Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Menulis Artikel SEO untuk Muncul di Page 1 Google

tipsseo.net - Artikel SEO adalah artikel yang bukan hanya memenuhi kaidah penulisan yang baik. Karena artikel ini  harus memenuhi aturan SEO (Search Engine Optimization). Nah tujuannya adalah agar artikel yang telah sesuai kaidah bila digabungkan dengan aturan SEO, sehingga dapat muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Memang tidak mudah untuk membuat artikel SEO. Banyak aturan yang harus dipenuhi demi bisa tayang di page one. Pastinya diperlukan waktu agar artikel SEO Friendly membawa pengaruh yang baik bagi perkembangan website ke depannya.

artikel seo
mnuli artikel yang baik
Inilah Cara Menulis Artikel SEO Yang Benar

Berikut ini cara menulis artikel dengan standar SEO yang tepat, diantaranya adalah::

1. Teknik Penggunaan Keyword 

Penggunaan keyword yang tepat harus diperhatikan dalam artikel SEO. Yang sangat penting adalah peletakan keyword pada judul, pada meta deskripsi, pada URL, dan gambar yang diberikan keyword. Untuk gambar, tekniknya adalah dengan menggunakan alt tag.

2. Meta Deskripsi

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan pembuatan meta deskripsi. Meta deskripsi adalah paragraf pembuka yang berisi tentang ringkasan artikel secara singkat. Dalam meta deskripsi ini menjelaskan secara singkat jelas padat dan tentunya membuat rasa penasaran.

Mengapa harus diselipkan kalimat yang membuat rasa penasaran? Agar pengunjung tetap membaca lanjutan artikelnya. Semakin lama pengunjung bertahan dalam membaca artikel, maka akan semakin tinggi nilai yang diberikan oleh Google pada artikel SEO itu. Karenanya latihan membuat meta deskripsi perlu dilakukan oleh penulis terutama para penulis konten agar artikelnya masuk dalam pencarian Search Engine.

3. Pemilihan Judul 

Selanjutnya adalah langkah memilih judul yang SEO. Artikel SEO adalah yang memperhatikan penulisan judul yang sekiranya membuat orang penasaran. Dengan adanya rasa penasaran, maka orang-orang akan tergerak untuk mengklik judul tersebut. Namun perlu diperhatikan agar penulisan judul bukan judul yang clickbait.  Judul clickbait adalah judul yang tidak sesuai dengan isinya, judulnya memang benar-benar merangsang rasa penasaran.

Sayangnya, judul tersebut dapat disebut pembohongan publik. Hal ini memang meningkatkan kunjungan pada website. Namun ke depannya akan tidak baik bagi perkembangan kepercayaan publik. Artikel SEO adalah artikel yang tidak melakukan pembuatan judul yang clickbait.

4. Banyak Kata

Artikel SEO adalah artikel yang banyak kata memenuhi kriteria. Sebanyak apa, setidaknya 500 kata. Dengan artikel berjumlah 500 kata, akan lebih mudah menjelaskan detail tentang bahasan tertentu. Sehingga tingkat keterbacaannya lebih tinggi.

Manfaat Menulis Artikel SEO

Mengapa harus menulis artikel sesuai standar SEO?

1. Agar Kunjungan Organik Lebih Banyak

Artikel SEO adalah yang sangat memperhatikan kebutuhan akan informasi para pengunjung. Pengunjung suatu website sangat diperlukan agar website menjadi lebih terpercaya. Semakin banyak website dikunjungi, akan semakin menguntungkan. Kemungkinan besar akan merambah dan menempati halaman pertama search engine Google.

2. Tingkat Kepercayaan Pengunjung

Dengan membuat artikel yang bagus, Anda bisa menambah tingkat kepercayaan pengunjung atau pembeli. Banyaknya kunjungan pada website juga akan terlihat pada timbal balik dialog antara pengunjung dan pengelola. Ketika pengunjung melihat bahwa terjadi komunikasi yang intens antara pembaca dan pengelola, maka pengunjung cenderung lebih percaya pada website tersebut.

Dengan demikian, ketika dilakukan penjualan pada website tersebut, kepercayaan umumnya akan mudah digerakan oleh pengunjungnya. Nah artikel SEO adalah artikel yang dapat melakukan fungsi ini.

3. Kepopuleran Website

Nah ketika tingkat pengunjung sudah dapat ditingkatkan. Tentu saja kepopulerannya akan meningkat. Saat itu terjadi maka branding yang sedang dibangun mulai menunjukan hasilnya secara signifikan.

4. Optimasi Website Akan Lebih Mudah

Artikel memang bisa dapat meningkatkan tingkat kunjungan dan kepopuleran suatu website. Jika website Anda sudah melakukan optimasi SEO tapi artikelnya tidak SEO maka tidak akan mendapatkan manfaat dari SO. Dengan membuat artikel artikel yang SEO maka, akan mendukung optimasi SEO website.

Begitulah teknik dan manfaat penggunaan artikel standar SEO secara singkat. Perlu digaris bawahi bahwa artikel SEO adalah artikel yang saat sangat diburu. Karenanya, sangat perlu dipelajari secara mendalam agar bisa tampil di page one.