Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikuti Langkah Ini untuk Optimasi SEO Off Page

Ikuti Langkah Ini untuk Optimasi SEO Off Page. Bukan rahasia lagi bahwa tujuan penggunaan SEO adalah untuk meningkatkan traffic dan rangking halaman di mesin pencari. Hal ini karena selain tingkatkan penampakan situs web anda, ini juga dapat meningkatkan brand awarness, dan keberhasilan anda menjadikan pengunjung sebagai pelanggan.

Nah, sebelum itu, ada baiknya jika anda lebih dahulu mengenal istilah Search Engine Optimization (SEO) yang akan sering anda temui dalam artikel ini. Secara sederhana, SEO dapat diartikan sebagai serangkaian upaya supaya website atau blog anda mendapat rangking tinggi di mesin pencari. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan off-Page SEO. Jika on-page SEO ­area kerjanya adalah konten, keyword, dan link internal, maka off-page SEO lebih menekankan pada penggunaan back link atau link building.

SEO off page

Ikuti Langkah Ini untuk Optimasi SEO Off Page

SEO off page yang akan menentukan seberapa tinggi rangking blog atau website anda di mesin pencari. Teknik SEO yang satu ini akan memberi tahu mesin pencari seperti Google atau Bing mengenai pendapat pengunjung mengenai web/blog yang anda kelola. Inilah yang kemudian membuat tidak sedikit pengelola blog gunakan teknik ini untuk tingkatkan visibilitas blog/websitenya. Dan berikut ini adalah beberapa cara optimasi off-page SEO.

Link Building

Ketika menyebut metode off-page, maka tentu yang terbersit adalah link building. Ini karena cara ini merupakan cara yang paling populer dan efektif. Tujuan metode yang satu ini adalah supaya website lain memberikan tautan menuju website anda. Dapat dengan alasan karena anda adalah partner bisnis maupun karena anda menyuguhkan banyak konten yang bermanfaat.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan mengenai link buiding dalam metode SEO off page. Yakni pastikan bahwa link tersebut adalah link yang berkualitas. Jika link menuju website anda berasal dari website yang isinya hanya spam, maka hal tersebut justru akan dianggap sebagai pelanggaran. Sementara itu, ada cara lain yang bisa anda lakukan ketika melakukan link building, yakni dengan menulis di blog/website lain. Meski begitu, ada baiknya jika cara ini tidak anda lakukan terlalu sering.

Do-follow dan no-follow

Media sosial tentunya bukan hal asing lagi saat ini. Sebab selain untuk bersosialisasi, media ini juga akan membantu metode off-page SEO. Meskipun umumnya link tersebut merupakan no-follow links, namun bukan berarti hal tersebut tidak ada gunanya sama sekali. Sebab biasanya, cara tersebut juga akan memberikan peningkatan jumlah traffic. Akan tetapi, dibandingkan ini, pengelola blog umumnya akan lebih menyukai link do-follow.

Link do-follow adalah penyebutan pada backlink yang mengizinkan mesin pencari menemukan dan mengindeks tautan yang anda berikan pada web lain. Dengan kata lain, dengan cara ini seolah-olah anda memberikan referensi bahwa link tersebut memiliki kualitas yang luar biasa. Dengan mengizinkannya robot web crawker menelurusi tautan eksternal, cara ini sangat efektif meningkatkan rank website anda dengan metode SEO off page.

Perhatikan faktor off-page SEO lainnya

Selain beberapa metode di atas, anda pun wajib untuk memperhatikan beberapa faktor off page lain. Di antaranya ialah inbound link, anchor text, dan perhatikan pula kualitas link. Penggunaan hyperlink ke web/blog anda akan dianggap sebagai dukungan yang meminta Google serta mesin pencari lainnya untuk menampilkan halaman anda. Sementara itu, anchor text atau teks yang dijadikan sebagai hyperlink bervariasi dan menggambarkan isi konten anda.

Nah, beberapa langkah tersebut setidaknya telah menjawab pertanyaan bagaimana sih cara mengoptimalkan visibilitas website anda dengan teknik SEO off page. Selain itu, anda pun bisa menggunakan cara lama seperti promosi melalui forum, memasukkan website ke mesin pencari, hingga membuat konten untuk direktori artikel. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu, cara-cara lama tersebut dianggap kurang efektif.