Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Hal Tentang Kata Kunci Keyword Artikel, Jangan Salah ya!

tipsseo.net - Dalam membuat artikel untuk kebutuhan blog atau website, kata kunci keyword artikel merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Dengan memperhatikan kata kunci artikel, Anda akan lebih mudah dalam memaksimalkan agar artikel Anda tampil di halaman utama mesin pencarian. Kata kunci berhubungan dengan pengoptimalan SEO yang diterapkan pada suatu artikel. 

Dengan menerapkan SEO yang optimal dapat membuat suatu artikel muncul di halaman awal mesin pencarian. Melihat hal tersebut, maka penting bagi seorang penulis artikel untuk benar-benar memperhatikan kata kunci ini. Adapun hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai kata kunci keyword artikel adalah sebagai berikut. 

kata kunci keyword artikel
keyword

Inilah Hal-hal yang Wajib Anda Ketahui Tentang Kata Kunci Keyword Artikel 

Simak penjelasan berikut tentang kata kunci atau keyword artikel agar Anda lebih paham, lalu bisa mengaplikasikannya pada artikel.

Pengertian Keyword

Kata kunci keyword artikel adalah kata yang biasanya sering digunakan orang untuk mencari informasi di mesin pencarian. Kata kunci digunakan oleh mesin pencarian untuk mengetahui kebutuhan dari pengguna internet. Sehingga artikel yang memuat kata kunci yang optimal dianggap artikel yang baik oleh mesin pencarian dan berdampak pada munculnya artikel tersebut di halaman awal mesin pencarian. 

Artikel yang berada di awal halaman mesin pencarian biasanya lebih banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Oleh karena itu pengoptimalan kata kunci harus dilakukan secara maksimal sehingga menguntungkan bagi artikel Anda dan banyak dibaca oleh pengunjung internet. Hal ini akan memberikan keuntungan yang banyak terhadap blog atau website yang Anda kelola.

Jenis-Jenis Keyword

Keyword dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu short tail keyword, long tail keyword, keyword abadi, dan keyword musiman. Short tail keyword adalah kata kunci singkat yang terdiri dari satu atau dua kata. Contoh dari short tail keyword adalah tas impor. 

Sedangkan long tail keyword adalah kata kunci yang biasanya lebih panjang dari short tail keyword. Biasanya keyword long tail keyword akan memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah dari short tail keyword. Contoh dari long tail keyword adalah tas impor murah dan berkualitas. 

Adapun keyword abadi adalah kata kunci yang akan selalu dicari oleh pengunjung internet. Keyword ini akan bertahan dari waktu ke waktu. Contoh dari keyword abadi ini adalah cara menyembuhkan gatal pada kulit. Kata kunci keyword artikel selanjutnya adalah keyword  musiman adalah kata kunci yang dicari hanya pada momen-momen tertentu saja. Contoh dari keyword musiman adalah hasil akhir piala Uber. 

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Keyword Artikel

Salah satu hal yang penting agar mendapatkan keyword yang sesuai pada artikel Anda adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Riset keyword dilakukan untuk mencari kata kata kunci terkini yang paling sering dicari oleh pengunjung internet. Cara melakukan riset keyword ini dapat dilakukan dengan mudah dan dengan berbagai macam cara. 

Ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk melakukan riset keyword ini. Beberapa tools ada yang gratis, namun ada juga beberapa tools yang berbayar. Adapun tools yang biasanya digunakan untuk melakukan riset keyword adalah Google Keyword Planet, Ubersuggest by Neil Patel, Ahrefs, Google Related Search,Semrush, dan MOZ.  

Dengan menggunakan tools yang telah disebutkan diatas, Anda dapat segera melakukan riset tentang keyword yang sesuai dengan keinginan Anda. Tools yang paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan melihat Google Related Search. 

Demikian informasi mengenai hal-hal apa saja yang harus Anda ketahui mengenai kata kunci keyword artikel. Dengan pengoptimalan keyword diharapkan agar pengunjung blog atau website Anda akan lebih meningkat. Apakah Anda sudah memahami mengenai kata kunci pada artikel?