Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 Cara Menentukan Keyword Artikel Agar Cepat Naik Peringkat Google

tipsseo.net - Bagi penulis artikel atau pemilik blog dan website, cara menentukan keyword artikel sangat penting dalam proses pembuatan artikel. Artikel yang tidak memiliki keyword atau tidak menggunakan keyword yang tepat menyebabkan artikel tersebut tidak teroptimalisasi oleh mesin pencari. Maka dari itu keyword di suatu artikel sangat penting untuk diterapkan. 

Namun beberapa orang masih belum paham mengenai pentingnya keyword di suatu artikel. Bahkan beberapa orang masih belum paham mengenai cara menentukan keyword pada artikal yang akan ditulis. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menentukan keyword yang tepat untuk artikel yang akan Anda tulis. 

cara menentukan keyword artikel
menentukan keyword

Inilah Cara Menentukan Keyword Artikel

Adapun cara menentukan keyword artikel yang tepat bagi SEO adalah:

1. Mengetahui Pentingnya Keyword

Keyword penting bagi proses pengoptimalisasi SEO agar konten dalam website atau blog Anda dapat terindeks oleh search engine. Hal ini karena setiap orang yang ingin mencari informasi di mesin pencari pasti akan mengetikkan kata kunci untuk mencari informasi tersebut. Kata kunci yang tepat pada suatu artikel akan membuat konten dalam website Anda memiliki banyak pengunjung. 

Hal ini karena website yang berhasil mengoptimalisasi SEO menggunakan keyword yang tepat akan membuat website Anda ada di halaman awal di search engine ketika seseorang mengetikkan beberapa kata kunci. Tentu hal ini mendukung jumlah traffic pengunjung di website Anda. Oleh karena itu, cara menentukan keyword artikel akan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung website. 

2. Jenis-jenis keyword

Secara umum keyword dibedakan menjadi dua jenis yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Sesuai dengan namanya, short tail keyword adalah keyword yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Sedangkan long tail keyword merupakan keyword yang memiliki lebih banyak jumlah kata dari short tail keyword. 

Memang tidak mudah dalam menentukan long tail keyword yang tepat. Namun, tingkat persaingan penggunaan long tail keyword ini memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah. Selain itu, beberapa pakar menyarankan agar pemilik website yang baru lebih baik menggunakan long tail keyword agar lebih mampu bersaing dengan website serupa.

3. Menentukan keyword 

Cara menentukan keyword artikel tidak dapat dilakukan secara asal. Keyword harus menyesuaikan dengan kata kunci apa yang memiliki volume pencarian terbanyak. Namun, hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Dengan memanfaatkan tools keyword maka Anda dapat mengetahui, keyword apa yang paling sesuai untuk Anda terapkan di artikel Anda.

Ada berbagai macam tools yang dapat digunakan untuk mengetahui keyword yang dapat Anda pilih. Keyword tools tersebut adalah Google Keyword Planning, KWFinder, Google Suggest, dan lain-lain. Hal ini disebut dengan melakukan riset keyword. Riset keyword pada Google Keyword Planning dapat dilakukan dengan cara sederhana. 

Anda hanya perlu mengetik satu kata keyword yang ingin Anda telusuri.  Setelah memasukkan kata kunci, tools akan memberikan analisa mengenai kata kunci termasuk dengan memberikan hasil keyword lain yang masih berhubungan serta jumlah pencariannya. Langkah-langkah riset keyword  tersebut juga berlaku di KWFinder. 

Sedangkan untuk melakukan riset keyword melalui Google Suggest dapat dilakukan dengan memasukkan kata kunci di mesin pencari google. Secara otomatis Google akan memberikan kata kunci yang sering dicari oleh orang yang berhubungan dengan kata yang Anda masukkan. 

Demikian informasi mengenai cara menentukan keyword artikel yang dapat Anda lakukan di dalam proses pembuatan artikel. Hal yang paling penting adalah melakukan riset keyword dengan benar untuk meningkatkan pengunjung website Anda.  Semoga informasi mengenai cara menentukan keyword artikel di atas dapat membantu Anda.