Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sukses Mengoptimalkan Penelusuran Suara Dengan SEO

Cara Sukses Mengoptimalkan Penelusuran Suara Dengan SEO. Pada zaman dahulu, bercakap-cakap santai dengan komputer pasti terasa seperti fiksi ilmiah yang sulit direalisasikan. Namun di hari ini, Anda bisa melihat orang-orang berbicara ke ponsel mereka, berinteraksi, dan mendapatkan tanggapan suara dari ponsel itu. Daya pikat obrolan suara tidak dapat disangkal, ini lebih cepat, bebas gangguan, dan memungkinkan Anda melakukan banyak tugas.

Penelusuran suara ini terus berkembang dari pengenalan suara menjadi pemahaman suara. Dan rasanya, Google semakin mendekati tujuannya untuk mengubah penelusuran suara menjadi "asisten seluler terbaik". Ini akan membantu Anda melakukan pekerjaan sehari-hari sambil tetap fokus pada hal-hal yang penting". Jadi, jika pengoptimalan penelusuran suara belum menjadi bagian dari strategi SEO Anda, kini saatnya untuk memperbaikinya.

Mengoptimalkan penelusuran suara

Cara Mengoptimalkan Penelusuran Suara Dengan SEO

1.    Pahami Jenis Pelanggan & Perilaku Perangkat Anda

Sama seperti SEO pada umumnya, algoritma penelusuran suara juga menggunakan data, lokasi, dan beberapa titik data untuk memahami konteks penelusuran. Untuk itu Anda harus menggali lebih dalam guna memahami konsumen dan perilaku mereka. Mengoptimalkan penelusuran suara dengan cara ini akan membantu Anda memahami perilaku konsumen yang berbeda-beda. Seperti bagaimana caranya orang-orang dalam menggunakan penelusuran suara di setiap perangkat yang mendukung suara.

2.    Fokus pada Kata Kunci Percakapan

Banyak orang lebih menyukai kata kunci long tile dalam tulisan SEO, begitu juga dengan penelusuran suara. Alasannya, kata kunci short tile menjadi kurang relevan jika kita mempertimbangkan frasa alami yang digunakan dalam penelusuran suara. Untuk itu, Anda perlu memusatkan perhatian pada kata kunci long tile dalam percakapan. Sangat penting untuk mengetahui pertanyaan apa yang perlu Anda selesaikan untuk menjawabnya.

3.    Buat Konten Dengan Persona yang Menarik

Singkat, kontekstual, dan relevansi, adalah hal yang sangat dibutuhkan saat mengoptimalkan penelusuran suara. Namun Anda mungkin ingin membedakannya dari strategi SEO biasa dan perlu memberikan perhatian khusus pada:

·         Membuat jawaban rinci untuk pertanyaan umum,

·         Menjawab pertanyaan sederhana dengan jelas dan ringkas,

Jadi buatlah konten yang kaya dan menarik, yang bisa menjawab pertanyaan paling umum pengguna Anda dan menyelesaikan masalah mereka.

Sementara itu, strategi bagus yang telah berhasil diadopsi oleh banyak situs web adalah:

·         Buat konten atau halaman web dengan judul yang menanyakan pertanyaan umum,

·         Segera setelah judul, berikan jawaban atau definisi singkat untuk pertanyaan tersebut,

·         Gunakan sisa halaman untuk memberikan detail elaboratif lebih lanjut tentang topik tersebut.

Laman web yang kaya dan kuat pada akhirnya akan menarik bagi algoritma peringkat Google. Pada saat yang sama, informasi singkat dan manis di bagian atas halaman akan dioptimalkan untuk penelusuran suara atau bahkan menjadi cuplikan.

4.    Berikan Konteks dengan Schema Markup

Pelajari schema markup, jika Anda belum melakukannya. Gunakan skema ini untuk memberi markup konten Anda dan memberi tahu mesin telusur tentang apa situs Anda. Pengaya HTML ini membantu mesin telusur memahami konteks konten Anda. Yang berarti peringkat Anda lebih baik dalam penelusuran biasa, dan lebih relevan dalam kueri tertentu yang dibuat melalui penelusuran suara. Jadi bisa dibilang ini adalah cara yang efektif dalam mengoptimalkan penelusuran suara.

5.    Bangun Halaman Yang Menjawab Pertanyaan Umum

Saat pencari suara mengajukan pertanyaan, biasanya dimulai dengan "Siapa", "Apa", "Di mana", "Kapan", "Mengapa", dan "Bagaimana". Jadi mereka mencari jawaban yang memenuhi kebutuhan mendesak. Untuk menjawab pertanyaan ini, buatlah halaman FAQ dan mulai setiap pertanyaan dengan kata keterangan tersebut. Selanjutnya jawablah percakapan itu untuk menarik penelusuran suara.

Sekarang kita telah tumbuh di tengah-tengah perkembangan teknologi, dimana seseorang bisa bertanya ke perangkat komputer. Dan sebagian besar generasi muda telah merasa "paham teknologi" menggunakan penelusuran suara ini. Jadi saat hype ini meningkat, maka sangat bodoh untuk mengabaikannya di industri SEO. Untuk itu mulailah belajar mengoptimalkan penelusuran suara untuk memenangkan hasil pencarian Anda.