Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Panduan Menulis SEO Friendly, Penting Dibaca!

tipsseo.net - Panduan menulis SEO Friendly perlu diperhatikan oleh para penulis artikel karena hal ini sangat berpengaruh terhadap peringkat suatu website di dalam mesin pencarian nantinya. Semakin tinggi rating website, maka akan mudah sangat mudah ditemui di pencarian google sehingga dapat meningkatkan pengunjung. 

Bagi sebagian orang, mungkin menulis artikel SEO Friendly masih terbilang begitu sulit terlebih bagi para penulis artikel pemula. Oleh karena itu, untuk mempermudah membuatnya, Anda perlu mempelajari cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca dan berpedoman SEO Friendly. 

panduan menuli seo friendly
menulis seo

Inilah Panduan Menulis SEO Friendly

Sebelum mulai membuat artikel, penting untuk memperhatikan cara menulis SEO Friendly berikut ini:

1. Riset keyword

Panduan menulis SEO Friendly yang pertama yaitu dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kata kunci apa yang seringkali dibutuhkan oleh pembaca. Jadi, sebelum menulis artikel pastikan Anda sudah menentukan kata kunci yang tentunya sesuai dengan tema yang ingin diangkat.

2. Judul yang menarik

Hal yang pertama akan dilihat seseorang sebelum membaca artikel ialah judul. Jadi, panduan  menulis SEO Friendly yang kedua adalah membuat judul yang menarik. Buatlah dengan semenarik mungkin dan tetap mencantumkan kata kunci karena kebanyakan orang akan membuka konten yang memiliki judul menarik. 

Selain itu, Anda juga harus tetap memastikan bahwa judul yang Anda buat dapat menggambarkan isi artikel. Akan lebih baik jika judul yang Anda buat mencantumkan nomor atau angka. Misalnya kata kunci yang Anda gunakan adalah tempat wisata di Yogyakarta. Jadi, contoh judul yang menarik ialah “10 Tempat Wisata di Yogyakarta, Sayang Bila Tidak Dikunjungi”. 

3. Link Internal dan Eksternal

Cara membuat artikel di media online dengan berpedoman aturan SEO Friendly tentu perlu menyisipkan link internal. Semakin banyak link internal disisipkan dalam sebuah artikel, maka akan semakin bagus pula. 

Tidak hanya link internal yang perlu disisipkan, tetapi link eksternal juga tidak kalah penting. Sebab, dalam aturan Rank Math SEO sangat menyarankan sebuah artikel sebaiknya menyisipkan setidaknya 1 link eksternal.

4. Gambar 

Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca dan berpedoman SEO Friendly selanjutnya ialah dengan menambahkan gambar. Hal ini sangat penting untuk menambah daya tarik dari artikel yang dibuat. Namun, gambar yang Anda tambahkan juga jangan sembarangan, usahakan untuk memasang alt txt pada gambar tersebut.

5. Panjang kata

Panduan menulis SEO Friendly berikutnya ialah memperhatikan jumlah kata. Rank Math SEO merekomendasikan sebuah artikel minimal berjumlah 600 kata sehingga nanti akan dapat kuning. Kalau ingin mendapatkan hijau, maka sebuah konten harus berjumlah 1000 kata ke atas. 

Selain jumlah kata, hal yang tidak kalah penting ialah memperhatikan kualitas artikel. Percuma jika artikel berjumlah 1000 kata ke atas, tetapi kualitas artikel sangatlah buruk, banyak pengulangan kata, dan tidak enak dibaca. Bolehkah menulis artikel hanya 500 atau 300 kata? tentu boleh, yang terpenting adalah kualitas isinya.

6. Menggunakan subheading

Supaya artikel yang Anda buat lebih mudah dibaca oleh robot Google, maka jangan lupa untuk menggunakan subheading. Cara menulis artikel di media online dengan berpedoman artikel SEO Friendly ini juga bisa dikatakan wajib untuk Anda terapkan.

Selain agar bisa dibaca oleh robot Google, subheading juga bisa membuat artikel menjadi lebih terstruktur dan rapi. Dengan begitu pembaca akan mudah untuk memahami konten dan hal ini bisa membantu meningkatkan user experience terhadap artikel Anda.

Demikian panduan menulis SEO Friendly yang penting untuk Anda terapkan ketika ingin membuat artikel. Dengan menerapkan aturan di atas, maka dapat membuat konten Anda mudah dicari di mesin pencarian Google. Sehingga berpotensi meningkatkan jumlah pengunjung terhadap website Anda.