Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Menulis Blog yang Benar Agar Diterima Google Adsense

tipsseo.net - Cara menulis blog memang terbilang gampang-gampang susah. Mungkin bagi sebagian orang akan terasa susah karena kurangnya minat dalam menulis. Namun, juga ada beberapa orang yang kesulitan memulai sebuah topik dalam blog. 

Sejatinya, alasan berdirinya sebuah blog dapat didasarkan pada dua hal. Pertama, untuk menyalurkan hobi menulis. Kedua, untuk mendapatkan adsense atau menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan. Kedua alasan ini tentunya saling berhubungan satu sama lain dan memiliki satu jalan keluar yang sama yaitu mulai menulis blog dengan benar dan mudah. Berikut ulasannya!

cara menulis blog
menulis blog

Pengertian Blog

Sebelum mengetahui  cara menulis blog yang benar dan mudah, sudahkah Anda tahu apa itu blog? Blog adalah sebuah website atau laman yang berbentuk tulisan dan berfungsi untuk memberikan informasi mengenai suatu hal sampai mengutarakan opini dan berbagai bentuk karya tulis lainnya.

Blog dapat dibuat oleh siapapun asalkan memiliki kemampuan untuk mengelola dan menuliskan konten-konten secara menarik. Secara sederhana, di Indonesia juga terdapat beberapa platform blogging untuk membantu anda membuat blog.

Langkah Menulis Blog dengan Benar

Adapun langkah-langkah dalam menulis blog adalah :

Menentukan Tema

Anda harus mengetahui dengan cermat apa alasan anda membuat blog tersebut. Apabila alasan anda adalah sebagai penyalur hobi, maka gunakan blog untuk hobi anda. Misalnya, anda menyukai dunia otomotif, maka buatlah blog yang bertemakan  otomotif. 

Sementara itu, apabila anda membuat blog untuk alasan komersil maka usahakan membuat sebuah blog yang pastinya dibutuhkan dan disukai orang banyak. Misalnya skincare, berita sehari-hari, atau khusus mengenai drama Korea.

Menentukan platform

Cara menulis blog yang kedua adalah menentukan di platform mana anda ingin mengupload konten-konten anda. Platform akan menentukan seberapa banyak pengunjung atau traffic pada blog anda.
Di internet sendiri terdapat beberapa platform blogging; salah satunya adalah Medium. 

Medium biasanya digunakan oleh para penulis baru yang menciptakan karya tulis berupa artikel berita atau esai ringan. Namun, bila anda ingin menulis listicle atau artikel biasa, penulis pemula umumnya menggunakan kompasiana atau wordpress. 

Terapkan SEO

Cara menulis blog berikutnya yaitu menerapkan teknik SEO. Khusus bagi anda yang ingin mencari penghasilan melalui blogging, maka anda harus benar-benar paham mengenai Search Engine Organization (SEO). SEO akan membantu memaksimalkan konten anda untuk berada di halaman pertama mesin pencari Google sehingga kemungkinan traffic atau kunjungan dalam blog anda akan meningkat.

Cara mudah untuk menerapkan SEO adalah memasukkan beberapa kata kunci dalam sebuah artikel. Pada umumnya, bila anda dapat menuliskan artikel sebanyak 500 kata, maka masukkan keywords ke dalamnya sebanyak 3-5 kata kunci. Usahakan untuk tidak spamming atau memasukkan kata kunci secara berlebihan ke dalam sebuah artikel. Beberapa tips lainnya seputar SEO adalah memasukkan kata kunci ke dalam url, judul artikel, dan juga meta description.

Perhatikan Kebahasaan

Cara menulis blog yang terakhir adalah memperhatikan dengan cermat kebahasaan anda. Pada saat menulis artikel dalam blog, maka kecenderungan seseorang untuk mengunjungi blog anda juga tergantung pada kebahasaan yang anda gunakan. Hal ini termasuk bagaimana anda merangkai kalimat sehingga menjadi enak dibaca, mudah dipahami, dan memastikan tidak ada kesalahan pengejaan atau typo dalam suatu artikel.

Nah, di atas adalah pengertian blog sampai 4 cara menulis blog dengan mudah. Anda dapat mengasah kemampuan menulis anda dengan mulai secara rutin mengupload artikel ke blog pribadi anda. Selain itu, anda juga bisa mengikuti beberapa kelas online untuk menulis blog.