Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Membuat Blogspot Secara Praktis

Langkah Membuat Blogspot Secara Praktis - Membuat blog dapat dilakukan oleh siapa saja, terutama bagi yang baru tertarik untuk menjadi seorang blogger. Lantas apa yang kita ketahui tentang Blogspot dan juga Blogger? Blogspot merupakan salah satu platform blog yang sangat populer dikalangan blogger hingga saat ini. Karena blogspot ini merupakan salah satu platform blogging yang sangat mudah digunakan dan simple untuk dikelola oleh para blogger apalagi bagi pemula.

Sedangkan yang disebut dengan blogger adalah penulis blog yaitu seseorang yang berprofesi menulis pada halaman blog melalui jaringan internet. Blogger ini berasal dari berbagai kalangan dengan latar belakang yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Yaitu menggunakan blogspot sebagi wadah untuk menulisnya.

Selain tergolong mudah, langkah membuat blogspot juga gratis dan mempunyai cukup banyak fitur yang ditawarkan. Sehingga bisa dengan mudah untuk dipelajari secara otodidak. Dengan membuat blog, dapat menjadi salah satu alat untuk pengembangan diri bagi siapa saja. Apalagi bagi yang suka menulis. Blogspot menjadi wadah untuk berkarya dalam mengembangkan dan mempelajari semua hal tentang menulis ataupun yang lainnya.

langkah membuat blogspot

Langkah Membuat Blogspot

Blogspot dapat dibuat siapa saja, dengan cara yang sangat mudah dan juga praktis. Bisa dengan menggunakan laptop, perangkat komputer atau dengan smartphone. Berikut beberapa langkah praktis yang harus diketahui saat membuatnya:

Dengan Menggunakan Laptop atau PC

Langkah membuat blogspot pertama yang harus dilakukan yaitu membuat email dengan menggunakan gmail. Kemudian membuka halaman browser yang ada di laptop ataupun PC, selanjutnya pada kolom alamat website masukkan alamat blogspot untuk membuat akun dengan menggunakan alamat email yang tadi dibuat di awal. Kemudiam masukan paswordnya dan tunggulah sejenak maka blogspot akan menghubungkan data dengan gmail tadi.

Setelah masuk ke akun blogspot, kemudian isi dan lengkapi profilnya. Dimana pada halaman profil ini terdapat settingan dasar pada dashboard. Fungsinya untuk mengatur agar tampilan blog yang sudah dibuat tadi dapat diatur dengan baik. Seperti judul, alamat blog bahkan juga tema blognya seperti apa, sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian klik create blog.

Langkah membuat blogspot selanjutnya yaitu masuk pada pengaturan post pada blog. Fungsinya untuk mengatur penulisan isi blog. Setelah selesai selanjutnya klik publish maka tulisan yang sudah dibuat tadi akan tampil pada blog yang dapat dilihat oleh pembaca dengan cara klik alamat blognya, maka secara otomatis pembaca dapat berkunjung ke sana.

Dengan Menggunakan Smartphone

Sama halnya pada laptop atau PC. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu membuat email pada gmail. Kemudian lakukan download aplikasi blogspot terlebih dulu pada google playstore maupun pada app store. Kemudian buka aplikasinya dan buatlah akun blogspot dengan memasukkan alamat email tadi dan juga paswordnya.

Setelah dapat masuk ke akun artinya selesailah sudah langkah membuat blogspot. Setelah itu bisa langsung masuk pada edit profil yang terdapat pada aplikasi tersebut. Kemudian mulailah untuk mengisinya sesuai dengan keinginan. Lanjutkan dengan klik pada pilihan buat blog baru. Selanjutnya buatlah judul blognya, jangan lupa menuliskan juga alamat blognya. Pilihlah nama unik yang belum pernah dipakai oleh blogger lain. Setelah itu pilih juga desain template yang sesuai dengan keinginan dan juga tema blognya.

Setelah selesai maka akun blogspot langsung bisa untuk dipergunakan, caranya dengan masuk pada post blog. Kemudian mulailah menulis dan mengaturnya dengan baik. Setelah selesai kemudian langsung klik publish maka tulisan tadi sudah terlihat dan tampil pada blog dan dapat dibaca semua orang. Caranya dengan berkunjung dan masuk ke alamat blog tadi yang sudah selesai dibuat.

Demikian uraian singkat mengenai langkah membuat blogspot secara praktis, semoga bermanfaat dan dapat menulis secara konsisten di blog.