Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Artikel Tidak Terindeks? Mungkin Blog Kamu Kena Blacklist Google!

Pengalaman saya pribadi, setelah menulis beberapa artikel dan melakukan indexing ke google hasilnya tidak dapat terindex. Setelah saya pelajari dengan membaca beberapa artikel tentang masalah indexing google ternyata ada beberapa masalah yang sedang saya hadapi, dan yang paling besar adalah masalah blacklist google. Bagaimana dan kenapa website saya kena blacklist, saya juga belum tahu jawabanya! Tapi menurut beberapa artikel, kemungkinan google melakukan blacklist adalah karena alasan kemanan.

Oke, pada artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman saya di blacklist google dan cara saya mengatasinya.

Artikel Tidak Terindeks? Mungkin Blog Kamu Kena Blacklist Google!

Artikel Tidak Terindeks? Mungkin Blog Kamu Kena Blaclist Google!

Website kamu pernah kena blacklist google? Atau kamu merasa perlu untuk mempersiapkan diri kalau nanti-nanti kena blacklist google? Kalau begitu kamu wajib banget baca artikel ini sampai habis.

Google, merupakan mesin pencari yang penggunanya mungkin hampi separuh penduduk dunia, setiap harinya hampir jutaan orang mencari informasi di google. Jutaan orang, dan kita kena blacklist google? Sangat disayangkan bukan!

Blacklist dari google ini, sebenarnya memiliki niat yang baik. Yaitu menjaga pengguna internet untuk tidak masuk ke berbagai website phising yang dapat mecuri data pribadi pengguna. Tapi kadang website yang sehat juga kena blacklist. Hal yang paling sering terjadi biasanya adalah karena spam pengunjung. Atau mesin pengunjung otomatis yang biasa kita kenal dengan jigling. Dan masih banyak hal lainnya.

Alasan Google Melakukan Blacklist

Goole, seperti yang saya sampaikan diatas memiliki alasan yang kuat untuk memblaclist sebuah website. Jika website memiliki hal yang mencurigakan seperti virus maka google akan segera melakukan blacklist.

Efect dari blaclist google ini tidak main-main loh, menurut beberapa sumber jika kita di blacklist google, maka kita akan benar-benar kehilangan trafik dari google. Sangat mengerikan bukan, apalagi untuk kita yang ngeblog Cuma modal dengkul.

Yang Terjadi Jika Website Kita di Blacklist Google

Apa yang akan terjadi jika website kita di blacklist google, seperti kita di blacklist dari pertemanan dan kumpul bareng, diasingkan dan tidak ada yang mau diajak ngobrol. Pada website kita sendiri kalau kena blacklist google, mungkin dua hal ini akan terjadi :

Remove From Google

Yap, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, jika kita di blacklist google maka website yang kita kelola tidak akan ditampilkan dalam pencarian google. Sampai pada waktu dimana website kita dilepaskan dari daftar blacklist.

Warning Message

Kemungkinan kedua dan yang paling mengerikan adalah, warning mesagge. Kalau langsung dihapus sih nggak apa-apa, tapi kalau sampai di tampilkan warning messae seperti :

“Situs Ini Berisi Malware” “Deceptive Site Ahead”

Itu sih akan menggangu banget, kayak kamu ketemu orang baru terus terus google bilang jangan mau berteman sama dia, orang itu suka nyolong. Udah sih malu eh malah ditinggal pergi juga sama pengunjung.

Apa yang Perlu Kamu Dilakukan?

Terus apa yang kudu dilakukan kalau ingin dilepaskan dari daftar blacklist? Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Verifikasi Kepemilikan Domain

Kamu mungkin perlu melakukan verifikasi dan memberikan informasi kalau website kamu kemungkinan diretas, kamu kudu bangun melakukanya secepat mungkin. Kalau kamu tidak segera melakukanya, kemungkinan terburuknya adalah kamua akan akses ke data pada Google Search Console/Analytics. Cara verifikasinya gimana? Kamu bisa baca artikelnya disini

Setelah itu, kamu bisa mengecek kembali dan menulusuri ulang situs kamu dengan Google Search Console, seperti menghapus link dan menghapus beberapa halaman yang dicurigai mengandung virus.

Nah, berikut diatas adalah pengalaman saya tentang  di blacklist google. Semoga bermanfaat untuk kamu yah!