Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Dia Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Website dan Blog

Ini Dia Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Website dan Blog, sudah semestinya apabila blog pribadi atau website selalu membutuhkan artikel yang harus di unggah secara teratur. Artikel yang dibutuhkan bukan artikel sembarangan, tapi harus berkualitas baik dari segi kaidah penulisan dan dapat memberikan performa yang baik di mesin pencarian Google. Artikel yang demikian juga berpotensi banyak dicari.

Meskipun terdapat tools atau plugin yang dapat membantu mengelola SEO pada sebuah blog, tapi hal itu tidak cukup. Untuk menulis artikel yang berkualitas, harus tahu bagaimana cara menulis artikel yang bagus sehingga selalu muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin Google. Jadi, tidak perlu bergantung pada plugin semata. Cara tersebut pun mudah untuk dipelajari. Tinggal bagaimana sikap konsisten untuk menulis SEO yang tepat.

SEO friendly

Cara Menulis SEO Friendly

Siapapun dapat menulis artikel yang bagus tanpa harus mengetahui atau memperhatikan tentang SEO. Namun, jangan berharap  artikel yang ditulis dapat berada di halaman pertamana hasil pencarian Google. Jadi, sederhananya menulis artikel SEO friendly merupakan panduan untuk menulis artikel yang telah ditetapkan Google. Lalu bagaimana caranya menulis artikel yang benar dan telah sesuai dengan SEO, simak di bawah ini;

Gunakan Keyword yang Banyak Dicari Audiens

Langkah pertama dalam menulis artikel SEO yang friendly adalah mencari keyword atau kata kunci yang kemungkinan besar dicari oleh banyak audiens. Oleh sebab itu, pemilik blog atau website harus paham siapa saja yang rutin membaca blog atau website. Dengan demikian, akan mudah diketahui keyword seperti apa yang dicari dan diketik di mesin pencari Google. Biasanya setiap audiens akan memiliki karakteristik yang berbeda dan keyword bisa disesuaikan dengan karakteristik tersebut.

Pastikan Artikel yang ditulis Dapat Menjawab Pertanyaan

Google dapat dengan mudah mengetahui manakah artikel yang SEO friendly dan tidak berdasarkan beberapa indikator tertentu. Indikator ini pula yang digunakan untuk mengetahui apakah para pembaca merasa puas atau tidak. salah satunya adalah berapa lama waktu yang digunakan hanya untuk menghabiskan membaca artikel tersebut atau membagikannya.  Semakin lama dan banyak yang mencari, menandakan bahwa artikel telah memenuhi ekspetasi pembaca. Jadi, sebaiknya dalam membuat artikel hendaknya yang lengkap agar dapat menjawab pertanyaan para pencari.

Artikel yang dibuat Harus Layak Baca

Menulis adal hal yang mudah, tapi menulis yang baik tidak semua orang dapat melakukannya. Apalagi menulis artikel yang banyak dicari orang. Selain membutuhkan ketelitian tinggi agar artikel yang ditulis sesuai dengan kaidah penulisan, artikel yang dibuat juga harus layak baca. Tidak harus menggunakan editor profesional, editing sendiri juga dapat dilakukan. Disamping itu, dapat meminta bantuan orang lain untuk membaca artikel yang ditulis apakah mereka paham dan nyaman membaca artikel tersebut.

Unggah Konten Secara Konsisten

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan apabila menulis dan mengunggah artikel secara konsisten. Para pembaca akan lebih mudah memperoleh informasi aktual dan faktual dari sebuah blog. Dari sini akan terlihat bahwa sebuah blog atau website terlihat aktif. Hal inilah yang akan memberikan nilai lebih pada blog yang diberikan oleh Google. Jadi, sebenarnya membuat SEO friendly itu dapat dimulai dari sini.

Optimasi Gambar

Menulis artikel yang panjang tanpa disertai dengan gambar, pastinya akan membuat para pembaca merasa jenuh dan tidak tertarik untuk membaca hingga selesai. Untuk menyiasatinya adalah dengan mengoptimasi gambar sehingga artikel terlihat hidup dan tidak membosankan. Pastikan gambar yang disisipkan adalah gambar yang sesuai dengan fokus keyword yang digunakan. Gambar yang diambil juga sebaiknya tidak terlalu besar agar loading page lebih cepat.

Demikian pembahasan singkat tentang SEO friendly dan bagaimana cara membuat sebuah artikel yang memenuhi SEO dan friendly. Apabila artikel yang dibuat telah memenuhi, akan lebih mudah untuk menempatkan artikel tersebut pada halaman teratas mesin pencarian Google. Kunci utamanya, tidak hanya pandai merangkai kata sesuai dengan keyword yang dipiih, tapi juga punya rasa konsisten untuk senantiasa mengunggah konten atau artikel.