Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Artikel SEO Yang Wajib Diketahui

Komponen Artikel SEO Yang Wajib Diketahui - Dalam dunia blogging sudah diketahui betapa pentingnya artikel SEO friendly untuk mendukung performa blog. Namun, ada banyak orang yang belum memahami seperti apa parameter dan juga komponen dari artikel SEO itu sendiri. Oleh karena itu banyak tips dan trick yang beredar, untuk digunakan agar artikel yag dihasilkan bisa SEO friendly.

Dari beragam cara untuk menghasilkan artikel yang SEO friendly, ada baiknya mengetahui tujuan dibuatnya artikel tersebut. Artikel yang dibuat dengan SEO friendly bertujuan untuk dapat ditemukan oleh mesin pencari dan juga tampil di halaman pertama pencarian. Ini berguna untuk performa blog aau web itu sendiri terkait traffic yang didapatkannya.

Agar semakin memahami seperti apa artikel SEO friendly, maka berikut ini akan dibahas mengenai komponen artikel SEO. Sehingga bisa meracik dan meramu sendiri seperti apa artikel ala SEO friendly. Yuk simak dalam ulasan berikut ini.

komponen artikel SEO

Komponen Artikel SEO

Dalam membuat artikel ala SEO friendly, maka haruslah mematuhi beberapa komponen berikut ini. agar artikel yang dihasilkan bisa menemus dan ramah bagi mesin pencari. Sehingga, nantinya bisa tampil di halaman pertama pencarian dan dibaca oleh banyak orang. Karena membuat aritkel jenis ini agak tricky dan butuh pemahaman mendasar mengenai bagaimana SEO (Search Engine Optimazation) bekerja. Jadi, mari simak dalam penjelasan berikut ini.

1. Judul dan Sub Judul

Komponen artikel SEO pertama adalah judul dan sub judul. Dalam pembuatan judul maka sertakan keyword atau kata kunci tertentu yang menginterpretasikan isi artikel secara keseluruhan. Demikian juga pada sub judul, sertakan juga keyword utama yang menjadi highlight dari artikel. Namun, perlu diingat bahwa kata atau kalimat yang dipilih menjadi keyword tidak boleh lebih dari 7-8 kata. Optimalnya gunakan di rentang 4-6 kata saja. Sehingga lebih ramah untuk dibaca oleh mesin pencari.

2. Intensitas Kepadatan Keyword

Dalam membuat artikel yang SEO friendly penting sekali memahami berapa banyak kepadatan keyword yang boleh digunakan. Secara keseluruhan, biasanya di rentang 1-2% dari jumlah total kata artikel. Ini berguna agar mesin pencari mudah menemukan dan juga tidak mengidentifikasikannya sebagai spam. Sehingga, performa blog atau website tetap terjaga. Cara hitungnya juga mudah, karena tinggal menarik kesleuruhan kata lalu mencari berapa keyword yang diletakkan.

3. Penggunaan Ragam Jenis Keyword

Komponen artikel SEO selanjutnya adalah penggunaan ragam keyword. Sebab keyword sendiri memiliki banyak jenis. Ada keyword utama, ada keyword turunan ada keyword dari kata yang sudah terindex dan banyak lagi lainnya. Oleh karena itu, gunakan racikan beragam keyword dalam satu artikel dengan natural. Penggunaan keyword turunan tidak boleh lebih besar dari keyword utama. Demikian juga untuk keyword yang sudah terindex jangan dijadikan keyword  utama agar artikel unik dan direferensikan oleh mesin pencari.

Tidak mudah untuk membuat aritikel yang SEO friendly, karena ada banyak komponen lain yang harus diperhatikan. Seperti penggunaan beragam plug in tools di blog atau website, backlink dan juga beragam hal lainnya. Akan tetapi semua bisa dimulai dari tiga komponen tadi dan dari sana sudah lumayan membantu untuk optimasi artikel itu sendiri.

Demikianlah tiga komponen artikel SEO yang penting untuk diketahui. Sehingga, artikel yang dihasilkan bisa SEO Friendly dan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Nantinya, bisa menjadi artikel yang tampil di halaman pertama mesin pencarian. Menairk sekali bukan? Selamat mencoba.