Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 Cara Research Keyword Artikel yang Potensial untuk Blog

tipsseo.net - Cara research keyword artikel merupakan salah satu yang selalu difokuskan untuk mengoptimasi blog. Konten atau artikel dengan keyword yang tepat akan meningkatkan performa blog secara keseluruhan. Pengunjung blog akan semakin meningkat dan tentu keuntugan dari blog akan semakin besar. Karena alasan inilah, para blogger berlomba-lomba untuk selalu menemukan keyword yang tidak asal-asalan melainkan kata kunci yang benar-benar potensial.

Secara umum, keyword didefinisikan sebagai serangkaian kata yang biasanya digunakan pengguna internet ketika ingin mencari informasi tertentu. Sebagaimana yang telah menjadi tujuan para blogger yaitu menempatkan konten mereka di halaman pertama Google, maka kata kunci yang dipakai harus bisa menjawab apa yang dicari pengguna internet. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, blogger perlu tahu cara research keyword artikel yang paling tepat.

cara research keyword artikel
keyword artikel

 Inilah Cara Research Keyword Artikel

Keyword memang bisa ditemukan sendiri. Namun untuk membuatnya potensial dan bisa menguntungkan perlu dilakukan beberapa cara di bawah ini:

Langkah 1: Temukan Karakteristik Blog

Blog seharusnya memiliki karakteristik yang menjadi fokus utama untuk semua artikel di dalamnya. Dari karakteristik tersebut juga akan lebih mudah untuk mencari keyword yang sesuai. Karakteristik atau bisa juga disebut niche blog ini nantinya akan menjadi pertimbangan untuk menemukan keyword secara umum untuk setiap artikel. Sedangkan untuk keyword yang lebih spesifik dan sesuai harus melalui beberapa cara research keyword artikel selanjutnya.

Langkah 2: Gunakan Long Tail Keyword

Keyword atau kata kunci untuk artikel di blog dibedakan menjadi dua jenis yaitu, short tail keyword dan long tail keyword atau yang lebih mudah disebut keyword panjang atau keyword pendek. Untuk blog baru lebih disarankan menggunakan long tail keyword alias kata kunci yang panjang. Setidaknya kata kunci untuk artikel di blog terdiri dari 4 hingga 6 kata. 

Penggunaan keyword panjang pada artikel akan memperbesar peluang sebuah blog bisa muncul di deretan halaman pertama Google. Panjang keyword juga sebenarnya mempengaruhi kecenderungan pengguna internet saat mencari informasi di Google. Kebanyakan orang akan lebih suka mengetikkan kata kunci yang panjang di kolom search lantaran mereka ingin memperoleh informasi yang lebih detail. 

Sehingga, perlu memperhatikan panjang keyword termasuk cara research keyword artikel. Namun pastikan keyword panjang itu tetap relevan dengan isi artikel dan menggunakan kata yang efektif. Misalnya, penggunaan kata kunci “cara menulis artikel SEO friendly” lebih dianjurkan dari pada kata kunci “cara menulis artikel”.

Langkah 3: Lakukan Analisa Mendalam

Anda bisa memanfaatkan beberapa tool yang sudah populer untuk menemukan keyword jika ragu dengan keyword hasil temuan sendiri. Hindari langsung menggunakan kata kunci tersebut dalam artikel sebelum menganalisanya lebih lanjut. Anda masih perlu untuk mencari volume pencarian keyword tersebut. 

Dengan menggunakan tool khusus, Anda akan menemukan berapa banyak pencarian yang terdeteksi untuk keyword tersebut dalam kurun waktu tertentu. Selanjutnya, Anda juga perlu tahu tingkat persaingan keyword tersebut dari aspek difficulty atau tingkat kesulitan. Angka difficulty keyword yang tinggi menunjukkan bahwa kata kunci tersebut akan lebih sulit menembus halaman awal Google. 

Maka Anda bisa segera mencari kata kunci lain atau mengupayakan cara lain agar kata kunci tersebut tidak kesulitan menempati posisi teratas di Google. Analisa lain juga bisa dilakukan dengan melihat kualitas situs lain yang menggunakan kata kunci serupa.

Ketiga cara research keyword artikel untuk blog memang harus melalui beberapa tahap. Mulai dari menemukan keyword yang paling umum sampai yang paling spesifik. Beberapa analisa juga diperlukan untuk mengoptimasi blog agar semakin mudah dikenali Google.