Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikuti Tutorial dan Cara Membuat Website Blogspot untuk Pemula Ini!

Ikuti Tutorial dan Cara Membuat Website Blogspot untuk Pemula Ini! - Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, semua orang bebas berkarya dengan memanfaatkan teknologi. Kebebasan berekspresi ini dapat anda tuangkan melalui blog atau website di internet. Salah satunya yakni blogspot yang menjadi platform pilihan banyak orang. Karena menggunakan blogspot dapat menghasilkan pundi pundi uang yang cukup besar jika dikelola secara tepat.

Sehingga bagi Anda yang saat ini sedang hobi menulis dan ingin menuangkannya secara profesional, membuat blog bisa jadi solusi tepat. Selain bisa mendapatkan keuntungan dan bereksplorasi menggunakan tulisan, cara ini juga bisa mengasah kemampuan menulis. Tak heran, jika blogspot menjadi salah satu platform blog yang hingga kini merajai Indonesia. Blogger atau blogspot ini merupakan platform besar yang dimiliki oleh Google.

Inilah sebabnya banyak layanan dari Google yang mudah diintegrasikan dengan Blogger. Di antaranya seperti Google AdSense yang merupakan layanan pengiklan Google. Selain itu, ada pula Google Analytics sebagai platform untuk mengukur performa blog yang sudah anda miliki. Blogger sendiri menjadi platform yang sederhana dan memiliki kemudahan bagi penggunanya. Termasuk kemudahan dalam cara membuat website blogspot. Ini cara pembuatannya.

cara membuat website blogspot

Cara Membuat Website Blogspot

Cara untuk membuat website sebenarnya cukup mudah, terutama jika Anda sudah memiliki akun Google. Apabila telah memiliki akun tersebut, Anda bisa langsung mendaftar dengan mudah dan cepat. Setelah membuat, Anda juga akan mendapat subdomain dengan ekstensi blogspot.com sebagai nama blog default.

Nah, sebelum membahas hal hal tersebut, anda perlu mengetahui bagaimana cara pembuatan blogspot. Untuk membuat blog melalui blogspot, anda bisa membuatnya lewat aplikasi di PC atau laptop maupun website. Anda perlu menyiapkan sebuah alamat email dari Google atau Gmail yang telah dimiliki. Selanjutnya, ikuti tutorial dan cara membuat website blogspot seperti berikut ini.

1. Buka halaman browser

Cara pertama adalah membuka halaman browser pada PC atau laptop, lalu ketikkan alamat website blogger resmi di kolom alamat website yang tersedia.

2. Klik create your blog

Setelah muncul halaman blogger.com, Anda bisa klik di tombol create your blog. Cara membuat website blogspot ini akan memulai tahapan dalam pembuatan blog baru tersebut.

3. Buat akun dengan email

Cara membuat blogspot selanjutnya, Anda bisa memasukkan alamat email dan juga password dari akun Gmail. Gunakan akun Gmail tersebut untuk membuat akun baru anda di blogspot. Meski anda membuat akun blogsot baru, tetapi Anda tak perlu untuk mendaftar sebagai pengguna baru. Ketahuilah bahwa blogspot akan langsung menghubungkan data tersebut dengan akun Gmail yang anda miliki sebelumnya.

4. Lengkapi profil

Setelah masuk pada akun di blogger.com, anda akan diarahkan dan diminta untuk mengisi profil yang akan digunakan pada blog. Anda diminta untuk melengkapi profil, isikan saat awal membuat blog atau bisa mengisinya di lain waktu sebagai pelengkap cara membuat website blogspot.

5. Pengaturan dasar pada dashboard

Pada halaman profil, anda bisa langsung menuju dashboard pada blogspot sebagai cara membuat blogspot. Aturlah tampilan awal pada blog yang akan anda buat untuk menuliskan judul, alamat blog, dan juga tema yang ada. Selanjutnya klik create blog.

6. Pengaturan post blog

Cara membuat website blogspot selanjutnya anda akan menuju dashboard untuk mengatur post blog dan penulisan, lalu klik publish jika telah selesai menulis isi blog.

Itulah tadi cara membuat website blogspot dengan mudah yang bisa anda lakukan. Jika ingin sukses dalam dunia blog, Anda harus membuat perencanaan yang matang dan mengetahui cara mengembangkan blog. Dengan begini, tentu hasil akan lebih efisien, menghasilkan trafik organik, serta mendatangkan pembaca baru ke blog.