Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan Niche Blog Seo Friendly Friendly Untuk Pemula

Yah! Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang Apa itu Niche Blog : Cara Menentukan Niche Blog Yang SEO Friendly! Pada artikel sebelumnya, saya memang tidak membahas bagaimana caranya menentukan Niche Blog SEO Friendly, walaupun ada didalam judul.
Nah pada artikel kali ini, kita akan membahasnya langsung khusus buat kamu yang sedang belajar SEO. Owh yah artikel ini merupakan salah satu Modul Pembalajaran Seo Untuk Pemula, jadi buat kamu yang ingin memepelajari SEO lebih dalam bisa langsung mengunjung Modul pembelajaranya yah! Oke sekarang kita lanjutkan pembahasanya!

Cara Menentukan Niche Blog Seo Friendly Untuk Pemula

Cara Menentukan Niche Blog Seo
Selamat buat kamu, para pemain baru blog! Karena sebenarnya menemukan dan menentukan niche blog itu tidak terlalu sulit. Jadi jangan terlalu membebani pikiran yah! Untuk dapat menentukan niche blog itu sebenarnya tinggal melihat pada minat diri sendiri, kita memiliki minat dalam bidang apa, misalnya kamu memiliki daftar minat dibawah ini :
  • Traveling
  • Jualan
  • Olahraga
  • Membaca dan Review
Kamu bisa memilih salah satunya yang paling kamu minat, dan kamu ahli dalam bidang itu! Yang kemudian menjadi sulit adalah ketika kita hanya ikut-ikutan orang lain dalam menentukan niche blog. kita selalu terbawa arus! Ketika orang lain ramai membuat niche blog game, kita langsung ikut mengganti menjadi niche game.hal ini yang membuat kita tidak bisa fokus dalam membangun blog dan berakhir menjadi blog yang sia-sia dan buang tenaga saja! Jadi fokus pada apa yang kamu minati mungkin adalah cara memilih niche blog terbaik!
Masih bingung, bagaimana cara menentukan niche blog? Berikut dibawah ini saya beri ulasan, tentang cara menentukakan niche blog.

Tentukan Tipe Blog

Yap, kamu harus menentukan dulu tipe blog yang akan kamu kembangkan. Pada tahap pertama ini biasanya banyak dari kita yang tidak tahu tipe blog itu apa, dan bagaimana cara menentukanya. Tipe blog itu tergantung pemanfaatanya seperti apa, seperti :

Blog Bisnis

Blog yang dimanfaatkan untuk membagun brand awarness suatu produk atau perusahaan

Blog Personal

Blog yag dimanfaatkan untuk mengembangkan diri, atau sekedar memperkenalkan diri

Blog Untuk Mencari Uang Tambahan

Blog yang di manfaatkan untuk mencari tambahan uang, dengan menjadi freelancer atau full manage blogger

Pada tahap pertama ini, pastikan kamu benar-benar memilih dengan benar! dan jangan pernah menampurkan blog bisnis dengan blog pribadi! Karena itu hanya akan merusak reputasi blognya sendiri, hal yang bisa kamu lakukan jika benar-benar ingin membangun blog dengan mengambil semua tipe blog adalah dengan membuat tiga blog dengan tipe blog yang berbeda, tapi tetap saling berkaitan!
Misalnya, blog bisnis kamu menjual produk jasa untuk Photo Prawedding maka kamu bisa membuat blog pribadi kamu menjadi blog personal branding yang menawarkan jasa Photo Praweding juga dengan melampirkan link/url blog bisnis kamu, kamu juga bisa menyambungkan blog yang kamu gunakan untuk mencari uang tambahan dengan membuat artikel tentang jasa praweding kamu tentu dengan menautkan url/link blog usaha kamu yah!

Sesuaikan Dengan Keahlianmu

Semua orang punya kelebihan masing-masing dan juga kekuranganya! Untuk itu kamu harus membuat blog dengan nihce yang benar-benar kamu kuasai, ini akan membuat kamu merasa nyaman ketika membuat konten artikel. Kenapa? tentu karena kamu sudah menguasia materi yang akan dibahas kan!
Sebagai contoh, jika kamu memiliki keahlian dalam bidang traveling. Kamu bisa membuat blog dengan niche traveling dan mengisi kontenmu dengan segala yang berkaitan dengan traveling.
Jadi jangan pernah memaksakan diri untuk membuat blog dengan niche yang tidak kamu kuasai yah!

Jangan Ikut-Ikutan

Dalam kehidupan bersosial, kita selalu diajari untuk 3M ?  Melihat, Merasakan dan Melakukan! Tapi tidak untuk dunia blogging, kamu tidak bisa hanya melakukan 3M, kamu mesti melakukan yang lebih, kita harus bisa menerapkan PRTM :Pahami, Resapi, Terapkan lalu Modifikasi! Cara ini akan menghindarkan kita dari sifat ikut-ikutan! Dan tidak silau dengan kesuksesan orang lain!

Menentukan Niche Dengan Melihat Trend

Mengikuti Trend, bukan berarti mengikuti orang lain yah! Tapi ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman di bidangnya! Buat kamu yang masih belajar disarankan untuk tetap menggunakan tips yang saya berikan diatas!
Kenapa saya memberikan tips khusus ini untuk yang berpangalaman, karena niche blog yang berdasarkan trending itu mudah sekali tenggelamnya! Buat kamu yang sudah pengalaman mungkin bisa menghidupkan kembali niche yang trending itu, tapi tentu mesti mengeluarkan tenaga dan waktu yang lebih banyak lagi.
Oke, sekian artikel dari saya tentang Cara Menentukan Niche Blog Seo Friendly. Semoga dapat  membantu kamu dalam mencari informasi tentang ini yah!