Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Menulis Blog di Blogger secara Mudah dan Cepat

tipsseo.net - Cara menulis blog di Blogger bisa dilakukan siapa saja bahkan dari kalangan pemula. pasalnya Blogger menyediakan tempat gratis bagi semua orang yang ingin berkreasi melalui tulisan. Sudah banyak blogger yang sukses dari platform tersebut dan berhasil meraih popularitas berkat tulisan yang dipublikasikannya. Bahkan tidak sedikit yang merasakan nikmatnya pundi-pundi uang dari Blogger baik dari iklan yang terpasang maupun berbagai proyek menulis dengan tarif beragam.

Cara menulis blog di Blogger pun bisa dilakukan kapan saja. Pemilik blog bisa bebas mengelolanya untuk kenyamanan dirinya sendiri, termasuk apakah ingin menggunakan versi gratis atau versi berbayar yang sering disebut top level domain. Kedua versi menawarkan peluang yang sama asal pemilik blog bisa mengelola dengan baik. Cara mengelolanya pun juga bervariasi, namun yang paling utama adalah selalu menampilkan konten berkualitas di dalam blog tersebut.

cara menulis blog di blogger
menulis artikel di blogger

 Inilah Cara Menulis Blog di Blogger

Untuk mengetahui semakin jelas tentang cara menulis di Blogger, ketahui langkah-langkah berikut ini dan lakukan dengan benar.

Langkah 1: Membuat Blog

Asal memiliki akses untuk jaringan internet, maka siapa saja bisa memiliki blog tanpa mengeluarkan uang sama sekali alias bebas biaya. Anda bisa masuk ke alamat situs Blogger. Kemudian Anda akan menemukan tombol daftar. Klik tombol tersebut dan Anda akan diarahkan pada langkah-langkah untuk membuat blog. Langkah pertama ini harus dilakukan sebelum Anda menginjak ke tahap selanjutnya yaitu mengetahui cara menulis blog di Blogger.

Langkah 2: Siapkan Konten

Konten untuk blog tentu saja berupa tulisan atau artikel. Artikel inilah yang perlu Anda siapkan setelah berhasil membuat blog. Untuk jenis artikelnya, Anda bebas ingin membuat konten yang seperti apa. Konten berupa tulisan itu juga akan lebih bagus jika dilengkapi dengan media pendukung berupa foto, infografis atau video. Tentukan ingin menulis tentang topik apa dalam tahap mempersiapkan konten untuk blog. Selanjutnya kembangkan dalam tulisan yang bersifat informatif.

Anda juga harus belajar tentang bagaimana cara optimasi artikel di blog. Memang hal ini bukan menjadi kewajiban para blogger namun akan lebih baik jika artikel yang diterbitkan nantinya bisa muncul di hasil pencarian internet. Apalagi artikel yang SEO friendly ini bisa mendatangkan keuntungan bagi blogger. Beberapa kriteria perlu dipenuhi untuk membuat artikel yang SEO friendly, seperti kata kunci, penempatannya sampai meta deskripsi.

Langkah 3: Masukkan pada Draft

Setelah siap dengan konten yang akan dipublikasikan, Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam draft yang tersedia. Cara menulis blog di Blogger ini harus disertai pemahaman tentang kegunaan masing-masing penempatan bagian artikel. 

  1. Saat masuk ke Blogger, Anda akan melihat tombol “Postingan Baru”. Setelah klik tombol tersebut, lanjutkan dengan langkah seperti di bawah ini.
  2. Masukkan judul pada tab judul yang terdapat di bagian paling atas.
  3. Pada bagian body, masukkan artikel.
  4. Sisipkan gambar dengan menekan pilihan di deretan bawah judul. Dalam deretan itu juga terdapat pilihan untuk mengatur jenis huruf, ukuran maupun paragraf. Sesuaikan berdasarkan keinginan Anda.
    Jangan lupa tentukan label pada pilihan yang terdapat di bagian kanan. Sesuaikan juga deksripsi dan permalink.
  5. Jika perlu, atur juga lokasi waktu untuk mempublikasikannya. Jika ingin memposting langsung, maka pengaturan waktu tidak perlu disesuaikan.
  6. Setelah semua tahap selesai, tekan tombol “Publikasikan”.

Dari cara terakhir di atas, artikel Anda akan otomatis terpublikasi di blog dan bisa ditampilkan untuk dinikmati pembaca lain. Cara menulis blog di Blogger ternyata sangat mudah, bukan?