Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dimana saya bisa mulai belajar SEO Dan Darimana Saya Harus Memulai?

Pertanyaan yang sangat bagus, jika kamu menanyakan tentang “Dimana saya bisa mulai belajar SEO” dan “Darimana saya harus memulainya” pertanyaan bagus ini akan kita bahas habis pada pembahasan kali ini yah!

Pada artikel yang lain, saya telah membuat Modul Pembelajaran Seo Untuk Pemula kamu bisa membuka modul itu dan membaca banyak sekali materi  tentang SEO. Tapi sebelumnya mari kita bahas sedikit tentang pertanyaan diatas.

Dimana saya bisa mulai belajar SEO Dan Darimana Saya Harus Memulai?

Dimana saya bisa mulai belajar SEO

Dimana saya bisa mulai belajar SEO

Jawabanya adalah, dimana saja kamu menemukan hal baru tentang SEO maka kamu wajib belajar disana.  Seperti dari blog yang saya kelola khusus untuk memberikan pelajaran terkait SEO ini. Atau dari beberapa penyedia layanan lainya yang siap memberikan kamu ilmu tambaha tentang teknik SEO.

Darimana Saya Harus Memulai?

Pertanyaan ini akan sedikit memakan tempat untuk menjawabnya, jadi sediakan camilan dan kopi hangat untuk menyimak jawabanya!

Darimana kamu harus memulai? Jawabanya adalah dari dasar, kamu harus bisa memahami konsep dasar dari tekni SEO, dan mengerti perbedaan dari teknik-teknik SEO. Dan teknik SEO yang paling dasar ada dua yaitu :

  • SEO On-page, dan
  • SEO Off-page

Pengerian Teknik SEO On-page dan Teknik SEO Off-page

Pada artikel sebelumnya saya sempat membahas tentang kedua teknik dasar ini, jika kurang lengkap mungkin akan saya bahas lebih detail pada artikel selanjutnya. Untuk sementara mari saya berikan sedikit informasi terkait dua teknik dasar SEO diatas, berikut dibawah ini :

Teknik SEO On-page

Teknik SEO Onpage, merupakan teknik yang digunakan untuk mengoptimasi halaman atau keseluruhan website yang kita kelola. Tujuannya adalah tentu untuk menigkatkan pengalaman pengunjung ketika mengunjungi website kita. Untuk melakukanya kamu bisa mencoba beberapa hal dibawah ini yah :

Atur Link Jadi Open in New Tab

Dengan mengatur Link Open in New Tab, kamu tidak akan mendapatkan bounc rate yang tinggi, karena website kamu tetap terbuka walaupun pegunjung klik link eskternal yang kamu masukan.

Pastikan Buat Konten Berkualitas dan Solutif

Pastikan kamu memiliki ide yang kreatif sebelum membuat sebuah blog, karena jika kamu tidak mampu membuat kontent yang kreatif mungkin website kamu tidak akan ramai pengunjung dan hanya menjadi ruang hampa ditengah keramaian jagad dunia maya

Selain kreatif, kamu juga harus bsia membuat konten yang solutif dalam artian lain artikel yang kamu buat dapat memberikan jawaban atas pertanyaan dan menjadi solusi bagi pengunjung blog kamu

Perhatikan Panjang Konten

Kamu juga mesti memperhatikan panjang kontent yang kamu buat, jangan terlalu panjang dan jangan pula terlalu pendek. Kamu bisa membuat konten yang panjang ketika kamu ingin membahas sesuatu yang memang pembahasanya tidak  bisa dijelaskan dengan pendek. Usahakan juga tulisan yang kamu buat tidak terlalu muter-muter.

Gunakan LSI Keyword

Apa itu LSI Keyword? Buat yang belum tau, LSI bukanlah Lembaga Sensor Indonesia tapi (Latent Semantic Indexing) yang memiliki arti sebagai keyword yang memiliki hubungan dengan keyword utama. Bagaimana cara menggunakanya? Kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk memanfatkan LSI :

  • Kamu bisa masukan LSI pada judul artikel
  • Kamu bisa masukan LSI Keyword pada meta Deskripstion
  • Kamu bisa masukan LSI Keyword didalam isi artikel

Contoh realnya kamu bisa melihat pada artikel yang sedang kamu baca ini, karena artikel ini sudah saya optimasi dengan LSI keyword.

Masih banyak lagi sebenarnya cara untuk optimasi SEO Onpage, mungkin akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Teknik SEO Off-page

Teknik Seo off-page ini jelas berbeda sekali dari Teknik Seo Onpage, perbedaan mendasar tentu ada pada cara optimasinya. Jika Teknik Seo Onpage kita melakukan optimasi didalam website kita sendiri, maka Teknik Seo offpage dilakukan diluar dari website yang kita kelola. Nah bagaimana itu bisa terjadi? Mari saya jelaskan, dibawah ini adalah beberapa cara untuk melakukan teknik SEO Off-page :

Link Building

Link Building, mungkin akan kita bahas lebih detail lagi. Kamu bisa membaca artikel lebih detail tentang Link Building disini  untuk sekarang mungkin saya akan membahasnya sedikit.

Ketika kita berbicara mengenai teknik SEO, tentu kita tidak akan bisa lepas dari link building. Baik pada teknik SEO Onpage ataupun Offpage. Kenapa seperti itu? Karena Link Building merupakan bagian terpenting dari teknik SEO, selain itu link building akan membuat kita lebih cepat mendapatkan page rank yang baik dari mesin pencari google. Karena google menilai blog kita merupakan blog yang menarik karena memiliki link building yang kuat.

Listing Bisnis

Listing bisnis, hal ini juga dapat kita optimasi dengan baik untuk menaikan blog kita ke pencarian pertama google. Dengan mendaftrkan listing bisnis kamu pada layanan penyedia yang memiliki rangkin besar tentu secara otomatis website kamu juga akan ikut tertarik keatas bukan? Kamu bisa mendaftarkan website kamu ke beberapa penyedia layanan listing bisnis seperti Trip Advisor dan Zomato.

Google Bisnisku

Google bisnisku, masih menjadi primadona untuk mengoptimalkan teknik SEO Offpage. Kamu bisa mendapatkan listing bisnis gratis disini. selain menjadi listing bisnis, kamu juga bisa mendapatkan fitur lebih dari google bisnisku untuk mengoptimasi SEO Offpage, seperti :

  • Membuat Listing Produk
  • Membuat Postingan
  • Memberikan Promo,
  • Dan lainnya

Dimana pada setiap postingan, listing produk dan promo akan selalu ada “Call To Action” yang mengarah ke blog kita secara langsung. Menarik bukan? Mungkin kita akan bahas lebih detail tentang Google Bisnisku mulai dari mendaftar sampai mengoptimasi SEO Offpage melalui google bisnis.

Masih banyak lagi teknik untuk mengoptimasi SEO Offpage, kita akan bahas pada lain kesempatan yah!

Oke, sekian artikel saya tentang Dimana saya bisa mulai belajar SEO Dan Darimana Saya Harus Memulai?” semoga artikel ini bemanfaat untuk kamu yah!