Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bingung Cara Menulis Blog agar Page 1? Perhatikan 5 Hal Ini!

tipsseo.net - Cara menulis blog yang benar sangat dibutuhkan semua orang karena semua orang pernah mendengar atau melihat kata blog. Bahkan mungkin ada dari kalian yang memiliki blog. Sebenarnya apa sih blog itu? Definisi blog dari wikipedia adalah salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai topik. 

Blog bisa berupa tulisan, gambar, atau video yg isinya tentang pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis tentang suatu hal, dan konten lainnya. Di zaman modern ini memang blog memiliki peranan yang penting. Blog bisa sekedar menjadi wadah untuk seseorang yang gemar menulis sekaligus bisa menjadi ladang uang untuk orang yang menggelutinya. Yuk simak tips cara menulis blog yang benar agar kalian bisa mengikuti jejak kesuksesan blogger terkenal.

cara menulis blog yang benar
menulis blog
Inilah Cara Menulis Blog yang Benar dan Menghasilkan Uang

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat menulis artikel untuk blog, diantaranya adalah:

1. Tentukan Fokus Utama Blog

Kalian tentu ingin blog kalian ramai pengunjung, nah salah satu hal yang membuat blog kalian ramai adalah topik utama blog. Pengunjung akan malas mampir ke blog kalian jika topik tidak menarik atau berantakan. Sebelum menulis konten, kalian harus tentukan fokus blog kalian, apakah tentang informasi seperti review, blog pribadi, tutorial, resep masakan, dll. Pastikan topik utama blog adalah topik yang kalian minati dan kuasai agar mudah dikelola dan menarik pembaca mengunjungi blog kalian.

2. Buat jadwal publish

Konsistensi adalah hal penting dalam menulis blog agar blog kalian dikenal pengunjung. Cara menulis blog yang benar adalah buat jadwal kapan kalian akan mempublish konten kalian. Misal senin sinopsis drama korea, kamis sinopsis film Barat. Setelah menentukan jadwal, kalian harus konsisten mempublish tulisan kalian sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

3. Gunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti

Cara menulis blog yang benar ini berkaitan dengan EYD dan gaya bahasa. Tentu kalian tidak mau pembaca bosan atau tidak paham isi tulisan kalian. Untuk menghindari hal ini tulisahlah konten dengan bahasa yang mudah dimengerti, sesuai kaedah EYD dan tidak berbelit belit. Perhatikan juga panjang tulisan, jangan tulis konten dengan terlalu panjang maupun terlalu pendek, karena akan membingungkan pembaca.

4. Cari tahu karakter calon pembaca

Ketika menulis konten tentu saja kita harus mengetahui karakter pembaca. Cara menulis blog yang benar adalah mengetahui karakter calon membaca agar bisa menyesuaikan gaya bahasa dan topik konten dengan karakter calon pembaca blog. Misal pengunjung blog kebanyakan adalah remaja tentu kita harus menggunakan gaya bahasa yang santai agar mereka tidak bosan. Ketika kita mengetahui karakter calon pembaca, tentu kita akan lebih mudah mengembangkan blog kita.

5. Rajin berkunjung dan contek blog lain

Eits contek disini bukan berarti menjiplak tulisan orang lain yah, dilarang plagiat, oke? Contek disini maksudnya kita berkunjung ke blog lain untuk mencari referensi dan ide konten lalu tambahkan ide kalian sendiri. Mengunjungi blog lain bisa menambah inspirasi dan wawasan kalian, selain itu kalian bisa menambah teman dan pengunjung baru dengan cara memberi feedback di tulisan mereka. Ini adalah salah satu cara menulis blog yang benar agar isi blog kalian tidak monoton.

Itulah tips cara menulis blog yang benar yang dapat kalian ikuti ketika ingin menulis sebuah blog. Blog bisa menjadi sumber penghasilan kalian jika dikelola dengan benar. Kalian harus selalu mengasah tulisan kalian dan tidak mudah menyerah karena kesuksesan memang tidak ada yang instan.