Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Cara Kerja SEO On Page untuk Optimasi Website

Mengenal Cara Kerja SEO On Page untuk Optimasi Website – SEO (Search Engine Optimization) adalah optimasi mesin pencari yang dilakukan agar suatu halaman web mendapat rangking terbaik dalam hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu. Salah satu faktor yang menentukan peringkat website di mesin pencarian Google adalah SEO on page. Apakah yang dimaksud SEO on page? Bagaimana cara kerjanya? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara kerja SEO on page

Pengertian dan Cara Kerja SEO on page

Sistem kerja SEO terbagi menjadi dua bagian, yaitu SEO on page dan SEO off page. Secara mudah bisa dijelaskan bahwa SEO on page adalah cara kerja optimasi mesin pencari yang dilakukan dari dalam sebuah website.

Cara kerja SEO on page dilakukan dengan mengoptimalkan elemen-elemen yang ada pada sebuah website sehingga dapat menaikkan visibilitas dan peringkat pada mesin pencarian. SEO on page. Bila sebuah website diibaratkan sebagai sebuah rumah, maka SEO on page adalah suatu cara menata rumah agar para tamu yang datang merasa nyaman dan betah untuk tinggal lebih lama di dalam rumah Anda.

Strategi dalam Cara Kerja SEO on page

Strategi dalam melakukan optimasi website dengan sistem SEO on page haruslah fokus pada kepuasan pengunjung. Adapun strategi yang bisa diterapkan antara lain mendesain web agar mudah dijelajahi dan menyajikan konten yang menarik dan informatif. Berikut strategi yang bisa dilakukan saat melakukan optimalisasi dengan SEO on page:

1.    Pilihlah Templat SEO Friendly

Memilih templat atau tampilan suatu website pada cara kerja SEO on page harus dilakukan dengan cermat. Memilih templat SEO friendly berarti memilih templat yang sesuai dengan ketentuan mesin pencari sehingga akan meningkatkan peluang website untuk berada di tempat teratas halaman pencarian.

2.    Menggunakan Meta Tags

Meta Tags yang sering digunakan dalam optimasi SEO on page adalah Meta Description. Fungsi Meta Description adalah sebagai ringkasan yang memuat informasi yang dapat menggambarkan isi halaman dari suatu blog. Meta Description akan muncul pada snippet deskripsi di halaman pencarian Google.

Penggunaan Meta Description yang tepat pada cara kerja SEO on page dapat meningkatkan trafik pengunjung yang akhirnya menaikkan peringkat website anda di halaman pencarian. Buatlah dalam bentuk kalimat aktif sepanjang 155-160 karakter dengan kalimat yang menarik dan relevan dengan isi artikel pada website. Meta Description yang relevan akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya.   

3.    Buat Judul yang Menarik dan Gunakan Keyword pada Judul Blog

Judul adalah tampilan yang pertama kali dilihat oleh pengunjung saat melakukan pencarian. Buatlah judul yang mengundang rasa penasaran sehingga pengunjung tertarik untuk membuka isi website Anda. Agar peluang trafik kunjungan menjadi lebih tinggi, gunakan keyword yang ditargetkan pada judul blog.

4.    Gunakan Keyword Secara Maksimal pada Postingan Blog

Maksimalkan penggunaan keyword pada postingan Anda pada cara kerja SEO on page. Jangan gunakan secara berlebihan karena akan berpotensi sebagai spam oleh mesin pencari seperti Google. Google akan langsung menghapus postingan ini dari halaman pencarian karena dianggap hanya bertujuan menaikkan ranking dan memiliki isi yang tidak relevan.

Sesuaikan pemakaian keyword dengan jumlah kata yang ada di artikel. Penggunaan keyword umumnya sekitar 1-2% dari jumlah seluruh kata dalam satu artikel. Sebarlah penggunaannya di awal, di tengah, dan di akhir paragraf untuk meningkatkan kekuatannya saat muncul di halaman pencarian. Gunakan keyword yang relevan dengan isi artikel. Keyword yang tidak relevan akan membuat pengunjung kecewa dan kapok untuk berkunjung ke website Anda.

Demikianlah cara kerja SEO on page yang bisa dijelaskan. Pada intinya melakukan optimasi secara SEO on page dilakukan dengan menata website Anda senyaman mungkin agar pengunjung menjadi betah untuk berlama-lama. Kelak hal ini akan dapat meningkatkan ranking website Anda di halaman pencarian.