Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Beginilah Cara Upload Artikel di Wordpress, Mudah Kok!

tipsseo.net - Cara upload artikel di wordpress bukanlah hal yang sulit dilakukan. Wordpress adalah situs yang paling sering digunakan oleh para penulis dan blogger. Selain mudah digunakan, wordpress juga memiliki berbagai fitur seperti pilihan tema yang bisa di custom sesuai selera. 

Memosting artikel di wordpress pada dasarnya adalah menulis artikel yang nantinya akan dipublish. Sehingga tulisan anda bisa dibaca semua orang yang mengakses website anda. Tidak perlu lama-lama mari simak cara upload artikel di wordpress mulai dari login sampai mempublishnya.

cara upload artikel di wordpress
wordpress

Inilah Cara Upload Artikel di Wordpress

Pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara upload artikel di wordpress secara singkat:

1. Login ke admin wordpress

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu login ke admin wordpres. Caranya kunjungi halaman website anda. Setelah itu masukkan username dan password anda.  Jika anda belum memilikinya maka anda harus membuat akun dulu. 

2. Tambahkan baru

Setelah and login ke admin wordpress anda akan masuk ke halaman dashboard. Arahkan kursor ke  menu ‘posts’ kemudian pilih ‘add new’. Atau anda bisa juga arahkan kursor ke atas, klik ‘+new’ lalu klik ‘posts’.

3. Masukkan judul artikel

Judul dari sebuah artikel sangatlah penting, terlebih judul yang anda gunakan untuk sebuah artikel mengandung keyword. Silahkan masukkan judul artikel anda pada tempat yang disediakan. Misalnya “Cara menghilangkan noda permen karet pada baju”.

4. Tulis artikel

Setelah membuat judul, selanjutnya adalah membuat isinya. Ketik artikel anda pada button block yang terletak dibawah button title. Anda bisa mengetiknya langsung disitu atau menyalin teks anda yang sebelumnya telah anda ketik di Microsoft word. Isi dari artikel yang bagus adalah yang jumlah katanya lebih dari 300 supaya mudah terdeteksi oleh google. Dan seperti kaidahnya, artikel terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup.

5. Edit artikel

Setelah anda menulis artikel anda, anda harus merapikannya supaya enak dibaca. cara mengatur tulisan di wordpress dapat dilakukan dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia di wordpress. Seperti fitur bold, italic, justify, rata kanan, rata kiri dan lain-lain.

6. Tambahkan pemanis artikel

Cara upload artikel di wordpress selanjutnya yaitu menambahkan pemanis pada artikel anda. Pemanis yang dimaksud disini adalah anda dapat menambahkan gambar, tabel, grafik, ilustrasi dan lain sebagainya. Tambahan seperti itu, dapat menambah kesan bagus pada artikel dan pembaca tidak merasa bosan saat membaca. Selain itu, tulisan anda mudah dimengerti oleh pembaca dengan adanya gambar-gambar tersebut.    

Caranya, klik “ add media” lalu pilih “select file” kemudian pilih gambar yang anda inginkan. Jika filenya sudah diupload, maka tinggal mencari gambar  di “media library”. Gambar yang anda pilih akan muncul pada button block menjadi satu dengan isi artikel anda.

7. Menerbitkan artikel

Langkah cara upload artikel di wordpress yang ditunggu-tunggu yaitu menerbitkan atau menguploadnya. Di bagian atas kanan halaman terdapat button save draft, preview dan publish. Save draft digunakan untuk menyimpan tulisan yang belum selesai dibuat dan belum diupload. Preview digunakan untuk mengetahui bagaimana cara melihat postingan di wordpress.

Sedangkan button publish adalah botton yang digunakan untuk mempublish atau mengupload artikel anda. Setelah artikel di publish, maka artikel anda akan muncul di website anda. Selain itu anda juga bisa mengatur pengguna yang dapat mengakses artikel anda di bagian kanan atas menu “setting”. Disitu anda dapat mengatur kolom komentar, kapan waktu pemostingan dan mengatur kategori artikel anda.

Demikian, ternyata cara upload artikel di wordpress terbilang mudah. Hamper sama seperti mengetik di Microsoft word. Jika anda berhasil melakukannya, maka anda juga bisa mencoba cara mengedit post di wordpress.