Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak 5 Cara Menulis Blog yang Baik dan Benar, Agar Blog Bagus

tipsseo.net - Cara menulis blog yang baik adalah yang paling disukai pembaca dan enak dibaca. Dunia Blog memang sangat menarik untuk diulas. Jika Anda seorang blogger pemula harus tahu bagaimana menulis blog dengan baik. Anda harus memperhatikan beberapa hal saat menulis.

Menulis blog itu tidak seperti artikel biasa karena selain memperhatikan kaidah KBBI, Anda juga harus tahu tentang SEO (Search Engine Optimization). Oleh karena itu, blogger pemula wajib mempunyai minat belajar yang tinggi agar bisa memiliki blog dengan trafik tinggi dan populer. Nah, berikut ini cara menulis blog yang baik, simak yuk!

cara menulis blog yang baik
menulis blog

Inilah Cara Menulis Blog yang Baik

Ada beberapa trik yang harus Anda ketahui sebagai blogger untuk menulis tulisan yang baik dan benar. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai hal tersebut:

1. Membahas Topik yang Selaras

Cara menulis blog yang baik Anda harus membuat tulisan yang selaras dengan tulisan sebelumnya. Anda harus mengenal apa isi dari blog yang dimiliki. Ada yang mempunyai blog yang berkaitan dengan travel, makanan, teknologi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Anda harus menulis topik yang selaras dengan tulisan yang lain. Ini bertujuan agar blog terlihat rapi. Selain itu, ini juga menjaga kestabilan tulisan Anda untuk pembaca yang sering mengamati dan membaca blog Anda.

2. Mencari Keyword Teratas

Selanjutnya, Anda harus mencari keyword teratas. Ini bisa Anda track melalui google. Jangan sembarangan menulis keyword karena ini nanti akan mempengaruhi rating blog Anda. Ambil keyword teratas dan menarik untuk ditulis. Penulisan keyword juga harus sesuai dengan tulisan.

Sesuaikan kemunculan keyword di tulisan blog dengan jumlah kata artikel tersebut. Gunakan keyword tambahan juga untuk memudahkan tulisan Anda muncul di halaman pertama google.

3. Menggunakan Bahasa yang Komunikatif

Bahasa yang komunikatif sangat diperlukan dalam tulisan. Cara menulis blog yang baik memang harus memperhatikan bahasa yang digunakan. Anda harus mengetahui jika bahasa komunikatif membuat pembaca merasa enjoy (nyaman) membaca tulisan tersebut hingga selesai.

Gunakan sapaan “Anda” atau “Kamu” agar pembaca lebih masuk ke dalam suasana tulisan tersebut. Jangan lupa juga untuk menggunakan Bahasa Indonesia sesuai EYD jika tulisan Anda termasuk artikel-artikel berita atau informasi.

4. Banyak Membaca Referensi Lain

Sebagai penulis Anda harus banyak membaca referensi dari artikel atau tulisan-tulisan lain. Cara menulis blog yang baik Anda harus menulis hal yang benar dan tidak dibuat-buat. Jika mungkin terdapat beberapa fakta maka tentu saja pernyataan tersebut harus akurat.

Inilah yang mewajibkan Anda agar selalu membaca referensi lain. Bagi penulis, ini akan membawa dampak positif karena bisa membuka wawasan lebih luas. Sehingga, tulisan-tulisan yang akan dibuat bisa dibuktikan dan dapat diterima oleh pembaca blog.

5. Fokus pada Karakter Pembaca

Tahukah Anda jika salah satu cara menulis blog yang baik itu harus fokus terhadap karakter pembaca? Sebagai pemilik blog, Anda pasti tahu siapa sasaran pembaca tulisan atau artikel di blog Anda. Dari sana, fokuslah pada pembahasan maupun bahasa yang sesuai dengan karakter tersebut.

Fokus dan temukan kesenangan pembaca dalam membaca topik yang akan Anda tulis. Dengan begitu, pasti artikel-artikel Anda akan mudah dicari banyak orang. Dengan begitu, tulisan Anda pasti juga akan masuk ke halaman pertama dalam google.

Demikian penjelasan mengenai cara menulis blog yang baik dan benar. Pahami penjelasan diatas agar Anda bisa menulis artikel (tulisan) yang enak dibaca dan diterima oleh banyak orang. Sajikan topik-topik yang dicari oleh banyak orang. Itu akan membuka peluang besar agar tulisan Anda bisa diketahui dan dibaca oleh banyak orang.

Jangan lupa untuk selalu konsisten mengupload artikel atau tulisan ke dalam blog. Dengan begitu, blog Anda akan selalu aktif dan menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk menggunakan keyword aktif yang banyak dicari oleh orang.