Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menulis Artikel SEO

tipsseo.net - Menulis artikel SEO merupakan salah satu teknik agar situs web yang kita miliki memiliki interaksi yang baik dan berkualitas. Jangkauan yang akan dimilikinya pun akan bertambah setiap harinya jika artikel yang ada di dalam situs web banyak dikunjungi. Hal ini juga tentunya akan menambah value bagi website yang Anda miliki.

Dengan teknik penulisan artikel SEO, secara tidak langsung Anda telah menawarkan dan menyediakan informasi yang tentunya berguna bagi para audiens. Sehingga hal tersebut dapat menjadi hal yang menjadi penyelesaian dari masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat situs web Anda dikunjungi banyak pembaca, maka cobalah untuk menulis artikel SEO untuk situs web Anda.


menulis artikel seo
menulis artikel
Inilah Hal yang Harus Diperhatikan saat Menulis Artikel SEO

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan perhatikan pada teknik penulisan  artikel SEO.

1. Memperhatikan Kata Kunci (Keyword)

Menulis artikel SEO sudah tentu Anda akan berkenalan dengan kata kunci yang akan diterapkan di dalam tulisan artikel. Usahakan agar Anda mengetahui frasa-frasa yang sering dicari oleh para audiens sehingga kata kunci tersebut dapat dengan mudah dicari. Hal lainnya yang juga tak kalah penting adalah mengenai target audiens, topik pembahasan, dan juga informasi yang akan dipaparkan.

2. Mengoptimalkan Konten Tulisan

Konten tulisan yang optimal ini bertujuan untuk menyasar search engine robots. Hal ini berarti bahwa ketika Anda menulis artikel SEO, Anda harus memiliki gaya yang natural dan menggunakan bahasa yang familiar bagi para audiens. Oleh karena itu, tambahkanlah beberapa kata kunci diantaranya: keyword primer, keyword utama, dan keyword lain sehingga artikel Anda bisa masuk ke dalam ranking di Google.

3. Memperhatikan Panjang Tulisan Artikel

Menulis artikel SEO sangatlah berbeda ketika Anda menulis artikel yang lainnya. Panjang tulisan yang ideal bagi artikel SEO adalah sekitar 1.500-2.000 kata. Namun, jika Anda ingin menambah panjang tulisan, hal itu tentu saja diperbolehkan. Namun, hal itu tetap harus memunculkan respon positif dari para pembaca.

4. Berikan Ruang Khusus bagi Setiap Jenis Tulisan

Anda dapat menulis apa saja di situs web Anda. Namun, ingatlah bahwa jika Anda ingin situs web yang rapi, maka lakukanlah diversifikasi pada konten-kontennya. Hal ini bertujuan agar para audiens mampu mencari artikel yang dibutuhkan dengan mudah dan tidak berbelit-belit. Di bawah ini merupakan contoh format yang bisa Anda coba terapkan:

  • Listicle
  • Interactive content
  • Studi kasus
  • Tutorial
  • Survei atau jejak pendapat
  • Presentasi
Dengan format pada konten tersebut, maka audiens pun akan memahami topik dan makna dari artikel yang ditulis tersebut.

5. Menyertakan Visualisasi yang Mendukung

Menulis artikel SEO juga perlu dibubuhi dengan visualisasi di dalamnya. Visualisasi tersebut bisa berupa infografis, gambar, bahkan video singkat. Hal tersebut bisa membuat konten yang ditampilkan jadi lebih menarik, sehingga dapat meningkatkan tingkat kunjungan para audiens. Selain itu, dengan adanya visualisasi, maka ide-ide yang Anda miliki pun dapat diilustrasikan dengan baik dan dapat dipahami oleh para pembaca.

Itulah hal-hal yang penting sekali untuk diperhatikan saat menulis artikel SEO oleh Anda sebagai pemilik situs web. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa cara-caranya tidak terlalu sulit sehingga bisa dengan mudah Anda praktikkan. Ingatlah untuk membuat topik pembahasannya semakin berbobot karena hal tersebut merupakan hal terpenting dalam sebuah tulisan.