Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-Langkah Membuat Blogspot Bagi Pemula

Langkah-Langkah Membuat Blogspot Bagi Pemula. Salah satu cara yang mudah membuat sebuah blog dengan menggunakan blogger.com atau Blogspot. Cara membuat Blogspot ini termasuk yang paling mudah digunakan bagi para pemula. Selain itu, Blogspot merupakan platform dari google, sehingga fitur yang ditawarkan pun beragam. Blogger merupakan platform blogging yang tersedia gratis.

Membuat Blogspot dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone atau dengan PC, keduanya sama-sama mudah. Kini, sudah tersedia aplikasi Blogger yang dapat diunduh melalui Google Play di smartphone android. Namun sebelum memulai bagaimana membuat blog dengan Blogspot, sebaiknya persiapkan dahulu akun gmail dari google, karena blogger ini merupakan milik Google.

Langkah-langkah membuat Blogspot

Langkah-Langkah Membuat Blogspot

Langkah-langkah membuat Blogspot dapat dimulai dengan membuat akun di Blogger. Blogspot dapat digunakan untuk membuat blog secara gratis namun tentunya memiliki keterbatasan. Bagi pemula, membuat blog di blogger merupakan ide yang baik sebagai langkah awal untuk memiliki Blog. Satu sub-domain akan diberikan saat pendaftaran dan pembuatan akun. Berikut langkah mudah membuat akun di Blogspot:

1.      Buka halaman browser, jika melalui PC atau laptop dapat ke alamat blogger pada kolom alamat website. Ketika website sudah menampilkan halamannya, klik tombol “Create Your Blog untuk memulai membuat blog baru. Sedangkan jika menggunakan smartphone, dapat mengunduh aplikasi Blogger yang tersedia di Google Play. Kemudian ikuti langkahnya sesuai petunjuk.

2.      Langkah-langkah membuat Blogspot selanjutnya, dengan masukan alamat email berupa gmail dan password untuk membuat akun baru. Blogspot akan langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akun gmail. Setelahnya, lakukan konfirmasi profil blog. Isi kolom yang tersedia dengan nama blog yang ingin ditampilkan. Kemudian klik “Lanjutkan ke Blogger”.

3.      Pada halaman profil, pilih menu dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan dibuat. Pada dashboard, tuliskan judul yang ingin dimunculkan pada halaman Blogspot, serta tentukan alamat blog sesuai dengan isi blog yang akan dibuat. Tidak kalah penting adalah menentukan tema blog yang akan digunakan. Jika sudah lengkap, selanjutnya klik “Create Blog”.

Membuat Postingan di Blogspot

Blogger merupakan pilihan tepat bagi yang menginginkan platform simpel, praktis, dan mudah. Sekarang langkah-langkah membuat Blogspot selanjutnya adalah membuat postingan. Buatlah postingan artikel sesuai dengan tema yang sudah ditentukan, tujuannya agar mempermudah pengunjung mencari artikel yang dibutuhkan. Berikut cara membuat postingan atau halaman konten di Blogspot agar dapat dinikmati pembaca:

1.      Langkah pertama untuk membuat post dengan klik menu “Postsdan pilih tombol “New post. Selanjutnya mengisi blog dengan konten apapun sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Buat artikel yang menarik, dapat juga menambahkan gambar untuk menunjang penjelasan artikel. Halaman tersebut menyediakan beberpa fitur menu yang mudah dipahami. Jika sudah selesai, klik tombol “Publikasikan” dan untuk melihat hasil tulisan, klik “Lihat blog”.

2.      Sedangkan langkah-langkah membuat Blogspot dalam membuat halaman, klik menu “Pagesdan klik tombol “New page. Sekilas kedua opsi tersebut seperti sama. Namun ternyata, Post dan Pages mempunyai fungsi yang berbeda. Pages dipakai untuk menampilkan halaman-halaman yang dianggap penting di blog, seperti informasi penting about us atau contact penulis. Sedangkan, Post adalah konten yang mengisi halaman utama dari blog.

Jika telah mengetahui cara membuat akun di Blogspot, kini blog juga dapat didesain menarik dengan tema yang ada. Blog perlu terus ditingkatkan kontennya agar berhasil menarik pembaca agar jumlah trafik terus bertambah. Selain mengatur tampilan blog, dapat juga mengeksplor opsi pengaturan, serta menambahkan domain di Blogspot. Bahkan dapat menambahkan Google Adsense untuk mendapatkan uang dari blog.

Itulah langkah-langkah membuat Blogspot dengan mudah bagi pemula. Jangan lupa untuk terus meningkatkan tampilan dan isi dari blog. Blog juga dapat didesain dengan tema dari koleksi template yang mudah digunakan, dengan tata letak fleksibel serta ratusan gambar latar yang mendukung. Bagi pemula, cara membuat blog sendiri ini sangat mudah, bahkan tidak perlu paham coding sekalipun.