Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Membuat Artikel SEO Berdasarkan Algoritma Mesin Pencarian

Inilah Cara Membuat Artikel SEO Berdasarkan Algoritma Mesin Pencarian – SEO adalah suatu cara untuk mengoptimasikan website agar bisa muncul pada kolom pertama SERP (Search Engine Result Page). Tujuannya adalah untuk meraih banyak trafik pengunjung ke website. Salah satu teknik yang digunakan dalam penerapan SEO adalah dengan mengolah konten berupa artikel dengan benar.

Cara membuat artikel SEO

Manfaat dan Cara Membuat Artikel SEO

Artikel yang masuk dalam kategori SEO friendly adalah artikel yang ditulis dengan menyertakan pendekatan sesuai algoritma mesin pencarian. Deteksi yang digunakan mesin pencarian akan membuat artikel SEO friendly mudah ditemukan. Dengan demikian, artikel akan diprioritaskan untuk muncul di halaman pertama.

Cara membuat artikel SEO menjadi ramah mesin pencarian adalah dengan mengikuti aturan-aturan mesin pencarian tersebut. Namun, algoritma mesin pencarian selalu berubah. Seperti halnya pada Google, tidak hanya harus ramah mesin pencari, artikel juga harus mampu memenuhi kebutuhan informasi pembacanya. Faktor kepuasan pembaca ini disebut User Experience.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Cara Membuat Artikel SEO

Artikel SEO merupakan pilar utama dalam strategi SEO secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pengerjaannya pun perlu mendapat perhatian khusus. Artikel SEO yang baik dan menarik dapat membantu menaikkan jumlah pengunjung secara organik. Selain itu, artikel SEO yang dikerjakan dengan benar akan dapat menambah kredibilitas website. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel.

1. Penggunaan Keyword Pada Judul dan Isi Artikel

Judul merupakan penggambaran isi artikel. Dengan meletakkan keyword pada judul akan memudahkan mesin pencari untuk mengetahui isi artikel. Hal ini akan membuat artikel mudah ditemukan oleh search engine saat pengguna mengetikkan keyword yang sama. Akan tetapi, cara membuat artikel SEO terkait peletakan keyword, harus diperhatikan.

Peletakan keyword, baik itu pada judul, maupun pada isi artikel haruslah dilakukan secara natural. Pilih kalimat yang tepat agar saat memasukkan keyword tidak terkesan memaksa. Hal ini berkaitan dengan user experience, yaitu kepuasan pengunjung saat membaca artikel. Judul dan isi dengan peletakan keyword yang tidak tepat dapat membingungkan pembaca.

2. Panjang Artikel

Cara membuat artikel SEO sebaiknya dengan memperhatikan panjang artikel. Umumnya, panjang artikel adalah 500 – 700 kata. Akan tetapi, jangan hanya mengejar kuota jumlah kata saja. Perhatikan cara penyajiannya agar tetap enak dibaca. Artikel yang berbelit-belit akan membuat pengunjung enggan membaca lebih lama, dan akhirnya keluar dari website sebelum selesai membaca.

Perlu diketahui, Google sangat memperhatikan user experience. Artinya, mesin pencari ini akan melacak respon pengguna website. Mulai dari lama membaca, respon terhadap artikel, halaman yang di-klik, dan lain sebagainya. Jadi, dalam membuat artikel, perlu dipastikan agar pengunjung betah membaca hingga selesai dan tertarik membuka bagian lain dari website.

3. Sertakan Internal Link

Internal link berupa link antar halaman yang jika diklik akan mengarahkan pengguna untuk membuka artikel lain. Cara membuat artikel SEO dengan menyertakan internal link adalah dengan menambahkannya melalui kalimat yang natural. Bagaimanapun, dalam meletakkan internal link ini, tetap harus dipikirkan agar tidak membingungkan pembaca.

4. Jangan Lupakan LSI

LSI (Latent Semantic Indexing) dapat dikatakan merupakan kata-kata yang masih berkaitan dengan keyword. Misalnya pada keyword ‘bisnis konveksi busana’ maka LSI-nya bisa berupa busana muslim, konveksi busana anak, dan sebagainya. Cara mencari LSI ini dapat dengan menggunakan Google autocomplete, plugin pada wordpress, atau Google adword tools.

Demikianlah cara membuat artikel SEO. Dengan melakukan teknik pembuatan yang benar, akan didapat artikel yang bisa menjadi pilar utama dalam teknik SEO selanjutnya. Hal yang perlu menjadi perhatian utama adalah bagaimana agar konten menarik dan menyenangkan untuk dibaca. Perlu diingat pula bahwa algoritma mesin pencari terus berubah, sehingga perlu selalu update agar teknik SEO yang digunakan tidak ketinggalan zaman