Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor yang Pengaruhi SEO Rank

Faktor yang Pengaruhi SEO Rank. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemunculan website di halaman pertama menjadi obsesi tersendiri bagi pengelola website. Hal ini karena berdasarkan studi yang dilakukan oleh Infront Webwork menunjukkan bahwa 95% traffic didapatkan oleh website yang ada di halaman pertama. Sementara 5% sisanya didapatkan oleh website di halaman-halaman berikutnya.

Kemunculan website anda di halaman pertama akan berikan keuntungan yang banyak bagi anda. Selain traffic, anda pun bisa semakin mengembangkan brand awareness. Namun, tahukah anda, faktor apa saja yang pengaruhi rangking SEO?

SEO rank

Faktor yang Pengaruhi SEO Rank

Mesin pencari Google adalah bisnis yang harus selalu memuaskan penggunanya. Itulah yang menjadikan banyaknya perkembangan dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan perangkingan. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang jadi komponen penentu SEO rank website anda di mesin pencari.

Kualitas konten yang disediakan

Faktor pertama yang pengaruhi rangking SEO adalah kualitas konten yang anda berikan. Di antara indikator berkulitas yang ditetapkan oleh Google yakni authority, expertise, dan terpercaya. Kualitas konten yang baik dan disertai dengan strategi peningkatan traffic misal dengan email marketing maupun yang lainnya, akan sangat bantu tingkatkan ranking anda.

Penggunaan keyword tertentu

Faktor yang pengaruhi SEO rank berikutnya adalah penggunaan keyword atau kata kunci. Akan sangat baik jika judul, permalinks, dan isi konten yang anda buat mengandung keyword utama dan masih relevan. Prinsip relevansi ini pun harus dipakai pula ketika pemilihan judul. Sebab harusnya, judul yang anda gunakan sudah menggambarkan apa yang akan didapat pembaca dari konten yang anda sediakan.

Kecepatan landing website

Salah satu langkah Google untuk memperbaiki kualitasnya ialah dengan memberikan pengalaman terbaik ketika membuka halamannya. Maka dari itu, untuk mendapat ranking yang baik, website anda harus bisa diakses oleh mobile maupun perangkat dekstop dengan cepat. Nah, untuk memeriksa kecepatan situs, anda dapat menggunakan pihak ketiga seperti PageSpeed Insight maupun yang lainnya.

Adanya meta tags

Faktor berikutnya yang pengaruhi SEO rank adalah penggunaan meta tags. Meta tags ini akan membantu mesin pencari menemukan website anda. Nah, tag meta apa saja yang harus ada pada website? Meta tags tersebut berupa tittle tags website, tittle tags artikel, meta description website, dan meta description artikel.

Telah menggunakan HTTPS

Faktor yang tentukan ranking SEO berikutnya adalah penggunaan HTTPS. Hal ini karena website yang sertifikat SLL-nya memiliki URL Http:// dianggap sebagai website yang tidak aman. Sebaliknya, mesin pencari seperti Google akan mengutamakan hasil pencarian dengan website yang lebih aman. Kebijakan tersebut diambil Google sejak tahun 2007 untuk melindungi penggunanya dari kejahatan website.

Mobile friendly

Tidak dapat dipungkiri jika seringkali penelurusuran bukan hanya dilakukan melalui perangkat dekstop saja, namun juga dilakukan di perangkat mobile. Inilah yang kemudian menjadikan kemudahan akses menjadi salah satu faktor yang pengaruhi SEO rank Google.

Pembaharuan konten secara berkala

Faktor berikutnya yang mempengaruhi ranking SEO adalah adanya pembaharuan konten secara berkala. Ini dimaksudkan supaya informasi yang diberikan pada konten adalah berdasar dari informasi yang mutakhir. Terlebih jika konten yang anda sediakan sifatnya adalah breaking news, maka anda dapat memperbaharuinya setiap kali ada keterangan baru yang muncul.

Demikianlah paparan mengenai beberapa faktor yang pengaruhi SEO rank. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan adanya perubahan dari faktor-faktor tersebut. Sementara itu, tugas anda sebagai pengelola hanyalah memberikan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung website anda.