Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal yang Harus Diketahui Tentang Keyword Kata Kunci Artikel, Penting!

tipsseo.net - Jika Anda  pernah menulis di blog pastinya sangat familiar dengan istilah keyword kata kunci. Keyword atau kata kunci ini merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat dalam penulisan suatu artikel, karena hal ini merupakan susunan kata yang sering dimasukkan seseorang saat ingin mencari data atau informasi yang mereka perlukan di internet.

Mempunyai keahlian dalam menentukan kata kunci yang sangat penting guna meningkatkan jumlah pengunjung pada website atau blog. Kata kunci adalah suatu rangkaian atau beberapa urutan yang dituliskan oleh penulis untuk bisa mendapatkan halaman web yang benar, dan yang berisikan semua informasi yang dibutuhkan. 

keyword kata kunci
menulis dengan keyword

Manfaat Menulis Artikel Dengan Keyword Kata Kunci

Adapun manfaat menulis artikel sesuai dengan keyword antara lain: 

1. Bagi Mesin Pencari

Dengan adanya kata kunci atau keyword, maka dalam melakukan search engine pastinya akan semakin mempermudah dalam menemukan serta memperlihatkan kepada mereka yang sedang mencari informasi yang tentunya tepat sesuai yang diinginkan oleh mereka yang sedang mencari informasi tersebut.

2. Bagi Blogger

Jika keyword kata kunci yang Anda gunakan tepat  sasaran secara sempurna pada mereka yang sedang mencari informasi maka selanjutnya, search engine akan secara langsung menampilkan artikel yang sesuai tersebut pada tampilan pencaharian yang paling atas sesuai kata kunci yang dimasukkan.
Bagi Penulis Artikel

Mereka merasa sangat termotivasi agar tetap  melakukan pekerjaan sebagai penulis. Munculnya artikel buatan mereka pada halaman teratas merupakan kepuasan tersendiri bagi para penulis karena hasil yang telah mereka capai sesuai dengan usaha mereka, selain itu artikel yang mereka buat mampu menandingi beberapa artikel yang berada dibawahnya.

3. Bagi Blog

Jika blog yang Anda sedang kelola sudah memiliki banyak pengunjung dan juga apabila blogger tersebut sudah sangat berpengalaman, maka bukan tidak mungkin lagi jika blog yang sedang dikelola tersebut muncul pada pencarian teratas. Hal ini dikarenakan penggunaan kata kunci yang tepat. 

Jenis-jenis Keyword Artikel

Selain ragam manfaat di atas, keyword kata kunci juga memiliki beberapa macam jenis yang patut Anda ketahui, antaranya :

1. Short Tail Keyword

Jenis ini kata kunci merupakan salah satu keyword kata kunci yang memiliki sifat pendek dengan jumlah kata maksimal 2 buah. Contohnya : Rumah Murah, Cara Belanja, Spesifikasi HP, dan masih banyak lagi. Adapun Kelebihan yang dimiliki dari Short tail keyword adalah pencarian yang memiliki jumlah sangat besar.

Untuk kekurangannya yaitu persaingan yang harus dihadapi  sangatlah banyak, tidak mempunyai banyak kesempatan yang besar agar dapat muncul pada  halaman pertama, serta hasil pencarian yang diberikan terkadang kurang relevan dan tidak sesuai dengan yang diperlukan oleh user.

2. Long Tail Keyword 

Merupakan salah satu penyempurna dari jenis short tail dengan cara mencantumkan lebih banyak kata kunci yang nyaman untuk dibaca. Adapun kekurangan dari jenis ini adalah hasil yang muncul akan terlihat aneh jika ditulis oleh penulis yang sudah handal, dikarenakan kata kunci tersebut disarankan bagi para pemula yang baru memulai menulis.

Untuk keuntungan dari long tail keyword kata kunci ini diantaranya; Anda dapat menempati posisi pada halaman teratas dikarenakan persaingan dengan para blogger lain juga lebih besar. Informasi yang terdapat di dalamnya  lebih bermanfaat untuk para pembaca, serta mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Blog yang menggunakan keyword memiliki kemungkinan untuk dilihat dan dicari oleh banyak orang yang nantinya akan berada pada peringkat teratas, oleh karena itu pentingnya kata kunci dan SEO tersebut sangat penting apabila kalian ingin menambah banyak pengunjung.

Dari pembahasan diatas diketahui bahwa penempatan keyword kata kunci pada artikel memiliki pengaruh yang sangat besar terlebih jika ingin artikel atau blog yang akan kita buat berada pada posisi pertama pencarian, hal ini merupakan keinginan dari sebagian besar penulis blog.