Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Keyword Artikel, Jangan Salah!

tipsseo.net - Mencari keyword artikel menjadi langkah penting dalam mengoptimasi website atau blog sesuai kaidah SEO. Pasalnya keyword alias kata kunci yang tepat akan meningkatkan performa situs maupun blog. Keyword yang populer juga akan memudahkan konten dalam situs atau blog mudah ditemukan oleh pengguna internet saat mengakses mesin pencarian. 

Bahkan keyword juga akan menjadi bekal yang berguna dalam jangka waktu panjang untuk terus meningkatkan performa website atau blog. Mencari keyword artikel memang terdengar tidak sulit. Namun pada prakteknya ada banyak hal yang perlu menjadi perhatian. Karena sekadar menemukan kata kunci saja tidak cukup, melainkan harus melihatnya dari berbagai aspek kesesuaian.Simak yuk, apa saja yang perlu diperhatikan!

mencari keyword artikel
keyword

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mencari Keyword Artikel

Beberapa hal di bawah ini merupakan komponen penting yang harus dipenuhi saat mencari keyword artikel untuk blog atau website:

Langkah 1: Volume Pencarian

Search volume atau volume pencarian memperlihatkan seberapa sering sebuah keyword dicari oleh pengguna internet. Data yang menunjukkan banyaknya pencarian itu juga diperlihatkan dalam kurun waktu tertentu. 

Terdapat tool khusus untuk menghitung jumlah pencarian keyword. Sebagai contoh, tool menunjukkan angka 10.000. Itu diartikan bahwa keyword tersebut telah dicari pengguna Google sebanyak 10.000 kali dalam kurun waktu satu bulan. Data ini membantu Anda untuk mencari keyword artikel yang paling populer.

Langkah 2: Tingkat Kesulitan Keyword

Sebuah keyword tidak bisa asal digunakan setelah ditemukan, namun harus juga diteliti tingkat kesulitannya. Istilahnya yaitu keyword difficulty yang berarti seberapa sulit sebuah kata kunci bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Sebuah tool untuk mengukur tingkat kesulitan keyword biasanya akan menunjukkan angka 1-100. 

Semakin besar angkanya berarti semakin sulit kata kunci tersebut untuk menembus peringkat atas hasil pencarian. Tingkat kesulitan kata kunci atau keyword difficulty biasanya juga berguna untuk melihat seberapa banyak backlink yang diperlukan agar artikel menempati urutan atas di hasil pencarian internet. 

Angka tingkat kesulitan keyword yang besar menandakan bahwa semakin banyak backlink yang harus disematkan pada artikel tersebut. Jadi jika ingin artikel dengan mudah ada di halaman pertama Google tanpa repot, pastikan angka keyword difficulty tidak terlalu tinggi.

Langkah 3: Saran Long Tail Keyword

Saat mencari keyword artikel pada tool tertentu, Anda akan diperlihatkan beberapa saran yang hampir serupa. Contohnya dengan satu kata “membuat blog”, akan muncul beberapa saran keyword lain. Saran yang muncul umumnya berupa long tail keyword yang artinya kata kunci dengan setidaknya tiga kata atau lebih. 

Itu karena pengguna internet cenderung ingin memperoleh informasi yang lebih detail. Penggunaan long tail keyword sendiri memperbesar peluang kemunculan artikel di Google dari pada kata kunci yang terlalu pendek.

Langkah 4: SERP

SERP atau Search Engine Result Page akan menunjukkan situs mana saja yang berada di halaman atas pencarian Google. Situs-situs yang ditampilkan tentu juga memiliki keyword yang sama seperti yang sedang Anda cari. Hasil tersebut memperlihatkan kualitas seperti apa yang dimiliki situs tersebut hingga muncul di halaman pertama Google. Jadi Anda bisa mencontoh kualitas tersebut pada blog maupun website Anda supaya juga bisa menempati posisi yang sama.

Keempat hal di atas sangat penting diketahui dalam mencari keyword artikel untuk konten di situs atau blog. Setiap tahap akan membuat Anda menemukan keyword paling bagus hingga akan membuat blog dan website semakin berkualitas.