Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Menulis Artikel di Blog Lewat HP, Mudah dan Ikuti Cara Ini!

tipsseo.net - Cara menulis artikel di blog sebenarnya tidak harus dengan PC. HP atau ponsel pintar pun bisa digunakan untuk memperlancar kegiatan blogging. Tidak sedikit blogger yang menulis di blog menggunakan ponsel lantaran lebih praktis. Pasalnya memang seringkali ide menulis datang kapan saja dan di mana saja. Jadi agar ide tersebut tidak hilang, blogger bisa langsung menuliskannya meskipun tidak harus dengan membuka laptop terlebih dahulu.

Cara menulis artikel di blog menggunakan HP sebenarnya tidak jauh berbeda seperti menggunakan laptop. Hanya saja memang tampilan blog di HP akan lebih simpel dibanding apa yang biasanya terlihat di laptop. Tentang menu dan pilihan maupun tombol yang digunakan juga masih sama. Mungkin blogger perlu menyesuaikan diri dengan ukuran huruf pada badan artikel yang lebih kecil. Akan tetapi blogger juga bisa memperbesar huruf dengan cara di-zoom.

cara menulis artikel di blog
buat artikel di blogger

Inilah Cara Menulis Artikel di Blog

Beberapa persiapan perlu dilakukan dalam cara menulis artikel di blog menggunakan HP. Inilah apa yang perlu dipersiapkan dan apa langkah yang harus dilakukan.

Langkah 1: Persiapkan Artikel

Untuk langkah pertama, penting bagi blogger untuk mempersiapkan artikel yang akan ditulis. Setidaknya blogger sudah mendapatkan ide utama untuk artikel tersebut. Pastikan semua komponen artikel sudah dipenuhi, seperti judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran. Tidak ada salahnya juga menentukan kerangka artikel agar nanti lebih mudah mengembangkannya.

Langkah 2: Instal Aplikasi atau Buka di Browser

Aplikasi Blogger sudah tersedia untuk pengguna mobile yang dapat diunduh secara gratis dan bisa langsung menggunakannya. Tetapi jika tidak ingin mengunduh aplikasi, Anda bisa masuk ke Blogger melalui browser. Tinggal ketikkan alamat situs Blogger lalu Anda akan langsung diarahkan ke halaman utamanya. Jika Anda sudah melakukan pendaftaran, cara menulis artikel di blog tinggal selangkah lagi.

Langkah 3: Mulailah Menulis

Saat halaman depan Blogger terbuka, Anda akan menemukan daftar postingan. Namun jika Anda baru saja akan menulis untuk pertama kalinya, maka daftar tersebut akan tampak kosong. Sebenarnya tampilan ini hanya berbeda sedikit dengan tampilan pada PC. Mungkin Anda perlu mencari pilihan tertentu bisa bisa saja tersembunyi. Untuk memudahkan cara menulis artikel di blog melalui HP, ikuti langkah berikut:

  1. Tekan pilihan “Postingan Baru” yang tertera di bagian kiri atas halaman Blogger. Jika tidak ada, Anda bisa menekan pilihan berupa garis tiga untuk menampilkan tombol “Postingan Baru”.
  2. Tuliskan judul pada tempat paling atas. Memang tidak ada batasan untuk menuliskan karakter pada judul. Tapi Anda perlu tahu seberapa banyak karakter yang baik untuk judul artikel agar memenuhi kaidah SEO.
  3. Jangan lupa sertakan gambar utama karena itu merupakan fokus penting dari sebuah artikel di Google. Terdapat pilihan khusus untuk memasukkan gambar. Anda bisa memasang gambar dari file yang tersimpan di ponsel maupun menggunakan gambar yang sebelumnya sudah digunakan di blog.
  4. Tulis artikel di bagian bawah gambar. Anda bisa mengatur jenis font sekaligus ukurannya pada pilihan di bawah kolom judul. Sertakan juga sub judul karena itu penting. Selain untuk memenuhi kaidah SEO, sub judul juga memudahkan pembaca menikmati artikel.
  5. Sesuaikan pilihan lain seperti waktu dan lokasi jika diperlukan. Pilih juga label untuk artikel tersebut serta atur tautan dan juga deskripsinya. Klik “Publikasikan” setelah semuanya dirasa selesai.

Cara menulis artikel di blog menggunakan HP ternyata cukup mudah bukan? Semua jenis ponsel pintar bisa digunakan asal tersedia kapasitas untuk mengunduh maupun browser untuk mengakses Blogger.