Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan dan Cara Mengganti URL Artikel Blog Anda, Simak ya!

tipsseo.net - Salah satu trik yang biasanya dibutuhkan oleh penulis blog pemula adalah cara mengganti URL artikel blog. Hal ini karena penulis pemula cenderung melakukan kesalahan saat menentukan Permalink suatu artikel di blog masing-masing. Lalu apa itu Permalink? Permalink merupakan singkatan dari Permanent Link dari suatu artikel. Artinya, alamat URL yang menuju artikel Anda. 

Kesalahan yang umumnya terjadi mengenai artikel adalah mengenai Permalink. Permalink yang baik adalah link yang mencakup keseluruhan konten atau judul konten artikel. Namun hal ini biasanya dibatasi default dari blogspot dimana biasanya permalink hanya mencakup 5-6 kata di awal judul. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengganti Permalink Anda dengan cara berikut:

cara mengganti url artikel blog
mengganti url

Inilah Cara Mengganti URL Artikel Blog

Adapun cara mengganti URL artikel adalah :

Mengganti Permalink Artikel Sebelum Dipublish

Cara mengganti Permalink saat artikel tersebut belum di publish cenderung lebih mudah daripada ketika artikel tersebut sudah dipublish. Hal ini karena Anda tinggal mengganti saja Permalink artikel Anda melalui fitur Permalink yang disediakan blogspot. Biasanya fitur ini dapat Anda temukan ketika akan memposting suatu artikel pada blog yang Anda miliki. 

Seperti yang telah kita ketahui, Permalink yang baik adalah Permalink yang mencakup keseluruhan judul konten yang ada di suatu artikel. Hal ini memudahkan agar artikel Anda akan mudah terindeks oleh Google. Tentu hasil akhir yang diharapkan adalah artikel Anda akan tampil pada halaman pertama pencarian yang search engine. Hal ini agar artikel Anda dibaca oleh banyak orang. 

Oleh karena itu penting mengetahui cara mengganti URL artikel blog agar Permalink lebih optimal dalam menunjang artikel tersebut. Jika Anda merasa Permalink default yang diberikan oleh blogspot kurang optimal, maka Anda dapat mengganti Permalink tersebut dengan mudah. Apalagi jika artikel tersebut belum Anda publish pada blog Anda. 

Caranya mengganti URL artikel sebelum di publish dapat dilakukan dengan mudah yaitu pertama Anda harus melakukan langkah menulis artikel seperti biasanya di blog. Setelah itu, pastikan untuk mengisi judul artikel. Setelah selesai menulis artikel, klik fitur Link yang ada di sebelah kanan posting. Anda dapat Permalink sesuai dengan yang Anda inginkan. Kemudian, Anda dapat mempublish artikel.

Mengganti Permalink Artikel Setelah Di Publish

Jika Anda terlanjur mempublish Artikel Anda tanpa sempat mengganti Permalink artikel Anda, maka Anda tetap dapat mengganti Permalink artikel Anda. Namun memang cara mengganti URL artikel blog ketika artikel tersebut sudah dipublish agak lebih rumit daripada ketika artikel tersebut belum dipublish.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan buka 2 tab yang membuka blogspot dan Google Search Console. Anda harus login terlebih dahulu pada kedua halaman tersebut. Setelah itu Anda harus menghapus Permalink artikel lama Anda. Hal ini agar menjaga kesehatan blog Anda. 

Caranya adalah buka Google Search Console, lalu pilih laporan dan fitur lama, klik penghapusan.
Setelah itu klik Sembunyikan Sementara lalu paste kan permalink Anda yang lama. Tunggu status penghapusan link menjadi dihapus. Setelah sukses menghapus Permalink lama, Anda harus membuat Permalink baru pada Artikel Anda. 

Cara mengganti URL artikel blog setelah ini adalah dengan membuka kembali menu postingan yang terdapat di blogspot. Setelah itu, klik edit pada postingan artikel. Klik kembali ke draft untuk dapat mengganti Permalink. Klik Tautan Permalink Khusus lalu ganti Permalink sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah selesai jangan lupa untuk klik tombol selesai. Permalink baru Anda telah berhasil dibuat. 

Demikian informasi mengenai panduan dan cara mengganti URL artikel blog Anda. Banyak sekali trik-trik dan informasi yang bermanfaat bagi penulis blog pemula. Salah satunya adalah informasi yang telah disampaikan diatas. Semoga informasi mengenai cara menggenangi URL artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda.