Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indikator Utama SEO yang Wajib Diketahui Oleh Penulis Website

Indikator Utama SEO yang Wajib Diketahui Oleh Penulis Website - Meningkatnya aktivitas pencarian menggunakan aplikasi browsing, ternyata membuat banyak orang tertarik pada dunia kepenulisan. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi, banyak pebisnis yang membutuhkan pemasaran via digital. Lantas bagaimana cara menulis untuk website agar artikel bisa bersaing di mesin pencarian.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknik penulisan artikel berbasis SEO atau Search Engine Optimation. Namun sebelumnya, anda perlu tahu dulu apa itu teknik penulisan artikel SEO. SEO atau Search Engine Optimation adalah teknik penulisan artikel yang berkualitas dengan cara tertentu. Sehingga dengan teknik tersebut, artikel mampu menampilkan kualitasnya pada mesin pencarian di Google.

Secara tidak langsung, website akan memiliki banyak pengunjung yang berpengaruh pada performanya. Namun tentunya, menulis artikel SEO tidaklah mudah dan harus memperhatikan beberapa hal. Termasuk menggunakan indikator utama SEO Friendly untuk artikel yang berkualitas. Seperti apa indikator yang digunakan? Ini penjelasannya.

indikator utama SEO

Beberapa Indikator Utama SEO yang Perlu Diperhatikan

1.    Struktur URL

Anda perlu membuat struktur URL yang sederhana agar memudahkan mesin pencarian dalam mengenali website dan topik utama yang dibahas. Sebaiknya, buat struktur URL sederhana dengan mengandung nama domain dan judul artikel yang dibuat. Contoh struktur URL yang ideal misalnya seperti https://www.namawebsiteanda.com/judulartikel.

2.    Penggunaan SSL/TLS

Ketahuilah bahwa Google mengutamakan website-website yang menggunakan SSL/TLS karena mampu mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website. Dengan indikator utama SEO menggunakan SSL/ TLS, keamanan data pengguna akan lebih terjamin keamanannya.

3.    Topik Konten

Anda haruslah memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan dalam menentukan ide konten. Tujuannya adalah agar struktur website menjadi lebih baik, palu konten mengenai topik-topik tersebut. Misalnya untuk blog traveling, tambahkan pula beberapa topik utama seperti jalan-jalan, kuliner, dan penginapan.

4.    Search Intent

Indikator utama SEO selanjutnya yaitu search intent atau apa yang diinginkan oleh kebanyakan pengguna mesin pencari terhadap satu kata kunci. Google mengutamakan artikel yang sesuai dengan search intent kebanyakan pengguna terkait kata kunci tersebut.

5.    Struktur Konten

Anda juga harus membuat konten yang mudah dipahami agar memudahkan pembaca dalam menemukan infonya di konten Anda. Maka dari itu, buatlah artikel dengan struktur yang jelas dan rapi menggunakan subheading dan heading.

6.    Meta Tags

Indikator utama SEO selanjutnya adalah meta tags yang terdiri dari title tag dan meta description untuk memahami keseluruhan konten di halaman website. Isinya adalah inti dari keseluruhan konten yang dibuat dalam beberapa kata saja.

7.    Backlink

Backlink masih menjadi salah satu faktor utama SEO di mana link harus berasal dari website atau blog berkualitas. Hindari menggunakan backlink dari bukan blog atau website berkualitas rendah di internet. Karena bisa jadi, hal ini akan dianggap Google sebagai spam dan terkena banned.

8.    Kecepatan Website

Kecepatan loading website memegang peranan penting dalam SEO, mengingat Google menetapkan kecepatan loading sebagai salah satu indikator utama SEO. Semakin cepat loading suatu website, makin besar pula kemungkinannya untuk mendapat ranking lebih tinggi di hasil pencari Google.

Mengetahui indikator utama SEO akan sangat penting dalam mempengaruhi performa suatu website. Jika ingin menggunakan blog untuk mencapai peringkat di laman pertama atau media pemasaran, tentu penggunaan indikator tersebut harus anda perhatikan. Maka dari itu, jangan melupakan adanya ke 8 indikator SEO di atas!