Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Websitemu Terkenal? Simak Cara Kerja SEO Berikut Ini

Ingin Websitemu Terkenal? Simak Cara Kerja SEO Berikut Ini – Bagi pemilik toko online, mempunyai website dengan trafik pengunjung yang tinggi tentu memberi banyak keuntungan. Semakin banyak jumlah pengunjung akan memungkinkan untuk meningkatkan hasil penjualan dan konsumen akan datang lagi ke toko online Anda.

Agar mempunyai website dengan trafik yang tinggi, Anda bisa memanfaatkan teknik SEO (Search Engine Optimization). Secara ringkas, SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan website agar mendapatkan peringkat teratas pada halaman hasil pencarian. Jika telah mendapatkan peringkat yang tinggi maka website Anda memiliki potensi yang lebih besar untuk mendapatkan trafik secara organik. Bagaimana cara kerjanya?   

cara kerja SEO 

Cara Kerja SEO

Optimasi mesin pencarian (search engine) pada website menyebabkan para pengguna internet bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan menggunakan kata kunci (keyword) tertentu. Pemilik website perlu memahami cara kerja SEO agar mendapatkan trafik yang berpotensi, berkualitas, dan tepat sasaran. Berikut dapat Anda simak cara kerjanya:

1.    Crawling (perayapan)

Merupakan langkah awal dari mesin pencarian. Ini adalah sebuah proses pengumpulan informasi dari seluruh website, dari halaman satu ke halaman lain, link yang satu ke link yang lain. Pada mesin pencarian Google, tugas ini dilakukan oleh sebuah software yang bernama spider atau Googlebot.

2.    Indexing

Setelah melakukan proses pengumpulan informasi, cara kerja SEO menyimpan dan mengatur konten yang telah ditemukan selama proses crawling. Semua informasi ini dikumpulkan dalam sebuah database yang besar. Proses penyimpanan dan pengaturan konten ini dinamai indexing.

3.    Ranking

Mesin pencarian akan menyediakan potongan-potongan konten sesuai dengan permintaan pencarian. Sebelumnya, halaman yang telah melewati indexing akan melalui proses untuk diurutkan sebagai hasil permintaan pencarian yang relevan. Proses ini dinamai Ranking.

Pada tahapan ini, cara kerja SEO akan melakukan calculating relevancy. Mesin pencarian akan menghitung relevansi antara permintaan pencarian melalui kata kunci yang diterima dengan halaman yang telah terindeks. Hasil penghitungan ini nantinya akan mengurutkan konten, mulai yang paling relevan dengan permintaan pencarian sebagai urutan teratas, hingga yang kurang relevan.

Setelah memperoleh urutan ranking, maka mesin pencarian akan mengambil konten yang sangat relevan dengan kata kunci dan menampilkannya di browser sebagai daftar hasil pencarian. Agar kualitas pencariannya tetap terjamin, mesin pencarian menggunakan seperangkat algoritma untuk memastikan informasi yang diperoleh relevan dan berasal dari sumber yang tepercaya.

Mesin pencari seperti Google selalu memperbarui algoritmanya dengan tujuan menyajikan hasil pencarian yang lebih akurat. Anda yang ingin mengoptimalkan website harus memahami algoritma ini. Langkah optimasi di cara kerja SEO sangat bergantung dengan algoritma Google yang sedang digunakan pada saat itu.

Saat algoritma berubah, Anda juga harus mengubah dan menyesuaikan teknik optimasi. Teknik optimasi yang tidak tepat dapat menyebabkan turunnya peringkat website yang dimiliki. Penurunan peringkat ini dapat menyebabkan merosotnya angka trafik pengunjung akibat website menjadi tidak populer saat kata kunci diketikkan di halaman pencarian. Lakukan pemantauan mengenai algoritma mesin pencarian untuk menentukan strategi Anda.

Berdasarkan uraian di atas, maka untuk melakukan optimasi website Anda harus benar-benar memperhatikan cara kerja SEO. Proses optimasi ini tidak dapat dilakukan dengan sekali tempo, melainkan harus dilakukan secara konsisten sebagai proses yang tiada henti. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi misalnya membuat konten yang relevan, menggunakan struktur website yang baik, serta kemudahan untuk mengakses website.

Demikian ulasan mengenai cara kerja SEO. Bila telah memahami cara optimasi website, maka bisa dipastikan website Anda akan memiliki jumlah trafik yang tinggi dan bisa mendatangkan keuntungan. Semoga artikel ini bermanfaat.