Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak, 4 Tools untuk Keyword Riset Artikel Anda!

tipsseo.net - Salah satu hal yang penting dalam menentukan keyword pada suatu artikel adalah dengan melakukan riset keyword. Keyword riset adalah proses untuk menentukan keyword paling optimal untuk dimasukkan dalam suatu artikel. Proses keyword yang sangat berpengaruh terhadap optimalisasi SEO artikel yang telah dibuat. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset untuk menentukan kata kunci yang optimal dalam memaksimalkan SEO. Untuk melakukan keyword riset, Anda tidak dapat melakukannya dengan asal seperti hanya dengan menebak kata kunci tersebut. Anda memerlukan tools untuk dapat mengetahui keyword yang optimal. Adapun tools tersebut adalah sebagai berikut!

keyword riset
mencari keyword

Inilah Tools Keyword Riset yang Perlu Anda Ketahui

Berikut beberapa tools riset keyword yang bisa Anda pilih untuk menentukan kata kunci dalam artikel diantaranya adalah:

1 . Google Trends

Salah satu tools yang dapat digunakan untuk keyword riset adalah Google Trends. Tool ini dapat digunakan secara gratis alias tanpa membayar sepeserpun. Riset keyword di Google Trends dapat dilakukan dengan mudah dan tidak rumit. Anda hanya perlu memastikan bahwa perangkat elektronik Anda terhubung dengan mesin search engine Google. 

Google Trends dapat dijadikan sebagai tools untuk menentukan keyword yang tepat karena Google Trends menyediakan kata kunci yang sering dicari oleh orang pada mesin search engine Google. Kata kunci tersebut dapat mencakup topik atau trend yang tengah menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat atau yang paling sering di cari mesin search engine. 

2.Google Keyword Planner

Tool untuk melakukan riset keyword selanjutnya adalah Google Keyword Planner. Tool ini sama-saam disediakan oleh mesin search engine Google. Untuk melakukan riset keyword pada Google Keyword Planner ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu Google Keyword Planner dapat diakses secara gratis sehingga dapat memaksimalkan riset dan keyword. 

Adapun langkah pertama untuk melakukan keyword riset pada Google Keyword Planner adalah dengan memasukkan satu atau dua kata kunci pada kolom pencarian Google Keyword Planner. Setelah memasukkan beberapa kata kunci pada kolom pencarian Google Keyword Planner, maka akan terdapat tampilan analisis dari kata kunci tersebut. 

Analisis kata kunci tersebut berupa jumlah pencarian kata kunci tersebut, kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci tersebut beserta jumlah pencariannya, dan lain sebagainya. Selain itu, Google Keyword Planner dapat digunakan untuk mengetahui kata kunci yang tepat untuk Google Ads. 

3. KWFinder

KWFinder adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci yang tepat dalam suatu artikel. Jika menggunakan KWFinder, Anda dapat mengetahui keyword yang memiliki volume pencarian tertinggi dan pencarian yang rendah. 

Dengan mengetahui volume masing-masing keyword maka kata kunci yang digunakan akan lebih tepat dan optimal. Namun tool KWFinder hanya dapat digunakan secara gratis selama 10 hari saja. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan tool keyword riset namun harus membayar sejumlah harga yang telah ditetapkan. 

4. Keyword Suggestion

Tool untuk melakukan riset keyword selanjutnya adalah dengan menggunakan saran kata kunci. Anda dapat dengan mudah mengetahui kata kunci yang optimal dengan menggunakan saran kata kunci tersebut. Cara melakukannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan satu atau dua kata, maka pada search engine Anda secara otomatis akan memberikan saran kata kunci yang lebih panjang.

Demikian adalah informasi mengenai tools sangat direkomendasikan untuk keyword riset. Tentu masih banyak tools lain yang dapat Anda gunakan untuk membantu riset kata kunci artikel Anda. Namun beberapa tool diatas dapat digunakan sebagai salah satu media riset. Selamat mencoba tools riset keyword diatas.