang kita bahas didalamnya.
Jadi disarankan untuk menggunakan struktur URL yang sederhana, cukup kita masukan nama domain dan judul artikelnya saja. Berikut dibawah ini adalah contoh dari Stuktur URL yang ideal :

Penggunaan SSL/TLS

Google, sejak tahun 2014 lebih mengutamakan website yang menggunakan SSL/TLS. Alasanya adallah karena website yang menggunakan SSL/TLS. Mampu mengenkripsi semua data transfer yang terjadi di dalam website kita. Itu membuat kemanana data pengguna jadi lebih aman.
Selain itu, peramaban google chrome juga telah menandai website yang tidak menggunakan SSL/TLS. Sebagai websie yang tidak aman. Jadi jika domain kamu belum menggunakan SSL/TLS.  Segera pasang dan aktifkan.
Untuk mengecek website kamu sudah pakai SSL/TLS atau belum, kamu bisa melihatnya dari alamat website di browser, jika website kamu masih diawali dengan HTTP, maka website kamu belum menggunakan SSL/TLS. Karena pada website yang mengaktifkan SSL/TLS pada urlnya akan termuat HTTPS.

Topik Konten

Hey, siapa yang tidak setuju dengan ini? Konten merupakan nyawa dari sebuah website. Jadi jangan sepelekan! Untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari, kamu mesti memiliki setidaknya beberapa konten yang saling berhubungan. Hal ini dilakukan untuk membangun struktur website yang baik.
Sebagai contoh sedehana, jika kamu membuat blog tentang Masakan, setidaknya kamu bisa membuat topik utama seperti : Pilihan Makanan Terbaik, Cara Memasak dan topik lainnya yang masih berkaitan satu sama lain.
Saya yakin, semakin banyak konten yang kamu buat dan semuanya saling berkaitan, maka semakin besar pula kemungkinan website kamu untuk muncul dihalaman pertama dengan beberapa topik yang sudah kamu buat tadi.

Search Intent

Apa itu Search Intent? Merupakan hasil dari update algoritma Google Hummingbird dan Google Rankbrain yang membuat mesin pencari google dapat mengetahui maksud dari penggunaan keyword yang di cari.
 Secara sederhana, google dapat mengerti kita mau mencari apa dengan keyword itu. Tapi sekarang yang menjadi permasalahan adalah, google hanya memberikan data pencarian berdasarkan volume pencarianya.
Sebagai contoh, jika kita mengetik keyword “bola” maka yang akan muncul pertama kali adalah :
  • Jadwal Pertandingan Bola
  • Berita Bola, dan lainnya.
Sehingga, membuat artikel lainnya yang sebenarnya lebih membahas spesifik tentang bola, tidak ditampilkan. Kecuali kalau kita mengetik keyword “Pengertian Bola” maka jelas hasilnya akan menampilkan pengertian bola dan lainnya.

Struktur Konten

Setelah membahas tentang search intent, kita tahu bagaimana cara membuat artikel kan? Yap dengan mengikuti peraturan search intents.
Setelah kita tahu cara membuat artikel, pastikan artikel kita mudah untuk dipahami pembaca. Caranya seperti apa? Caranya cukup mudah, kamu cukup menggunakan fungsi Heading dan Subheading untuk point-pont dalam artikel yang kamu anggap penting. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menambahkan foto, gambar ilustrasi, info grafik dan yang lainnya. Atau kamu bisa menambahkan video yang menjelaskan lebih rinci,  untuk dapat menarik pembaca lebih banyak.

Meta Tags

Apa itu Meta tags? Mari kita cari tahu, dalam pembahasan ini. Meta tags sendiri terbagi menjadi dua, yaitu :
  • Tittle Tag
  • Meta Description
Fungsi dari meta tag sendiri adalah untuk membantu mesin pencari seperti google memahami dan mengerti keseluruhan konten yang ada di website kita. Meta tags yang kita gunakan itu nantinya akan muncul pada pencarian google. Seperti tittle tag, yang merupakan judul artikel kita dan meta deskription yang berisi rangkuman tentang konten yang kita buat, contohnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini.

Backlink

Kita akan membahas tentang backlink lebih banyak lagi dalam artikel selanjutnya, kita pasti sudah tahu bahwa backlink merupakan salah satu tekni SEO yang terbaik. Karena semakin banyak backlink yang mengarah ke website kita. Semakin baik juga penilaiann google terhadap website kita, karena google menggap website kita memiliki kredebiltas yang tinggi.
Namun dalam menggunakan teknik ini harus juga berhati-hati, jangan sampai menggunakan backlink yang berasal dari website yang memiliki ranking rendah, karena apa? Kalian pasti tau jawabanya!

Kecepatan Website

Point dasar yang terakhir adalah Kecepatan, yapp! Semua orang suka kecepatan.
Pada tahun 2018 google memberikan peraturan bahwa kecepatan loading website, baik di desktop atau perangkat mobile menjadi syarat utama untuk dapat bersaing tampil di page one pencarian. Maka dari itu buatlah website mu secepat dan seringan mungkin.
Oke, sekian artikel dari saya tentang Poin Dasar Teknik SEO Yang mesti Kamu tau! Semoga artikel ini dapat membantu kamu yah!

Berlangganan via Email